Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Saat Pandemi COVID-19

Peluang Usaha Saat Pandemi COVID-19. Peluang bisnis dapat diciptakan melalui berbagai upaya dan sarana. Sayangnya, tidak semua peluang bisnis memiliki prospek yang baik di masa pandemi saat ini.

Oleh karena itu, kita harus lebih selektif dalam memulai bisnis di tahun 2020. Berikut rangkuman 9 peluang bisnis di masa pandemi yang bisa menjadi inspirasi bagi startup Anda.
https://www.risetpasar.id/2022/04/peluang-usaha-saat-pandemi-covid-19.html

1. Cobalah bisnis masakan yang sehat dengan manfaat yang kaya

Bidang kuliner merupakan peluang bisnis yang tak ada habisnya. Saat pandemi melanda, masyarakat akan lebih optimal menjaga kesehatan tubuhnya. Nah, situasi ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk menawarkan berbagai makanan dan minuman yang sehat. Misalnya, bungkus salad atau bumbu botolan.

2. Sediakan tempat santai untuk menghilangkan stres

Meski wabah belum berakhir, minat terhadap tempat-tempat wisata kembali tinggi. Mereka ingin bersantai setelah menghabiskan waktu di rumah, itu membosankan. Saat ini masyarakat lebih memilih berlibur atau berlibur yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Misalnya di villa, hotel, lounge, tempat perkemahan atau perkebunan.

Jika Anda ingin memulai peluang bisnis ini, Anda perlu menyediakan berbagai kebutuhan untuk mengakomodir protokol kesehatan. Misalnya, sediakan hand sanitizer dan jaga kebersihannya setiap saat.

3. Membuat masker dengan berbagai pola dan model yang unik

Masker sudah menjadi kebutuhan seperti halnya pakaian. Masker kini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menangkal virus. Tidak heran topeng datang dalam berbagai gaya yang unik.

Dengan kreativitas, Anda bisa membuat topeng sesuai tren fashion yang sedang berkembang. Misalnya membuat topeng dengan kain khas Indonesia seperti batik dan songgi. Anda juga bisa menambahkan hiasan berupa mutiara dan renda khusus untuk momen pernikahan Anda.

4. Jadilah freelancer sesuai kemampuanmu

Tren digitalisasi pekerjaan meningkat selama pandemi. Anda dapat memanfaatkan bakat Anda melalui peluang bisnis online. Contohnya termasuk merancang, menulis, menggambar atau memanfaatkan keterampilan bahasa asing. Jangan lupa untuk mempercantik portofolio Anda untuk menarik perhatian calon klien.

5. Anda juga bisa mencoba peluang bisnis yang menarik di bidang game

Tidak hanya menyenangkan, ternyata bermain game juga bisa menghasilkan rupiah. Berbagai kompetisi memiliki hadiah yang murah hati. Jika Anda lebih suka bermain sebagai tim, Anda bisa menjadi pemain eSports. Nah, jika kemampuan bermain Anda di atas rata-rata, tidak ada salahnya mencoba peruntungan Anda sebagai seorang streamer game.

Game streamer adalah orang-orang yang menunjukkan keahliannya dalam bermain game melalui platform streaming. Misalnya, Facebook Gaming dapat menghasilkan uang melalui iklan dan dukungan penggemar (langganan).

6. Tawarkan kursus atau lokakarya online

Mengadakan workshop atau kursus online di masa pandemi dinilai menjadi solusi. Biaya penyelenggaraan seminar online pasti lebih terjangkau dibandingkan offline. Sebab, tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih seperti sewa gedung, konsumsi dan biaya akomodasi lainnya. Maksimalkan saja jaringan internet dan aplikasi seperti Zoom atau Google Meet.

7. Layanan dekorasi sederhana, harga terjangkau


Pemerintah memang melarang segala macam kegiatan yang menimbulkan keramaian. Hal ini tentu membuat sebagian orang khawatir. Tidak terkecuali para ahli renovasi, dan permintaan mulai menurun. Seiring waktu, layanan renovasi mulai pulih dalam permintaan. Tentu saja aku sudah terbiasa dengan kebiasaan baru itu. Misalnya, dekorasi sederhana hanya untuk pernikahan atau dekorasi untuk pesta pribadi.

8. Kesempatan menanam tanaman organik di desa

Permintaan sayuran organik meningkat selama pandemi, CNN Indonesia melaporkan. Hal ini dikarenakan gaya hidup sehat sudah menjadi trend di masyarakat. Oleh karena itu, budidaya tanaman organik di desa merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Sebelum Anda mulai menanam sayuran organik, pastikan Anda sudah mempelajari teknik penanaman dan perawatannya, ya!