Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Riset Pasar Online: Cara Mudah Menguasai Selera Pasar

Riset Pasar Online. Riset pasar adalah strategi yang biasa digunakan oleh para pebisnis untuk mengumpulkan dan menganalisis data atau informasi yang akan berguna untukbisnisnya. Riset pasar penting untuk dilakukan sebelum menjalankan bisnis dan memasarkan produk secara meluas. Dengan melakukan riset pasar, kamu sebagai pemilik bisnis akan mengetahui apa produk atau layanan yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan.

Dulu jika ingin melakukan riset pasar maka artinya kamu harus menyiapkan banyak hal dan waktu untuk bertemu langsung dengan berbagai sumber untuk ditanyai. Riset pasar yang semacam ini membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, riset pasar sudah dapat dilakukan secara online melalui mesin pencari di internet, yang caranya jauh lebih mudah, praktis, dan irit. Dengan cara ini, kamu dapat mencari tahu permintaan atau selera konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai penilaian tentang produk yang akan anda jual.

Langkah-Langkah Riset Pasar Secara Online

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat kamu coba dalam melakukan riset pasar secara online:

1. Melakukan pencarian dengan kata kunci di Mesin Pencari (Google)

Pencarian dengan menggunakan kata kunci dapat anda lakukan di mesin pencari internet atau di beberapa aplikasi jejaring sosial. Mesin pencari utama yang umum dipakai adalah Google atau Bing, sedangkan aplikasi jejaring sosial yang dapat kamu jadikan referensi adalah Facebook, Twitter, juga Instagram.

Caranya sangat praktis, silakan anda Buka mesin pencari lalu ketikkan kata kunci yang terkait dengan produk yang kamu cari. Misalnya, kalau kamu ingin melakukan riset pasar untuk produk makanan ringan, maka kamu dapat memasukkan kata kunci seperti 'makanan sehat ' atau 'jenis makanan ringan yang paling digemari'.

Pilihan menggunakan kata kunci ini dapat juga digabung dengan pencarian di jejaring sosial, karena biasanya pembicaraan atau diskusi yang ada di jejaring sosial akan lebih spesifik. Misalnya kalau kamu mengetikkan kata kunci seperti yang di atas tadi di kolom pencarian Twitter atau Facebook, maka yang muncul adalah komentar-komentar dari para konsumen berkaitan dengan produk tersebut. Hal ini akan lebih praktis dan efisien untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pelanggan.

2. Mengadakan survei


Survei dilakukan dengan konsep mengajukan beberapa pertanyaan sederhana terkait produk atau jasa yang menjadi bahan riset kamu. Sekarang, survei secara online dianggap lebih efektif dibandingkan survei dengan cara offline atau harus bertemu langsung dengan para respondennya. Dengan melakukan survei secara online kamu dapat mendapatkan respon lebih cepat, minim biaya, dan sngat mudah untuk dilakukan.

Salah satu cara yang paling efektif saat ini untuk melakukan riset pasar adalah dengan membuat survei online

Survei online ini dapat kamu lakukan menggunakan akun jejaring sosial milik pribadi, akun media sosial milik perusahaan, juga dapat dari web perusahaan. Masukkan beberapa pertanyaan untuk produk atau jasa yang sedang kamu riset untuk dijawab oleh para pengunjung web atau dari lingkar pertemanan media sosial kamu. Yang harus dipastikan adalah penyebarluasan surveinya. Kamu harus dapat memastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan sudah tepat sasaran. Misalnya, tidak mungkin kan kalau kamu ingin mensurvei tentang produk laundri tapi yang kamu beri pertanyaan adalah remaja rentang usia 13-17 tahun?

Berdasarkan 2 cara di atas, kamu akan dapat mengetahui bagaimana selera konsumen yang ada di pasaran. Korelasinya, jika kamu mengetahui selera konsumen maka otomatis kamu dapat mengidentifikasi peluang untuk bisnismu dan menentukan cara agar bisnis tersebut terus maju.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Riset Pasar Online: Cara Mudah Menguasai Selera Pasar. Semoga bermanfaat. Salam dari kami risetpasar.id