Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Proses Riset Pemasaran untuk Bisnis

Pengertian Proses Riset Pemasaran

Proses riset pemasaran dilakukan dalam rangka untuk mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis data kualitatif serta kuantitatif secara sistematis, tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran barang dan jasa.
Proses riset pemasaran dilakukan dengan mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis data kualitatif serta kuantitatif secara sistematis, tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran barang dan jasa.

Tujuan dilakukannya riset pemasaran adalah untuk mengidentifikasi dan menilai bagaimana perbedaan cara memasarkan produk berdampak pada dinamika pasar dan perilaku pelanggan. Proses ini sendiri dapat dilakukan oleh pelaku usaha yang baru seperti Pak eko, ataupun mereka yang memang sudah cukup lama menjalankan usaha.

Bagi pengusaha baru, aktivitas riset pemasaran ini dapat memberikan gambaran yang kongkrit mengenai produk seperti apa yang kira-kira akan laku di pasaran. Sementara bagi pemilik bisnis lama, adanya riset pasar dapat menjadi cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk barang maupun jasa yang mereka produksi. (baca: contoh riset pasar dalam menjalankan usaha)

Berdasarkan hasil riset pemasaran, pihak pemasaran akan dapat mengetahui informasi tentang apa saja yang kurang dan yang perlu diperbaiki dan strategi apa yang masih cocok dan dapat untuk terus dilakukan.

Pak eko berencana membuka usaha makanan ringan kecil-kecilan dengan menyewa sebuah kios kecil di pinggir jalan. Dengan semakin banyaknya jenis produk serta pesaing yang ada di pasaran, Pak eko kebingungan makanan apa yang sebaiknya dia jual. Kalau ingin menjual camilan kekinian yang terinspirasi dari makanan luar negeri, kira-kira bakal laku tidak, ya? Kalaupun bakal laku, bagaimana cara melakukan promosi dan pemasaran yang tepat agar bisnis yang ia jalankan dapat maju?

Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan Pak eko di atas, Pak eko tentu perlu melakukan apa yang biasa dikenal dengan sebutan proses riset pemasaran. Nah, apa itu proses riset pemasaran dan seberapa pentingkah melakukan riset ini bagi kelancaran bisnis Kamu? Mari kita temukan jawabannya berikut ini.

Proses Riset Pemasaran

Proses melakukan riset pemasaran dapat dibagi menjadi 6 tahapan yang akan dijelaskan berikut ini.
  • Menentukan masalah dan tujuan dari penelitian. 
Riset pemasaran biasanya dilakukan dengan melingkupi aspek produk, penjualan, promosi, distribusi, perilaku pembeli, penetapan harga, dan pengemasan.
  • Menentukan desain penelitian
Desain penelitian yang dimaksud seperti penelitian deskriptif, kausalitas, atau eksploratif.
  • Menentukan metode yang digunakan
Dalam melakukan riset pemasaran, metode untuk pengumpulan data digunakan data sekunder atau data primer.
  • Proses mengumpulkan data
Proses mengumpulkan data dalam melakukan riset pemasaran dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif. Pengumpulan data tergantung pada metode apa yang digunakan, apakah primer atau sekunder. Sebagai contoh apabila Kamu menggunakan metode sekunder, Kamu harus mengumpulkan statistik atau laporan dari lembaga pemerintah, lembaga internasional, perusahaan riset, pesaing atau asosiasi dagang.
  • Melakukan analisis dan memberikan gambaran tentang data yang didapat
Hal pertama yang Kamu lakukan biasanya memasukan data menjadi sebuah database.
  • Menyiapkan laporan dari hasil penelitian
Berdasarkan kesimpulan hasil analisis yang sudah dilakukan, akan muncul rekomendasi strategi selanjutnya yang dapat Kamu lakukan terkait dengan kebijakan perusahaan anda.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pentingnya Proses Riset Pemasaran untuk Bisnis. Semoga bermanfaat. Salam dari kami risetpasar.id