Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Pemasaran Offline

Strategi Pemasaran OfflineStrategi pemasaran adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk memasarkan barang atau jasanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemasaran diartikan sebagai proses, cara, dan perilaku memasarkan barang.
strategi pemasaran offline pdf strategi pemasaran offline dan online contoh pemasaran offline ciri-ciri pemasaran offline strategi pemasaran offline untuk produk pengolahan makanan contoh jualan offline pemasaran online dan offline media pemasaran offline

Pemasaran merupakan hal yang penting bagi seseorang yang akan memasuki dunia bisnis. Oleh karena itu, seseorang tidak boleh ceroboh ketika mengembangkan strategi pemasaran.


Pemasaran membutuhkan strategi. Banyak perusahaan yang masih menerapkan strategi pemasaran offline karena masih relevan dan efektif.

Ada beberapa jenis strategi pemasaran offline. Sebagian besar dari jenis strategi pemasaran offline ini masih digunakan oleh perusahaan saat ini.

Berikut rangkuman jenis-jenis strategi pemasaran offline yang perlu Anda ketahui

Menggunakan Papan Reklame

Letak reklame di jalan raya memudahkan banyak orang untuk melihat reklame tersebut. Iklan yang ditempatkan seringkali cenderung menekankan tampilan visual dan meminimalkan teks.

Penggunaan teks hanya untuk merujuk pada nama produk atau layanan yang diiklankan. Jika tidak, teks yang digunakan biasanya berisi slogan atau moto perusahaan, produk, atau layanan yang diiklankan.

Hal ini dilakukan agar iklan tersebut sangat efektif dan terkomunikasikan kepada pengguna jalan.

Membagikan Kartu Nama

Strategi pemasaran offline ini relatif murah dari segi biaya. Caranya juga sangat sederhana. Perusahaan hanya mendistribusikan kartu nama ke beberapa pelanggan dan konsumen.

Namun, cara membagikannya pun tidak sembarangan. Biasanya, perusahaan membagikan kartu nama pada waktu-waktu tertentu, seperti saat agenda rapat atau saat rapat dengan pelanggan, kumpul dengan konsumen, dll.

Strategi pemasaran offline ini tetap digunakan karena sangat efektif, terutama saat memperkenalkan diri kepada perusahaan.

Memakai Iklan Baris Offline

Meski saat ini banyak yang berbasis online, namun ragam offline sebenarnya masih digunakan sebagai strategi pemasaran. Hal ini terlihat dari banyaknya iklan baris di surat kabar dan majalah.

Iklan baris offline biasanya dapat dilakukan melalui beberapa media offline terutama surat kabar dan majalah. Iklan baris offline seringkali disembunyikan di bagian tertentu dari halaman media offline.

Bahkan, beberapa media offline secara khusus menempatkan iklan baris di halaman khusus.

Menggunakan Advetorial di Koran dan Majalah

Selain iklan baris, perusahaan biasanya menggunakan iklan di surat kabar dan majalah. Advetorial adalah strategi periklanan bergaya berita dan strategi pemasaran offline.

Strategi pemasaran ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin beriklan atau memasarkan dengan cara yang halus dan persuasif.

Jika ingin menggunakan strategi pemasaran offline ini, perusahaan biasanya meminta media untuk memasang iklan secara langsung. Perusahaan hanya perlu memberikan beberapa data yang harus disertakan dalam iklan.

Beriklan di Televisi

Di Indonesia, televisi merupakan media yang dapat diakses oleh semua orang. Situasi ini menjadikan televisi sebagai salah satu strategi pemasaran offline yang paling efektif, dan masih digunakan.

Orang yang banyak menggunakan TV merupakan tantangan bagi perusahaan. Pasalnya, mereka harus membuat iklan di TV yang bisa dipahami semua orang.

Selain itu, mereka harus memperhatikan durasi penayangan iklan. Hal ini perlu diperhatikan, karena iklan di TV hanya ditayangkan secara singkat.

Penelusuran terkait
  • strategi pemasaran offline pdf
  • strategi pemasaran offline dan online
  • contoh pemasaran offline
  • ciri-ciri pemasaran offline
  • strategi pemasaran offline untuk produk pengolahan makanan
  • contoh jualan offline
  • pemasaran online dan offline
  • media pemasaran offline