Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Wardah

Strategi PEMASARAN produk kosmetik WardahDalam setiap bisnis, pemasaran atau marketing merupakan salah satu nilai mutlak yang harus dilakukan dalam rangka menumbuhkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Hal yang sama juga terjadi pada industri kosmetik, terutama karena persaingan dengan merek-merek terkenal sangat ketat. Yuk simak strategi pemasaran kosmetiknya!
makalah strategi pemasaran produk kosmetik makalah strategi pemasaran produk wardah analisis produk kosmetik wardah jurnal strategi pemasaran produk kosmetik penelitian tentang kosmetik wardah strategi penetapan harga produk wardah target pasar wardah digital marketing wardah

Wardah merupakan salah satu brand kosmetik lokal yang menjadi langganan wanita Indonesia. seperti apa strategi pemasaran kosmetik yang dilakukan Wardah?


Perluasan Pasar

Awalnya, Wardah fokus pada penonton wanita Muslim. Namun seiring berjalannya waktu, Wardah mulai mengembangkan produk yang dapat diakses secara universal oleh semua kalangan.

Strategi Diservisikasi

Wardah biasanya menawarkan produk baru khusus untuk pembeli yang baru memulai dengan produk Wardah. Tujuannya agar mereka mencoba variasi produk Wardah dan tertarik untuk membeli produk jenis lain saat melakukan transaksi berikutnya.

Strategi Marketing Mix dalam Strategi Pemasaran Wardah Cosmetics

Bauran pemasaran adalah alat pemasaran khusus yang dibuat oleh Neil Bordern, terdiri dari 4P Produk, Tempat, Harga dan Promosi.

PRODUCT (PRODUK)

Produk Wardah sendiri sudah mencapai lebih dari 300 jenis, mulai dari produk perawatan kulit hingga aksesoris. Beberapa produk favorit Wardah adalah Lightening Series, Black Optimum Liner, Eye Brow Pencil, Intense Matte Lipstick dan Exclusive Matte Lip Cream.

PRICE (HARGA)

Selanjutnya adalah harga atau price. Sayangnya, daftar harga Wardah Cosmetics tidak bisa ditampilkan karena sensitif. Namun secara umum, tergantung pada jenis dan jumlah kosmetik, harga produk Voda berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

PLACE (TEMPAT)

Sementara PLACE menangani saluran distribusi dan penanganan produk Wardah untuk mengontrol persediaan. Uniknya, saluran distribusi Wardah sendiri berawal dari ibu-ibu pengajian. Hal ini dilakukan Wardah karena sejalan dengan nilai-nilai produk Wardah, yaitu Kudus dan Aman.

Maka sepuluh tahun yang lalu, produk wardah bisa dengan mudah ditemukan di media dakwah seperti majlis taklim atau pengajian wanita muslimah.

Belakangan, Wardah mulai merambah pasar lain. Hingga saat ini, Wardah juga telah berhasil meraih pangsa pasar 30%.

PROMOTION (PROMOSI)

Tak disangka, cara promosi Wardah berawal dari sistem MLM atau distributor. Pada tahun 2000-an, media sosial belum banyak digunakan seperti sekarang ini, sehingga dari mulut ke mulut menjadi alat pemasaran utama.

Dengan workshop merekrut MLM baru, Wardah bisa berkembang hingga mampu merekrut brand ambassador dan menjalankan iklan di TV.

Penelusuran terkait
  • makalah strategi pemasaran produk kosmetik
  • makalah strategi pemasaran produk wardah
  • analisis produk kosmetik wardah
  • jurnal strategi pemasaran produk kosmetik
  • penelitian tentang kosmetik wardah
  • strategi penetapan harga produk wardah
  • target pasar wardah
  • digital marketing wardah