Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, pengaturan, dan pengendalian aktivitas-aktivitas yang terkait dengan penawaran produk atau jasa kepada konsumen. Tujuan utama dari manajemen pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta memperoleh keuntungan untuk perusahaan.
Dalam manajemen pemasaran, terdapat beberapa konsep penting yang harus dipahami, antara lain:
Menciptakan pelanggan baru berarti mengeksplorasi dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas. Menciptakan pelanggan baru sangat penting jika perusahaan ingin berkembang dan bertahan dalam bisnis. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis dan pemahaman terhadap kebutuhan konsumen.
Konsumen atau pelanggan yang puas bukan berarti membeli barang atau jasa semata-mata atas dasar kebutuhan konsumen. Mereka juga akan membuat rekomendasi kepada orang-orang terdekat mereka dan membuat barang atau jasa yang dipasarkan dikenal lebih banyak orang.
Dalam aplikasinya, Grameds dapat membaca buku "Aplikasi Alat Manajemen Pemasaran dalam Proses Pengembangan Produk (BP)", yang dapat membantu Anda lebih memahami hubungan antara citra produk dan manajemen pemasaran.
Dalam manajemen pemasaran, terdapat beberapa konsep penting yang harus dipahami, antara lain:
- Orientasi pasar: fokus pada kebutuhan dan keinginan konsumen serta memenuhi permintaan pasar.
- Segmentasi pasar: membagi pasar menjadi beberapa segmen yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda.
- Pemilihan target pasar: memilih segmen pasar yang akan menjadi target pasar perusahaan.
- Posisi produk: menentukan posisi produk perusahaan di mata konsumen dalam perbandingan dengan produk pesaing.
- Bauran pemasaran (marketing mix): kombinasi dari empat elemen pemasaran, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan Manajemen Pemasaran
- Buat persyaratan atau permintaan
- Meningkatkan keuntungan
- Buat pelanggan baru
Menciptakan pelanggan baru berarti mengeksplorasi dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas. Menciptakan pelanggan baru sangat penting jika perusahaan ingin berkembang dan bertahan dalam bisnis. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis dan pemahaman terhadap kebutuhan konsumen.
- Membuat pelanggan senang
Konsumen atau pelanggan yang puas bukan berarti membeli barang atau jasa semata-mata atas dasar kebutuhan konsumen. Mereka juga akan membuat rekomendasi kepada orang-orang terdekat mereka dan membuat barang atau jasa yang dipasarkan dikenal lebih banyak orang.
- Membentuk produk yang baik di mata masyarakat
Dalam aplikasinya, Grameds dapat membaca buku "Aplikasi Alat Manajemen Pemasaran dalam Proses Pengembangan Produk (BP)", yang dapat membantu Anda lebih memahami hubungan antara citra produk dan manajemen pemasaran.