Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

KUR BCA, Syarat, Cara Pengajuan Dan Cicilan

KUR BCA, Syarat, Cara Pengajuan Dan Cicilan. Kredit usaha rakyat BCA adalah salah satu kredit usaha rakyat yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

KUR adalah program gagasan pemerintah dengan menggandeng bank-bank di Indonesia, salah satunya kredit usaha rakyat BCA, untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah agar berkembang dan terus tumbuh. Sehingga perekonomian Tanah Air akan meningkat.

KUR juga bisa diajukan oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) yang hendak berangkat ke luar negeri. Bagi TKI, KUR akan menanggung biaya keberangkatan mereka di awal untuk kemudian bisa dilunasi sesuai kesepakatan yang mengacu pada kontrak kerja.

Total lebih dari 30 bank di Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah untuk menyediakan layanan ini. Salah satu bank penyalur kredit yang terpercaya dan baik kredibilitasnya adalah Bank BCA lewat produknya, kredit usaha rakyat BCA

BCA memiliki banyak produk pinjaman yang bisa kamu pilih dan sesuaikan untuk membantu usahamu. Nah, KUR BCA menjadi salah satu produk yang paling banyak peminatnya. Para pengusaha UMKM biasanya memilih kredit usaha satu ini ketika akan memperluas bisnisnya atau ketika membutuhkan suntikan modal.

Kamu yang saat ini juga menggeluti bidang UMKM tak ada salahnya mengajukan kredit modal KUR dari BCA agar bisnismu berjalan lancar.
KUR BCA, Syarat, Cara Pengajuan Dan Cicilan

PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT BCA

Program KUR dari Bank BCA memberikan kredit pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah serta koperasi yang layak dan produktif. Terutama, jika usaha-usaha ini belum memenuhi persyaratan untuk mengajukan modal kerja atau kredit investasi dari bank.

Sejak September 2016, Bank BCA telah menyalurkan KUR BCA kepada banyak UMKM dan koperasi di Indonesia. Melalui KUR BCA, Bank BCA membantu mendistribusikan dana dari pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha yang dijalankan.

Pola pembiayaannya pun bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung (linkage). Apapun pola pembiayaan yang kamu pilih, keduanya sama-sama dijamin oleh Lembaga Penjamin Kredit. Sehingga kamu sebagai pelaku usaha tak perlu khawatir mengenai hal ini.

KEUNGGULAN PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT BCA

Sebelum memutuskan mengajukan KUR di bank, ada banyak hal yang perlu kamu cermati. Nah, keunggulan program kredit usaha rakyat dari Bank BCA ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan kamu juga. Dibandingkan dengan bank-bank swasta lainnya, KUR BCA memiliki keunggulan seperti berikut ini:

Produk kredit usaha rakyat BCA

Pada umumnya, bank menyediakan KUR khusus untuk pengusaha UMKM dan produk kredit lainnya untuk usaha yang lebih besar. Tapi, berbeda halnya dengan produk kredit usaha rakyat BCA. Bisa dibilang, Bank BCA menyediakan produk KUR terlengkap dengan memiliki dua produk KUR yang ditawarkan, yaitu kredit usaha rakyat BCA dan kredit usaha rakyat BCA Plus.

Dari segi nominal, kredit yang diberikan KUR BCA Plus lebih besar dari kredit usaha rakyat BCA. Jenis usaha UMKM yang diizinkan mengajukan KUR pun lebih beragam. Selain pengusaha UMKM yang bergerak di bidang produksi barang dan jasa saja, Bank BCA juga fokus pada penyaluran dana KUR ke UMKM yang bergerak pada bidang wisata.
  • Dana kredit usaha rakyat BCA 2020 paling besar
Di antara bank swasta yang terdaftar di Indonesia, kredit usaha rakyat BCA menduduki peringkat satu pendanaan KUR terbesar pada tahun 2020. Pun sebagai bank swasta terbesar di Tanah Air, performa Bank BCA dalam penyaluran pembiayaan memang tak perlu diragukan lagi.

Meski bukan bank plat merah, BCA mampu memberikan KUR yang tak kalah besar dengan bank milik pemerintah lainnya. kredit usaha rakyat BCA menawarkan kredit pendanaan mulai dari Rp5 juta-Rp100 juta per pelaku UMKM. Bahkan, ada pula kredit usaha rakyat BCA Plus yang menawarkan pinjaman sebesar Rp50-Rp500 juta kepada para pengusaha produktif terutama di bidang ritel.
  • Jaringan bank luas
Sudah bukan rahasia jika jaringan Bank BCA sangat luar mencakup seluruh nusantara. Demi bisa berperan aktif mendukung program pemerintah meningkatkan perekonomian lewat UMKM Bank BCA sampai menggandeng Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

ujuannya, agar tak hanya pelaku UMKM di kota besar saja yang bisa mendapatkan kemudahan bantuan modal kredit usaha dari BCA. Usaha mikro di pedesaan pun bisa punya kesempatan yang sama.

Bahkan, melalui kerja sama ini, Bank BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerja sama sebesar Rp20 miliar. Wow, besar banget ya!
  • Pengajuan mudah dan pembayaran cicilannya
Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum mengajukan KUR di bank adalah kemudahan yang ditawarkan. kredit usaha rakyat BCA memiliki pengajuan dan cara pembayaran cicilan yang mudah.

Sebagai contoh, bila biasanya bank yang menentukan tenor serta bunga dalam kredit pembiayaan, kredit usaha rakyat BCA memberikan keleluasaan bagi kamu menentukan sendiri tenor cicilan yang dikehendaki. Sehingga kamu bisa menyesuaikan tenor dengan kondisi usaha dan kemampuanmu untuk membayar cicilan, mulai dari 12 sampai 48 bulan.

Bunga yang diberikan kredit usaha rakyat BCA pun tergolong standar, sehingga tidak akan memberatkan kamu karena nilai suku bunga yang tidak pasti. Tentunya jika kamu mengajukan kredit usaha Bank BCA yang telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Kredit, maka kreditmu pun akan lebih aman daripada berhutang kepada lembaga tidak resmi atau bahkan rentenir.

Tapi, tentu ada syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa mendapatkan kemudahan ini. Untuk bisa mengajukan kredit usaha rakyat BCA, kamu setidaknya harus aktif dan bidang usaha yang kamu geluti sudah berjalan minimal enam bulan. Kamu juga harus bisa memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit usaha rakyat BCA.

SYARAT PENGAJUAN KREDIT USAHA RAKYAT BCA

Setelah mengetahui program kredit usaha rakyat BCA dan keunggulannya, kini kamu mungkin menanyakan bagaimana caranya agar kamu bisa mendapatkan kredit usaha rakyat BCA supaya bisnismu bisa jadi lebih besar?

Sebelum mengetahuinya, kamu juga wajib tahu mengenai syarat-syarat yang diperlukan untuk bisa mengajukan kredit usaha rakyat BCA. Untuk bisa mengajukan dana kredit usaha rakyat BCA senilai Rp5 juta-Rp100 juta, berikut ini syarat- syarat yang harus kamu penuhi:
  • Pengusaha merupakan WNI dan memiliki KTP dan KK
  • Usia minimal pengusaha saat mengajukan ialah 21 tahun dan maksimal pelunasan 60 tahun
  • Sudah Memiliki usaha yang aktif minimal enam bulan.
  • Sudah Memiliki surat izin usaha.
  • Sudah Memiliki proposal atau laporan keuangan usaha.
  • Sudah Memiliki NPWP apabila mengajukan pinjaman di atas Rp50.000.00
  • Tidak sedang menerima kredit yang sama dari Bank lain
  • Riwayat kredit lancar dari Bank Indonesia.
  • Tidak di-blacklist Bank Indonesia. 
Beda lagi jika kamu ingin mengajukan KUR BCA plus dengan nilai pinjaman yang diajukan, yaitu Rp50 juta-Rp500 juta, ini syarat yang wajib kamu penuhi.
  • Pemohon merupakan individu atau bisa juga pemilik usaha berbadan hukum yang sah
  • Pengusaha berusia minimal 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun
  • Pengusaha produktif khususnya dalam usaha ritel yang mendapatkan KUR yang sesuai dengan ketentuan dari pemerintah
  • Usaha minimal sudah berjalan 6 bulan secara kontinyu
  • Melampirkan Fotocopy KTP/SIM
  • Melampirkan Fotocopy Kartu keluarga
  • Melampirkan Fotocopy buku rekening tabungan
  • Menyertakan dokumen asli aset berharga sebagai agunannya seperti sertifikat rumah, tanah, kebun atau BPKB
  • Mengisi formulir pengajuan KUR BCA Plus yang telah disediakan.
Apakah kamu sudah memiliki semua dokumen dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan? Pada dasarnya syarat untuk mendapatkan pinjaman satu ini memang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan wajib dipatuhi oleh pemohon. Jadi, pastikan jangan sampai ada syarat yang kurang jika kamu benar-benar ingin mengajukan kredit usaha rakyat BCA, ya!

Bagaimana cara pengajuan KUR BCA 2020?

Sudah mengetahui dengan jelas mengenai program kredit usaha rakyat BCA dan syarat-syarat yang diperlukan untuk mengajukannya, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara pengajuan KUR BCA 2020?

Tentu saja sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit usaha rakyat BCA, kamu harus sudah menentukan dengan yakin kredit usaha rakyat BCA manakah yang akan kamu pilih. Jika sudah, ada dua cara pengajuan KUR BCA 2020 yang bisa kamu pilih seperti berikut ini.

PENGAJUAN KUR BCA 2020 MELALUI KANTOR CABANG

Pengajuan KUR BCA 2020 bisa kamu lakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Isi formulir permohonan kredit

Aplikasi kredit atau formulir permohonan kredit yang memuat beberapa data mulai identitas diri, contact person, identitas dan jenis usaha identitas bank, hingga identitas saudara dekat ini wajib kamu isi. Cermatlah dalam mengisi data dan pastikan semua data yang kamu tuliskan benar-benar sesuai dengan fakta.

Biasanya saat mengisi formulir ini pula lah kamu akan diminta untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Pastikan dokumen-dokumen seperti izin usaha, KK, atau e-KTP dan lainnya masih berlaku dan sah.

2. Tunggu proses verifikasi dan persetujuan

Usai mengisi formulir pengajuan, data kamu akan melewati proses verifikasi dalam beberapa hari. Bank perlu waktu mengecek validitas dari usaha dan data yang kamu cantumkan.

Sabarlah menunggu hingga batas waktu yang telah ditetapkan. Namun, jika proses verifikasi berjalan terlalu lama dan telah melewati batas waktu, kamu boleh saja melakukan pengecekan atas pengajuanmu apakah diterima atau ditolak.

3. Akad kredit

Jika ternyata pengajuanmu diterima, kamu akan diberitahu pihak bank untuk selanjutnya melakukan akad kredit. Kamu akan diminta membaca peraturan yang harus kamu patuhi selama kredit berjalan dan kemudian menandatangani sejumlah berkas yang merupakan akad kredit tersebut.

Selanjutnya, pencairan dana kredit usaha rakyat BCA pun bisa langsung dilakukan sesuai ketentuan. KUR pun selanjutnya bisa kamu gunakan sesuai tujuanmu.

Demikian artikel ini yang membahas tentang KUR BCA Bisa Online, Ini Cara Pengajuan dan Cicilan” Semoga bermanfaat.