Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Riset Pasar

Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Riset PasarRiset pasar atau Market research adalah suatu kegiatan penelitian yang berkaitan erat dengan bidang pemasaran. Bagi Kamu yang berkecimpung di dunia bisnis, riset pasar penting dilakukan sebab berkaitan dengan strategi pemasaran produk. Cara melakukannya pun harus sistematis dan tidak boleh sembarangan.
Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Riset Pasar


Kamu pasti menginginkan produk maupun jasa yang Kamu jual dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, bukan? Maka oleh karena demikian, pelajari lebih lanjut seputar proses riset pasar dalam pembahasan tuntas artikel ini. 
(baca:contoh riset pasar dalam menjalankan usaha)

Pengertian Riset Pasar

Secara istilah, riset pasar adalah proses menganalisis suatu kelayakan pemasaran suatu produk atau layanan baru. Kegiatan riset ini dilakukan dengan cara sistematis, yang dimulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, hingga menjadi laporan hasil analisis pemasaran yang valid.

Tujuan Riset Pasar

Adapun tujuan melakukan riset pasar adalah guna dalam rangka memahami kondisi pemasaran pada produk atau layanan terkait serta melihat peluang yang tersedia di lapangan. Dengan demikian, pihak manajemen bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk melakukan identifikasi dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi sebuah perusahaan.

Ruang Lingkup Riset Pasar

Sementara itu, ruang lingkup dari riset pasar adalah sebagai berikut:
  • Harga jual, adalah untuk mengukur peluang dan daya beli konsumen
  • Produk, mulai dari kegunaan, nilai, rupa produk hingga tingkat kegunaan produk.
  • Alat pemasaran, adalah guna menilai efektivitas alat yang digunakan dalam pemasaran.
  • Distribusi, adalah dalam rangka untuk melihat efektivitas distribusi produk terhadap konsumen.
  • Konsumen, adalah guna menganalisis perilaku serta kebutuhan konsumen.
Fungsi Riset Pasar

Pada dasarnya, proses riset pasar adalah hal penting dalam pengembangan perusahaan. Adapun fungsi utama riset pasar adalah sebagai berikut:

1. Evaluating

Salah satu fungsi dan tujuan dari melakukan riset pasar adalah evaluasi. Kegiatan evaluasi sebetulnya berguna untuk melakukan penilaian terhadap program-program ataupun strategi pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya.

Fungsi evaluasi juga termasuk ketika perusahaan ingin mengadakan evaluasi terkait brand positioning dengan produk pesaing. Sehingga, pihak marketing researcher pun dapat melakukan pemecahan masalah dan membuat keputusan yang lebih tepat.

2. Understanding

Riset pasar juga berfungsi sebagai understanding. Seperti yang sudah admin blog riset pasar jelaskan di atas, salah satu ruang lingkup dari riset pasar adalah mengenali konsumen. Dalam hal ini, perusahaan berfokus untuk memahami atau mempelajari secara spesifik preferensi pelanggan.

Pada prinsipnya, perilaku maupun kebutuhan konsumen merupakan indikator yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Sehingga, perusahaan perlu menyesuaikan jenis produk atau layanan berdasarkan permintaan (demand) di pasar.

3. Predicting

Fungsi selanjutnya dari proses riset pasar adalah predicting. Mengingat kondisi lapangan sangat dinamis dan tidak pasti, maka perusahaan memerlukan sebuah prakiraan guna mempersiapkan berbagai kemungkinan. Nah, riset pemasaran biasanya dipakai sebagai bahan dasar utama dalam menyusun strategi dan perencanaan bisnis.

4. Controlling

Fungsi terakhir dari proses riset pasar adalah controlling atau pemantauan. Dengan dilakukannya evaluasi pemasaran, perusahaan dapat melihat dan meninjau setiap prosedur pelaksanaan bisnis yang sedang berlangsung. Hal ini juga yang meliputi seperti: pengawasan terhadap operasional, tren, demografi, hingga efektivitas penggunaan marketing tools.

Jenis-Jenis Riset Pasar

Tujuan riset pasar adalah untuk membantu pihak perusahaan dalam rangka menarik kesimpulan atas data dan informasi yang diperoleh dari konsumen. Namun, agar bisa memperoleh manfaat tersebut, tentu ada cara-caranya tersendiri berdasarkan metode risetnya. Adapun jenis-jenis riset pasar adalah sebagai berikut:

1. Riset pasar primer

Riset pasar primer merupakan proses analisis dengan menggunakan konsumen akhir (objek riset) atau pihak ketiga sebagai sumber data. Artinya, informasi langsung berasal dari konsumen produk. Data yang dikumpulkan tersebut berupa kombinasi antara data kualitatif (non numerik) dan juga kuantitatif (statistik atau numerik).

Beberapa cara pengumpulan data yang umum digunakan dalam riset pasar primer, adalah:
  • Focus Group
Focus Group adalah salah satu metode penelitian kualitatif. Biasanya, focus group terdiri dari sekelompok kecil orang (6-10) yang menanggapi survei online yang dikirimkan kepada mereka.
  • Wawancara
Riset primer juga bisa dilakukan secara personal dengan melakukan wawancara responden satu-persatu. Dalam hal ini, terdapat serangkaian pertanyaan yang diajukan kepada narasumber untuk memperoleh data atau informasi.
  • Penelitian etnografi
Penelitian etnografi merupakan metode analisis yang mengharuskan peneliti terjun langsung ke dalam lingkungan alami responden dan menyesuaikan diri. Umumnya, riset etnografi berlangsung dalam beberapa hari atau bahkan hingga bertahun-tahun.
  • Kuesioner
Kuesioner adalah metode penelitian primer yang paling sering dipakai sebuah perusahaan dalam rangka untuk memperoleh data terstruktur dari pelanggan. Cara ini pun telah berkembang menjadi survey online. Metode tersebut memudahkan perusahaan memperoleh data atau informasi secara praktis dan sistematis.

2. Riset pasar sekunder

Sedangkan, riset pasar sekunder adalah sebuah riset yang menggunakan data atau informasi yang telah dikelola oleh pihak lain, entah itu media, lembaga pendidikan, pemerintah, atau lainnya. Data dalam riset sekunder meliputi majalah, buku, artikel, surat kabar, situs website perusahaan, dan sebagainya.

Tips Melakukan Riset Pasar

Proses riset pasar adalah hal yang tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu harus memperhatikan sejumlah persoalan terkait objek-objek penelitian agar mampu memberikan data atau informasi dengan benar. Nah, berikut ini admin blog risetpasar.id akan membagikan beberapa tips melakukan riset pemasaran:

1. Tentukan rumusan penelitian

Tips pertama dalam melakukan riset pasar adalah merumuskan masalah penelitian, mulai dari tujuan, inti permasalahan, dan semacamnya. Hal ini bertujuan agar riset dapat dilakukan secara terstruktur. Jangan sampai Kamu malah tidak tahu latar belakang penelitian yang dilaksanakan.

2. Pelajari target pelanggan

Sangat Jarang diketahui, mengenal dan mempelajari karakter pelanggan merupakan salah satu hal sangat penting dalam melakukan riset pasar. Konsumen adalah indikator utama yang menentukan arah strategi pemasaran suatu perusahaan. Pada tahap ini, Kamu bisa menggunakan metode observasi atau jenis riset primer untuk mengumpulkan data dan informasi.

3. Mengenali target pasar

Dengan mempelajari karakter pelanggan, Kamu akan dapat mengetahui konsumen mana saja yang menjadi target pasar perusahaan. Sehingga, strategi pemasaran pun bisa berfokus terhadap sasaran tertentu saja.

4. Belajar dari kompetitor

Tips selanjutnya dalam melakukan riset pasar adalah belajar dari kompetitor. Hal ini bertujuan dalam rangka untuk memungkinkan Kamu membuka perspektif baru dan mengetahui banyak hal bermanfaat bagi perusahaan. Dengan demikian, Kamu bisa mengetahui evaluasi atau perbaikan apa yang seharusnya dilakukan pada strategi pemasaran bisnis ke depannya.

5. Buat konsumen terbuka

Seperti yang sudah admin blog risetpasar.id jelaskan sebelumnya, konsumen merupakan hal sangat berharga dalam riset pasar. Cobalah buat konsumen Kamu terbuka dan selalu memberikan feedback pada perusahaan, seperti kritik, saran, ataupun pendapatnya mengenai produk hingga pelayanan.

Hal ini akan sangat berguna sebagai bahan pertimbangan evaluasi operasional bisnis di masa depan. Untuk itu, Kamu bisa tawarkan sejumlah kupon menarik kepada konsumen yang bersedia mengisi survey atau memberikan feedback.

Demikian pengertian riset pasar beserta fungsi, jenis, dan tips melakukannya. Riset pasar adalah salah satu cara efektif untuk mengenali pelanggan, kompetitor, dan pasar Kamu. Dengan demikian, perusahaan atau bisnis kecil bisa membuat keputusan yang tepat.