Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas Digital Marketing

Aktivitas digital marketing. Dalam dunia pemasaran digital, uang menyukai kecepatan. Ini berarti semakin cepat kita menyelesaikan kampanye pemasaran digital kita, semakin cepat uang akan datang.
contoh digital marketing strategi digital marketing jurnal digital marketing contoh digital marketing di indonesia konsep digital marketing digital marketing pdf kekurangan digital marketing apa yang dipelajari digital marketing

Misalnya, kami memiliki 2 halaman arahan dengan konten serupa yang akan dipasarkan melalui Google. Landing page pertama yang kami lakukan dioptimasi menggunakan teknik SEO dengan tujuan mendapatkan penjualan dari traffic organik. Pada saat yang sama, kami mengiklankan halaman arahan kedua melalui Google Ads.

Dari 2 landing page, manakah yang akan mendapatkan trafik terlebih dahulu dan berpeluang mendapatkan penjualan dengan cepat? Mungkin Anda sudah tahu jawabannya, yaitu landing page kedua.

Maka dari itu jika Anda ingin mendapatkan uang dengan cepat melalui digital marketing, maka aktivitas yang Anda lakukanpun juga harus diselesaikan dengan cepat. Dan yang perlu kita ingat, tidak perlu menunggu sempurna untuk dikatakan selesai. Yang penting semuanya sudah bisa diakses dan orang lain bisa mengambil manfaat dari apa yang kita lakukan. Setelah itu baru kita sempurnakan secara bertahap.

AKTIVITAS DIGITAL MARKETING YANG BISA ANDA LAKUKAN DALAM WAKTU KURANG DARI 1 JAM

Pada digital marketing sebenarnya ada banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan dengan cepat dan tidak perlu waktu berjam-jam atau berhari-hari untuk menyelesaikannya. Berikut ini ada beberapa aktivitas digital marketing yang bisa Anda lakukan kurang dari 1 jam.

MENULIS EMAIL

Menulis email adalah salah satu aktivitas digital marketing yang bisa kita lakukan dengan cepat. Prosesnya juga minim. Anda hanya perlu menulis subject dan isi email, kemudian mengirimkannya, dan menunggu balasan dari penerima email kita, berapa open rate dan click rate. Bahkan, kita bisa melakukannya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Menurut kami, alasan lama menulis email adalah karena kami tidak tahu apa yang akan kami tulis. Kita terlalu memikirkan apa yang harus ditulis. Jadi buang-buang waktu saja. Jika hal ini terjadi pada Anda dan Anda kesulitan menentukan subjek email, Anda dapat membaca salah satu artikel kami yang berjudul "Bingung tentang email apa yang harus dikirim ke pelanggan Anda?" Coba kirim email berikut.

Menulis email itu berbeda dengan menulis blog. Menulis email lebih sederhana, cukup panjang tidak masalah asalkan padat dan jelas. Karena pada dasarnya email ini adalah alat komunikasi 2 arah, sehingga dalam menulisnya pun perlu kita perhatikan seolah-olah sedang berbicara dengan penerima email kita.

MEMBUAT DESAIN GRAFIS UNTUK KEBUTUHAN SOSIAL MEDIA MARKETING

Meskipun Anda tidak memiliki latar belakang desain grafis, Anda tetap dapat melakukan desain grafis untuk kebutuhan pemasaran media sosial Anda. Anda bahkan dapat menjalankan kampanye pemasaran digital ini selama seminggu dalam waktu kurang dari 1 jam.

Caranya adalah dengan menggunakan platform desain grafis online seperti Canva. Di Canva, ada banyak template untuk membuat konten media sosial yang menarik secara visual. Selain itu, Canva memberi Anda kebebasan untuk membuat desain sebanyak yang Anda inginkan.

Kebutuhan akan desain grafis sosial media ini tidak hanya tentang konten grafis saja, melainkan ada hal lain seperti :
  • Foto cover
  • Foto profile
  • Gambar untuk blogpost
  • Gambar Quote
  • dan lain sebagainya.

TAMPIL DI FACEBOOK LIVE

Beberapa waktu lalu, saat Ramadhan 2019, kita melihat beberapa ibu-ibu mempromosikan dagangannya lewat Facebook Live. Dia memamerkan pakaian yang dia jual dan menjelaskan bahan, ukuran, warna, pola, dan lainnya.

Tak hanya itu, para praktisi digital marketing di Indonesia mengadakan webinar rutin minimal sebulan sekali melalui Facebook Live. Misalkan ada Dewa Eka Prayoga, Agan Khalid dll. Praktisi ini menggunakan Facebook Live untuk berbagi pengetahuan dengan orang-orang di Facebook.

Keuntungannya adalah orang yang Anda lihat tidak hanya satu atau dua orang, tetapi sebanyak ratusan orang. Tampil di Facebook Live kurang dari 1 jam pun berpotensi viral, jadi bisa kemana-mana.

Dengan aktivitas yang sama Anda pun juga bisa tampil di Facebook Live. Anda bisa memanfaatkan waktu maksimal 1 jam untuk banyak hal, seperti :
  • Menunjukkan tutorial
  • Interview
  • Tanya jawab
  • Memberikan kuis, kontes atau giveaways
  • Flash sales
  • Menampilkan video Behind-the-scenes
  • Webinar
  • dan lain sebagainya.
MEMBACA DATA WEBSITE ATAU CAMPAIGN

Dalam waktu kurang dari satu jam, Anda juga dapat membaca data website atau aktivitas yang Anda lakukan. Untuk analisis mendalam, Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu. Namun jika Anda hanya membaca data, 1 jam adalah waktu yang cukup untuk mendapatkan insight dari data yang Anda dapatkan.

Beberapa contoh data yang bisa Anda baca kemudian ambil insightnya dalam waktu 1 jam antara lain :
  • Halaman apa yang paling banyak pengunjungnya
  • Sumber traffic yang paling banyak mendatangkan traffic
  • Jumlah pengunjung harian/mingguan/bulanan
  • Waktu rata-rata yang dihabiskan dalam sekali kunjungan
  • Bounce rate
  • Open rate
  • Click rate
  • dan lain sebagainya.
MEMBUAT IKLAN FACEBOOK

Dalam kurun waktu kurang dari 1 jam Anda juga bisa membuat iklan Facebook secara menyeluruh. Mulai dari menentukan objektif iklan, targeting dan budgeting hingga membuat ads copy nya.

Jika sobat masih belum terbiasa beriklan di Facebook Ads mungkin butuh waktu yang cukup lama untuk membuat iklan. Tetapi jika sudah terbiasa, tidak butuh waktu lama untuk membuat iklan baru atau memodifikasi iklan yang lama di Facebook Ads.

MELAKUKAN RISET KEYWORD

Jika SEO menjadi bagian terpenting dari strategi digital marketing Anda, maka Anda bisa melakukan riset kata kunci kurang dari satu jam. Riset kata kunci itu jika tahu topiknya sebenarnya tidak butuh waktu lama. Yang membuat lama adalah tidak tahu apa kata kunci apa yang akan diriset.

Untuk melakukan riset kata kunci itu pada prinsipnya hanya mencari informasi berikut ini :
  • Apa kata kunci utamanya
  • Apa kata kunci turunannya
  • Berapa jumlah volume pencarian bulanannya
  • Berapa jumlah persaingannya
  • Bagaimana kondisi pesaingnya
  • dan Bagaimana peluang untuk masuk di halaman pertama search enginenya.
MEMBUAT LEAD MAGNET

Lead magnet merupakan sesuatu yang kita bagikan secara gratis untuk membuat orang lain tertarik memberikan alamat emailnya ke kita. Kita dapat alamat email, sedangkan orang lain dapat lead magnet. Lead magnet ini bentuknya bisa bermacam-macam, seperti :
  • Ebook
  • Voucher
  • Video
  • Audio
  • Planner
  • Kupon
  • Checklist
  • Cheat Sheet
  • dan lain sebagainya.
Penelusuran terkait
  • contoh digital marketing
  • strategi digital marketing
  • jurnal digital marketing
  • contoh digital marketing di indonesia
  • konsep digital marketing
  • digital marketing pdf
  • kekurangan digital marketing
  • apa yang dipelajari digital marketing