Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Bauran Pemasaran Produk Makanan

Contoh Bauran Pemasaran Produk Makanan. Bauran pemasaran atau marketing mix adalah seperangkat keputusan pemasaran yang harus diambil oleh suatu perusahaan untuk mempromosikan produknya kepada pelanggan. Bauran pemasaran meliputi empat unsur, yaitu produk, harga, tempat atau distribusi, dan promosi. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh bauran pemasaran untuk produk makanan.
contoh bauran pemasaran produk makanan 7p contoh 4p produk makanan contoh bauran pemasaran produk minuman contoh bauran pemasaran produk pakaian contoh 4p produk minuman contoh marketing mix produk makanan ringan contoh rencana pemasaran produk makanan contoh 4p produk makanan ringan

  • Produk
Produk makanan yang akan dipasarkan harus memiliki kualitas yang baik, rasa yang enak, dan aman untuk dikonsumsi. Misalnya, jika kita ingin memasarkan produk makanan berupa sate ayam, maka produk tersebut harus terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, daging ayam segar yang diolah dengan cara yang higienis, dan bumbu yang tepat sehingga menghasilkan rasa yang enak. Selain itu, kita juga dapat mengembangkan variasi rasa sate ayam, seperti sate ayam kecap, sate ayam madu, atau sate ayam pedas.
  • Harga
Harga produk makanan harus sesuai dengan kualitas dan target pasar. Misalnya, jika kita ingin memasarkan sate ayam ke kawasan kampus, maka harga yang ditawarkan harus terjangkau oleh mahasiswa. Namun, jika kita ingin memasarkan sate ayam ke kawasan bisnis yang lebih eksklusif, maka harga yang ditawarkan juga bisa lebih mahal. Harga produk makanan juga bisa ditawarkan dengan diskon atau promo untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Tempat atau Distribusi
Produk makanan harus tersedia di tempat-tempat yang strategis, seperti di dekat kampus atau di pusat perbelanjaan. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk makanan, seperti melalui media sosial atau marketplace. Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam mencari dan membeli produk makanan yang kita tawarkan.
  • Promosi
Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti iklan di media massa, spanduk, brosur, atau promosi melalui media sosial. Selain itu, kita juga dapat membuat program loyalty untuk pelanggan, seperti memberikan diskon atau free menu setiap pembelian tertentu. Program ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas jangkauan produk makanan yang kita tawarkan.

Dalam memasarkan produk makanan, kita harus mempertimbangkan keempat elemen bauran pemasaran tersebut agar produk makanan dapat diterima oleh pelanggan dengan baik. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan agar produk makanan yang kita tawarkan dapat memenuhi ekspektasi mereka.

Contoh Bauran Pemasaran Produk Makanan dengan Konsep 7P

Bauran pemasaran atau marketing mix adalah konsep dasar dalam pemasaran yang digunakan untuk menentukan strategi pemasaran suatu produk atau jasa. Konsep ini terdiri dari empat elemen dasar, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Namun, pada kenyataannya, konsep 4P ini sudah berkembang menjadi konsep 7P dengan penambahan tiga elemen baru, yaitu people, process, dan physical evidence. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh bauran pemasaran untuk produk makanan dengan konsep 7P.
  • Produk
Produk makanan yang ditawarkan harus memiliki kualitas yang baik, rasa yang enak, dan aman untuk dikonsumsi. Contohnya, sebuah restoran seafood yang menawarkan berbagai jenis hidangan laut segar dengan bumbu yang khas dan diproses secara higienis. Produk makanan yang ditawarkan juga harus memenuhi standar kualitas dan keamanan yang ditetapkan oleh badan pengawas pangan.
  • Harga
Harga yang ditawarkan harus sesuai dengan kualitas produk dan target pasar. Misalnya, restoran seafood tersebut menawarkan harga yang cukup terjangkau dengan variasi menu yang berbeda-beda. Harga dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, seperti menu prasmanan, menu à la carte, atau paket keluarga untuk menarik minat pelanggan.
  • Promosi
Promosi dapat dilakukan melalui media sosial, iklan televisi, spanduk, brosur, atau promosi di media online lainnya. Dalam hal ini, restoran seafood dapat menggunakan media sosial untuk menampilkan foto-foto hidangan dan lokasi restoran, serta menawarkan diskon atau promo spesial untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Distribusi
Distribusi produk makanan harus tepat sasaran dan mudah diakses oleh pelanggan. Restoran seafood harus memiliki lokasi strategis dan mudah dijangkau, seperti dekat dengan kawasan perbelanjaan atau pusat kota. Restoran juga dapat mengembangkan layanan delivery atau take-away untuk memudahkan pelanggan yang ingin menikmati hidangan seafood tanpa harus datang ke tempat.
  • People
People atau sumber daya manusia yang terlibat dalam pelayanan dan pembuatan produk makanan sangat penting dalam konsep 7P. Restoran seafood harus memiliki karyawan yang terlatih dan berpengalaman dalam mengolah hidangan seafood serta memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan.
  • Process
Process atau proses yang dijalankan dalam mengolah produk makanan harus memperhatikan kebersihan dan keamanan makanan. Proses produksi dan penyajian makanan harus dilakukan dengan standar keamanan pangan yang ditetapkan oleh badan pengawas pangan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mempertahankan kualitas produk makanan yang dihasilkan.
  • Physical Evidence
Physical evidence atau bukti fisik dalam konsep 7P berkaitan dengan tampilan fisik atau visual yang dihasilkan oleh restoran seafood. Restoran harus memiliki desain

Penelusuran terkait
  • contoh bauran pemasaran produk makanan 7p
  • contoh 4p produk makanan
  • contoh bauran pemasaran produk minuman
  • contoh bauran pemasaran produk pakaian
  • contoh 4p produk minuman
  • contoh marketing mix produk makanan ringan
  • contoh rencana pemasaran produk makanan
  • contoh 4p produk makanan ringan