Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Yang Diperoleh dari Riset Pasar

Informasi Yang Diperoleh dari Riset Pasar. Persaingan di dunia bisnis semakin sengit apalagi disaat pandemi saat sekarang ini. Tak sedikit usaha yang terpaksa harus menyerah pada keadaan hingga akhirnya menutup usahanya. Di sisi lain, pandemi menciptakan peluang-peluang bisnis baru, terutama yang memanfaatkan platform digital. Apa yang dibutuhkan untuk menggaet peluang?
Informasi Yang Diperoleh dari Riset Pasar

Untuk membangun sebuah bisnis tidak hanya dapat bergantung dari peluang yang ada, akan tetapi lebih dari itu. Salah satu kunci utama yang harus dilakukan para calon pelaku usaha sebelum membangun ataupun memperluas sayap bisnis adalah melakukan riset pasar yang baik dan tepat. (baca: contoh riset pasar dalam menjalankan usaha)

“Berkembang tidaknya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pasar, karena di sanalah produk atau layanan akan ditawarkan ke konsumen. Oleh karena demikian, riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar,” kata Head of Business Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif. (Baca: Cara Riset Pasar)

Informasi Yang Diperoleh dari Riset Pasar


Riset pasar dilakukan untuk mengetahui, diantaranya :

Mengetahui Karakter Pelanggan

Salah satu informasi yang dapat anda peroleh saat melakukan riset pasar adalah tentang karakteristik pelanggan yang merupakan target pasar sekaligus perkiraan jumlah target pasar tersebut di area yang menjadi sasaran usaha. Melalui informasi tersebut maka dapat menjadi pertimbangan dalam pengembangan produk selanjutnya yang disesuaikan dengan profile target pasar.

Mengetahui Tingkat Kebutuhan Produk

Informasi selanjutnya yang dapat ditemukan saat melakukan riset pasar adalah kita dapat mengetaui apakah produk yang dijual di masyarakat merupakan produk yang benar-benar diperlukan. Hal yang harus dihindari adalah jangan sampai produk yang kita jual sama sekali tidak diperlukan oleh masyarakat yang menjadi target pasar karena strategi pemasaran seperti apapun tidak akan efektif apabila informasi fundamental ini tidak ditindaklanjuti.

Mengetahui Pesaing

Informasi selanjutnya yang dapat ditemukan saat melakukan riset pasar adalah Informasi mengenai pesaing maupun potensi pesaing juga dapat kita peroleh melalui riset pasar. Dengan adanya informasi ini maka menjadi masukan bagi penyusunan strategi pemasaran berikutnya.

Mengetahui Kendala

Hal yang tidak kalah penting dalam dunia bisnis adalah mengetahui informasi mengenai kendala yang ada di lapangan. Mengetahui kendala berarti dapat segera melakukan langkah-langkah tepat dan cepat antisipasi terhadap kendala tersebut. Kendala yang terjadi misalkan kurangnya sarana dan prasarana, peraturan pemerintah yang tidak sesuai, atau sulitnya vendor yang ada. Kendala lainnya juga dapat berupa ketidaksesuaian harga yang tertera dengan kemampuan dari target pasar (pelanggan).

Demikianlah penjelasan tentang Informasi Yang Diperoleh dari Riset Pasar. Semoga bermanfaat.