Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Bentuk Komunikasi Pemasaran Menurut Para AhliMenurut Kennedy dan Soemanagara (2006: 1), ada 5 (lima) mode komunikasi pemasaran, yaitu: Periklanan. Periklanan adalah komunikasi massa dengan menggunakan surat kabar, majalah, radio, televisi dan media lainnya, atau juga komunikasi langsung yang dirancang untuk klien komersial atau pengguna akhir. Promosi penjualan. Promosi dapat mencakup semua aktivitas pemasaran yang merangsang pembelian atau penjualan cepat suatu produk dalam waktu singkat. Hubungan Masyarakat (Humas).

Humas atau hubungan masyarakat adalah masalah meringkas semua komunikasi yang direncanakan antara perusahaan dan semua khalayaknya untuk mencapai tujuan tertentu atas dasar saling pengertian. Penjualan pribadi (personal sales). Penjualan pribadi adalah bentuk komunikasi langsung antara penjual dan pembeli potensial. Dalam hal ini, penjual berusaha meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Penjualan langsung. Penjualan langsung adalah upaya perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan prospek yang ditargetkan dengan tujuan untuk menghasilkan respons atau transaksi penjualan.

Untuk mendorong efektivitas dan efisiensi komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran mencakup delapan model komunikasi utama (Kotler & Keller, 2009).
  • Periklanan, yang merupakan segala bentuk tampilan impersonal berbayar dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang teridentifikasi, dan berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa. Acara dan pengalaman yang disponsori perusahaan, aktivitas dan program yang dirancang untuk menciptakan interaksi sehari-hari atau yang berhubungan dengan merek. Hubungan masyarakat dan publisitas, berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
  • Pemasaran langsung, penggunaan surat, telepon, faks, email, atau Internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan, atau meminta tanggapan atau percakapan dari, pelanggan tertentu dan pelanggan potensial.
  • Pemasaran interaktif, acara dan program online yang dirancang untuk secara langsung atau tidak langsung menarik pelanggan atau calon pelanggan untuk meningkatkan kesadaran, meningkatkan citra, atau menciptakan penjualan produk dan layanan.
  • Pemasaran melalui komunikasi dari mulut ke mulut, lisan, tertulis dan elektronik antara orang-orang dalam kaitannya dengan keuntungan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa. Seorang tenaga penjualan berinteraksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli potensial untuk membuat presentasi, menjawab pertanyaan, dan pesanan pembelian.
Menurut Sutisna oleh Amir Purba dkk. (2006: 126 – 127), komunikasi pemasaran adalah rangkaian kegiatan yang menggunakan bauran pemasaran untuk mewujudkan produk, jasa, dan ide, yaitu periklanan, penjualan tatap muka, dan promosi penjualan. , hubungan masyarakat dan publisitas, dan pemasaran langsung.