Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Pinjam Uang Di Bank

Cara Pinjam Uang Di BankButuh Pinjaman Dana? Di bawah ini adalah persyaratan untuk persetujuan bank:

Memiliki bisnis atau perusahaan adalah impian hampir semua orang. Selain bangga dibangun dengan keringat sendiri, jam kerja yang tidak berbenturan dengan rutinitas harian juga menjadi alasannya. Namun, tidak semuanya berjalan mulus dan banyak faktor yang menghalangi orang untuk membangun bisnisnya sendiri.

Keluhan kekurangan dana atau pendanaan mudah ditemukan bagi kebanyakan orang yang ingin memulai usaha. Ketika ide bisnis terlintas di benak Anda, keinginan tersebut harus dipendam kembali karena kekurangan dana. Apakah ini salah? Tidak persis, tetapi tidak harus selalu menggunakan modal sebagai alasan. Saat ini, ada banyak sumber pendanaan pinjaman yang dapat diperoleh dengan mudah, seperti bank dan koperasi. Bahkan, banyak bank yang menawarkan pinjaman tanpa agunan atau pinjaman KTA.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang sumber dana pinjaman.

SUMBER DANA PINJAMAN

Selain bank, saat ini ada lembaga non bank yang memberikan pinjaman. Namun, setiap lembaga memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang berbeda. Selain itu, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan legalitas dan keamanan sebelum memutuskan untuk menggunakan fasilitas pinjaman. Jadi di mana kita bisa mendapatkan pinjaman?

KOPERASI

Sumber dana pinjaman pertama adalah koperasi. Melalui koperasi simpan pinjam, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai. Namun pada umumnya koperasi hanya dapat memberikan pinjaman kepada anggotanya. Jadi tidak ada salahnya untuk meminjam uang dari koperasi jika Anda sudah menjadi anggota koperasi. Koperasi biasanya ada di tingkat kantor atau kelembagaan dan regional, seperti desa dan jalan.

PEGADAIAN

Sumber dana pinjaman selanjutnya adalah pegadaian. Lembaga non-keuangan ini populer di masyarakat dan digunakan sebagai sumber dana pinjaman. Di pegadaian, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan menempatkan barang-barang berharga Anda sebagai jaminan. Umumnya barang yang digadaikan adalah emas, kendaraan atau peralatan elektronik rumah tangga. Oleh pegadaian, barang-barang tersebut kemudian dianalisis dan ditentukan nilainya, kemudian Anda bisa mendapatkan pinjaman.

PINJAMAN ONLINE

Perkembangan teknologi juga berdampak pada sumber dana pinjaman. Saat ini sudah banyak sistem pinjaman yang bisa dilakukan secara online, dan umumnya dimiliki oleh fintech atau platform fintech. Namun, jika Anda termasuk orang yang tertarik untuk melakukan pinjaman online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain mengenai legalitas suku bunga dan fintech. Pilih perusahaan fintech yang benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki reputasi yang baik. Ini penting karena ada juga perusahaan fintech palsu yang tidak terdaftar resmi di OJK.

BANK

Juga, sumber pendanaan pinjaman yang terkenal adalah bank. Banyak bank menawarkan fasilitas pinjaman. Yang sangat populer adalah kredit tanpa agunan atau KTA. Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan KTA yang berbeda. Namun umumnya KTA menyasar nasabah yang sudah memiliki rekening di bank terkait. KTA sendiri merupakan produk perbankan yang populer selain tabungan. Selain KTA, bank juga memiliki pinjaman dana dengan menggunakan agunan.

CARA MENDAPATKAN PINJAMAN YANG DISETUJUI BANK

Lalu bagaimana caranya agar dana pinjaman yang kita ajukan agar cepat disetujui oleh pihak bank? Inilah cara Anda melakukannya.

Pastikan skor kredit yang baik

Untuk mengambil pinjaman, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda memiliki skor kredit yang baik. Apa itu skor kredit? Sederhananya, skor kredit adalah pinjaman atau riwayat kredit yang pernah Anda miliki. Mulailah dengan pinjaman rumah, kendaraan dan elektronik. Pada skor kredit Anda, bank melihat seberapa baik Anda dapat membayar pinjaman atau cicilan Anda. Jika Anda dianggap memiliki skor kredit yang baik, bank pasti akan mempertimbangkan untuk memberikan pinjaman kepada Anda. Di sisi lain, jika Anda memiliki skor kredit yang buruk, bank pasti tidak akan mengambil risiko menawarkan pinjaman karena Anda memiliki riwayat kredit macet atau pembayaran cicilan.

PENUHI PERSYARATAN BANK

Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda dalam memberikan dana pinjaman. Namun secara umum, ada beberapa syarat yang diperlukan bank untuk memberikan dana pinjaman, antara lain:
  • Fotokopi KTP (KTP dan Kartu Keluarga)
  • Salinan penghasilan atau slip gaji
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi buku tabungan
  • Dokumen hak tanggungan seperti BPKB, sertifikat (jika Anda mendapatkan pinjaman yang dijamin)
  • Ajukan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda
Bank tentu tidak akan mengambil risiko meminjamkan uang kepada nasabah jika dianggap tidak mampu membayar kembali. Misalnya Anda hanya memiliki penghasilan Rp 5 juta per bulan, namun saat mengajukan pinjaman, Anda mengajukan pinjaman sebesar Rp 500 juta sebagai dana usaha. Melihat penghasilan Anda yang hanya 5 juta rupiah, mungkin terlihat sulit bagi bank untuk mendanai pinjaman yang Anda ajukan karena kemungkinan besar Anda akan kesulitan membayar dengan mencicil.

Singkatnya, bank memiliki standar dan kondisi tertentu untuk manajemen risiko pinjaman sesuai dengan kemampuan debitur. Jadi ajukan pinjaman sebanyak-banyaknya sesuai kemampuan Anda untuk membayar.

TENTUKAN JANGKA WAKTU PINJAMAN

Selain itu, cara bank menyetujui pinjaman adalah dengan menentukan jangka waktu pinjaman. Apa itu tenor? Tenor adalah jangka waktu pinjaman yang ditentukan oleh kesepakatan antara debitur dan kreditur di mana Anda harus membayar pinjaman dengan angsuran bulanan.

Semakin panjang jangka waktu pinjaman yang Anda pilih, semakin ringan cicilan bulanannya. Namun, memilih jangka waktu pinjaman membawa risiko dan bunga yang Anda tanggung akan lebih besar. Sebaliknya, semakin pendek jangka waktu pinjaman, semakin sedikit bunga yang dibayarkan.

Untuk menentukan jangka waktu pinjaman, Anda harus terlebih dahulu menghitung jumlah maksimum yang dapat Anda sisihkan setiap bulannya. Rencanakan dengan matang agar Anda bisa menentukan jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda.

PILIH BANK

Setelah mempelajari tips agar pinjaman disetujui, yang terpenting adalah menentukan di bank mana Anda mengajukan pinjaman. Karena ada banyak bank yang menawarkan berbagai mekanisme produk KTA. Tentukan bank mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, faktor lain yang perlu diperhatikan seperti kelayakan kredit bank, bunga pinjaman, limit pinjaman, jangka waktu pinjaman dan biaya pengajuan KTA.

Penelusuran terkait
  • cara pinjam uang di bank bri
  • syarat meminjam uang di bank bri
  • cara pinjam uang di bank bca
  • cara pinjam uang di bank bri online
  • cara pinjam uang di bank tanpa jaminan
  • cara pinjam uang di bank bri tanpa jaminan
  • cara pinjam uang di bank bni
  • cara pinjam uang di livin mandiri