Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis dengan Modal Kecil Agar Laris Manis

Cara Memulai Bisnis dengan Modal Kecil Agar Laris Manis. Berbisnis merupakan kegiatan yang diminati banyak orang. Tujuan berbisnis pun beragam, dari sekedar mencari penghasilan tambahan hingga menjadi penghasilan utama yang menjanjikan.

Siapapun dari latar belakang yang berbeda dapat melakukan bisnis. Nah, agar bisnis kita lancar dan menguntungkan, berikut beberapa tips dan cara memulai bisnis dengan modal kecil.
Cara Memulai Bisnis dengan Modal Kecil Agar Laris Manis

1. Kembangkan rencana bisnis yang tepat

Rencana bisnis adalah pernyataan tujuan mendirikan bisnis di mana Anda akan hidup. Sebuah rencana bisnis diperlukan agar bisnis lebih terorganisir. Rencana bisnis berisi ide bisnis dan target pasar.

2. Melakukan riset pasar terhadap produk

Nah, untuk mengidentifikasi ide bisnis atau target pasar, Anda bisa memulainya dengan melakukan riset pasar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para profesional, salah satunya adalah memastikan produk yang Anda jual bisa bersaing di pasaran. Sebagai pemula, lakukan survey kecil-kecilan tentang pilihan produk yang ingin Anda jual, seperti polling di Instagram Stories.

3. Menyiapkan dana dan rencana anggaran

Rencana anggaran juga termasuk dalam rencana bisnis penting. Perencanaan keuangan itu penting karena menghindari dan meminimalkan kerugian dalam bisnis yang akan Anda mulai.

Minimalkan anggaran bisnis Anda dengan promosi pengiriman gratis, klik di sini!

4. Menjadi melek teknologi

Seiring berjalannya waktu, banyak orang lebih memilih berbelanja melalui marketplace atau media sosial. Sebagai pebisnis, Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Pelajari cara menjual di berbagai platform untuk mengirimkan produk ke audiens yang lebih luas. Ini adalah cara berbisnis dengan modal kecil yang dianggap efisien.

5. Pelajari apa yang mendukung bisnis Anda

Kita harus lebih kreatif saat mencoba berbisnis. Pelajari hal-hal yang bisa membuat bisnis Anda berkembang, seperti teknik foto produk yang membuat merchandise Anda lebih menarik.

Mencari alat fotografi untuk bisnis Anda? Klik disini untuk mendapatkan harga murah langsung dari pusat!

6. Kejujuran adalah yang terpenting

Kepercayaan pelanggan merupakan hal yang harus diperhatikan. Sebagai pedagang, Anda harus mengutamakan kejujuran saat menawarkan produk Anda. Misalnya, sesuai dengan kondisi produk yang dijual, catat berat, bahan, foto, dll. Hal ini juga akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda, sehingga mereka tidak ragu untuk datang kembali ke toko Anda untuk berbelanja.

7. Harga produk bersaing dan tidak mahal

Mungkin ada banyak produk serupa di pasaran. Pembeli akan lebih tertarik dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, Anda juga harus melakukan riset harga di pasar. Jangan sampai daftar harga jauh melampaui harga biasanya.

8. Pelayanan yang ramah membuat belanja lebih nyaman bagi pembeli

Pelayanan yang ramah akan menambah nilai toko Anda di mata pembeli atau calon pembeli. Perhatikan juga waktu yang diperlukan untuk menanggapi pertanyaan pembeli. Jangan meminta mereka untuk beralih ke toko lain hanya karena Anda terlalu lama membalas atau pesannya tidak ramah.

9. Kreativitas tanpa batas untuk membuat toko Anda lebih menarik

Ketika dana kita terbatas, kita harus lebih kreatif untuk membuat bisnis kita lebih menarik, misalnya dengan membuat feed toko online kita di Instagram lebih indah dan enak dipandang. Anda juga dapat mempromosikan produk dengan harga yang lebih terjangkau dengan iklan Facebook dan iklan Instagram.

10. Evaluasi bisnis Anda secara teratur

Dalam bisnis, kita perlu banyak belajar. Seringkali ada beberapa kendala yang membuat rencana tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, keterbukaan terhadap masukan dan evaluasi tidak boleh dilewatkan. Penilaian akan membantu kita untuk maju, daripada mengulangi kesalahan sebelumnya. Dengan penilaian dan solusi, toko online Anda akan tumbuh menjadi bisnis online yang cepat dan menguntungkan.

11. Menjadi dropshipper adalah cara memulai bisnis dengan modal kecil tapi praktis

Jika Anda tidak punya banyak waktu, dropshipping mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini juga merupakan bisnis online yang menguntungkan bagi siswa. Bisnis online bermodal kecil lewat ponsel ini, tidak perlu menimbun, mengemas, dan mengirim ke pembeli. Dropshipping bisa menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.