Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran Kewirausahaan

Strategi Pemasaran KewirausahaanApa strategi pemasaran kewirausahaan untuk meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan? Pertanyaan ini sering terngiang di benak para pengusaha pemula. Mereka juga ingin tahu apa jawaban terbaik untuk pertanyaan itu.

Berbicara mengenai strategi pemasaran wirausaha, di era saat ini para wirausahawan tidak hanya harus menggunakan konsep offline, tetapi juga harus menggunakan konsep online. Ya, strategi pemasaran yang diterapkan secara online dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan merata. Dengan begitu, diharapkan bisnis bisa berkembang pesat dan angka penjualan pun meningkat.
contoh strategi pemasaran kewirausahaan macam-macam strategi pemasaran strategi pemasaran 4p strategi pemasaran pkwu strategi pemasaran kewirausahaan pdf materi strategi pemasaran strategi pemasaran pdf contoh strategi pemasaran produk

Nah, kali ini admin blog risetpasar.id akan membagikan strategi pemasaran wirausaha untuk meningkatkan penjualan dan jumlah konsumen. Strategi pemasaran ini sangat dianjurkan bagi mereka yang baru terjun ke dunia bisnis, termasuk bisnis yang bergerak di bidang jasa dan barang.


Setidaknya ada lima strategi pemasaran bisnis yang wajib Anda coba untuk meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan. Simak petunjuk selengkapnya di bawah ini!

1. Fokus Mencapai Target


Seorang entrepreneur atau pebisnis harus memiliki tujuan yang realistis. Kami katakan realistis karena optimisme untuk mencapai tujuan bisnis harus dibarengi dengan realita yang ada. Jangan terlalu optimis untuk mencapai tujuan Anda, bahkan jika kenyataan tidak membantu Anda mencapainya.

Sebagai tip, kami menyarankan Anda menetapkan tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Nah, setelah itu Anda harus fokus untuk “menargetkan” tujuan bisnis. Fokus pada melanjutkan sesuai dengan rencana awal yang dibuat dengan baik.

Kami juga berhati-hati agar tidak memaksakan jangkauan pasar Anda untuk berkembang, tetapi jangan menawarkan keuntungan karena tidak ditargetkan. Ini sebenarnya dapat menghabiskan uang Anda karena menerapkan strategi pemasaran membutuhkan banyak uang.

2. Manfaatkan Media Sosial

Bisnis Anda bisa berkembang pesat jika Anda memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan dan memasarkan produk/jasa Anda ke publik secara online. Ya, sepertinya ada yang kurang jika sebuah bisnis tidak menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita di era serba teknologi ini. Media sosial yang relevan antara lain Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp, dll.

Sebagai tip, Anda harus mengupdate postingan atau konten yang berhubungan dengan bisnis Anda setiap hari. Gunakan foto dan teks menarik yang tidak hanya menjelaskan tetapi juga menjual. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan media sosial, khusus untuk keperluan bisnis.

Perlu diketahui bahwa beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook saat ini menawarkan fitur periklanan yang disebut Instagram Ads dan Facebook Ads. Fitur ini memang berbayar, namun pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan. Padahal, iklan yang disampaikan bisa menyasar, misalnya berdasarkan umur, hobi, pekerjaan, dan lain-lain.

3. Gandeng Influencer dan Figur Penting

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia “heboh” dengan hadirnya McD BTS meal. Ada aliran pembeli yang stabil, kebanyakan dari mereka adalah penggemar atau penggemar BTS, salah satu boy grup Korea Selatan yang terkenal.

Sebagai pengusaha pemula, Anda bisa meniru fenomena ini. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah influencer atau orang penting yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Ada banyak influencer dan orang penting di Indonesia yang memiliki penggemar yang bisa bekerja sama dengan Anda.

Dengan bermitra dengan influencer atau orang penting, setidaknya bisnis Anda berpotensi mendapatkan banyak pelanggan baru dari para penggemarnya. Bayangkan saja Anda menggunakan angka X yang memiliki jutaan penggemar setia di Indonesia. Apakah ini tidak baik untuk bisnis Anda?

Sebagai tip, kami menyarankan Anda menggunakan influencer atau VIP yang "sejajar" dengan bisnis Anda. Misalnya, bisnis Anda bergerak di bidang produk kecantikan. Jadi, Anda bisa memilih influencer atau orang penting yang suka menjaga wajahnya.

Oleh karena itu, foto atau gambar influencer atau orang penting dapat ditampilkan atau ditampilkan dalam iklan produk komersial Anda. Tidak hanya itu, Anda juga memasang foto influencer atau VIP di kemasan produk bisnis Anda.

4. Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Strategi pemasaran kewirausahaan berikutnya adaah menjaga hubungan baik dengan konsumen yang sudah ada. Ya, di samping Anda dituntut untuk meningkatkan jumlah konsumen, Anda juga perlu menjalin hubungan yang apik dengan konsumen lama. Tujuannya tidak lain agar konsumen tersebut setia dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Ada banyak cara untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada. Secara keseluruhan, pendekatan sederhana yang sering diterapkan pengusaha adalah memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Misalnya ada konsumen yang ingin banyak bertanya tentang produk Anda, maka sebagai pengusaha yang baik, Anda harus menjawabnya dengan baik dan ramah.

Sebagai contoh lain, jika Anda menemukan konsumen memiliki keluhan terhadap produk yang Anda tawarkan, maka (juga) jawablah dengan baik dan ramah. Tawarkan padanya solusi terbaik untuk selalu "merasa di rumah" sebagai pelanggan setia bisnis Anda.

Selain pelayanan yang baik dan ramah, Anda juga bisa membangun hubungan yang baik dengan konsumen dengan menawarkan promo atau diskon pada produk tertentu. Dalam hal ini, promosi atau diskon yang dimaksud ditujukan khusus untuk konsumen setia Anda. Agar mereka selalu mencintai dan menggunakan produk Anda tanpa beralih ke orang lain.

5.Membuat Cerita yang Menarik

Ketahuilah bahwa saat ini, kebanyakan orang tidak lagi tertarik untuk mempromosikan atau menjual produk secara terbuka, terutama kaum muda dan milenial. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk membuat cerita atau konten yang menarik. bagaimana?

Cerita atau konten harus dibuat sesuai dengan bidang usaha Anda. Misalnya, saat ini Anda sedang menggeluti bisnis percetakan hijab. Oleh karena itu, konten yang Anda buat harus bertemakan Hijab. Topik yang bisa didiskusikan antara lain: cara membuat hijab printing, jenis kain yang cocok untuk hijab printing, cara memulai usaha hijab printing, model hijab printing yang populer tahun ini, dll.

Nah di akhir konten, kalian hanya bisa memasukkan kalimat yang menjual atau biasa kita sebut call to action. Memberikan konsumen produk hijab printing berkualitas tinggi, memberikan pilihan kualitas tinggi dan terlaris.

Banyak pengusaha saat ini memproduksi cerita atau konten serupa untuk mempromosikan bisnis mereka. Anda dapat mengunggah konten ini di media sosial atau situs web sesuai dengan minat bisnis Anda.

Ini adalah lima strategi pemasaran wirausaha untuk pemula. Terapkan strategi pemasaran di atas dan bersiaplah untuk meraup untung besar dari bisnis Anda.

Penelusuran terkait
  • contoh strategi pemasaran kewirausahaan
  • macam-macam strategi pemasaran
  • strategi pemasaran 4p
  • strategi pemasaran pkwu
  • strategi pemasaran kewirausahaan pdf
  • materi strategi pemasaran
  • strategi pemasaran pdf
  • contoh strategi pemasaran produk