Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli. Berikut ini merupakan beberapa Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli:

Menurut David dan George (2001:20), dalam bukunya Marketing Research yang dimaksud dengan pemasaran online ialah penggunaan network (jaringan) untuk meraih pelanggan. Menyatukan suatu network pengguna dan sumbernya telah menghasilkan aktivitas baru dengan kemampuan yang lebih. Pemisahan tiap aktivitas dan perubahan yang sangat cepat muncul, merangkaikan para pemakai dengan komputer yang telah ditransformasikan menjadi sebuah alat komunikasi membawa ke suatu peluang bisnis baru, dan menghasilkan suatu industri baru.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli yang lain Mohammed (2003:82) dalam bukunya Internet Marketing, mendefinisikan Pemasaran Online adalah sebagai proses dalam membangun dan mempertahankan customer relationship melalui aktivitas online yang merupakan pertukaran ide, produk, jasa yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

Berdasarkan definisi ini terlihat pada Pemasaran Online terkadung aktivitas yang merupakan transaksi online, baik ide, produk maupun jasa yang ujung-ujung nya adalah kepuasan pelanggan. Definisi ini sendiri merupakan pengembangan dari definisi marketing yang mencakup hal-hal yang meliputi: proses, transaksi, produk, jasa dan kepuasan pelanggan. Penekanan transaksi agaknya cukup ditekankan oleh Rafi. Oleh karenanya, perusahaan yang hanya sekedar menempel profil perusahaan di internet tidak disinggung dalam bukunya, karena perusahaan ini hanya menjalankan sebagian kecil aktivitas pemasaran.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli yang lain Menurut Dianawati (2007:64) Pemasaran online adalah kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan menggunakan media internet. Sesuai perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan website, tapi juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protokol internet seperti internet, iklan internet (periklanan di internet) menjadi pilihan yang menarik bagi para marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.

Berdasarkan pengertian di atas, maka pemasaran online umumnya memiliki fungsi untuk menjadi jembatan yang menghubungkan produsen dengan konsumen untuk melakukan pertukaran yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yang tentunya didukung dengan strategi-strategi yang terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan, yaitu elemen kualitas produk, harga, promosi dan distribusi. (Baca: Cara Riset Pasar)

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat. Salam dari kami risetpasar.id.