Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli

Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli. Untuk menjawab pertanyaan, “Apa itu digital marketing?” Menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia memang tidak mudah.

Digital Marketing adalah segala upaya pemasaran yang menggunakan media digital atau internet untuk mencapai target audiens secara efektif. Digital Marketing mencakup berbagai jenis strategi pemasaran seperti Search Engine Optimization (SEO), Pay-Per-Click Advertising (PPC), Social Media Marketing, Email Marketing, Content Marketing, dan lain sebagainya.

Dalam digital marketing, pelaku bisnis atau pemasar dapat memanfaatkan berbagai macam platform digital seperti situs web, blog, media sosial, aplikasi mobile, dan lain-lain untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dan mencapai target pasar yang lebih luas. Digital marketing juga memungkinkan pelaku bisnis untuk memantau dan menganalisis kinerja kampanye pemasaran secara real-time, sehingga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Seiring waktu, istilah tersebut terus berkembang menjadi bagian yang lebih kecil dan lebih spesifik. Untuk mendapatkan gambaran utuh, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana tren digital terjadi.
Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli

Setelah itu, Anda akan mengerti mengapa digital marketing muncul dan memberikan dampak yang besar, terutama bagi perkembangan bisnis yang masih eksis hingga saat ini.

Sebelum lanjut, mari kita masuk ke pembahasan pertama, yaitu tentang pengertian marketing dan digital marketing. Di antara sekian banyak pakar yang mendefinisikan apa itu digital marketing, kita bisa melihat dua di antaranya, yaitu:

1. Joshua Tarigan dan Ridwan Sanjaya (2009)

Menurut Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya, "Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang mencakup kampanye branding menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, email, adwords atau jejaring sosial. Tentu saja, pemasaran digital lebih dari sekadar pemasaran internet."

2. Hedrick dan Perjuangan (2009)

Sedangkan menurut Heidrick and Struggles, dikutip dari Gramedia, "Digital marketing adalah sesuatu yang memanfaatkan dunia digital untuk beriklan. Kampanye yang dilakukan tidak secara langsung didengungkan. Namun, tetap memberikan dampak yang sangat signifikan."

Penelusuran terkait
  • contoh digital marketing
  • materi digital marketing
  • strategi digital marketing
  • apa yang dipelajari digital marketing
  • belajar digital marketing
  • digital marketing pdf
  • jurnal digital marketing
  • contoh digital marketing yang sukses