Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli

Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli. Untuk menjawab pertanyaan, “Apa itu digital marketing?” Menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia memang tidak mudah.

Seiring waktu, istilah tersebut terus berkembang menjadi bagian yang lebih kecil dan lebih spesifik. Untuk mendapatkan gambaran utuh, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana tren digital terjadi.
Pengertian Digital Marketing Menurut para Ahli

Setelah itu, Anda akan mengerti mengapa digital marketing muncul dan memberikan dampak yang besar, terutama bagi perkembangan bisnis yang masih eksis hingga saat ini.

Sebelum lanjut, mari kita masuk ke pembahasan pertama, yaitu tentang pengertian marketing dan digital marketing. Di antara sekian banyak pakar yang mendefinisikan apa itu digital marketing, kita bisa melihat dua di antaranya, yaitu:

1. Joshua Tarigan dan Ridwan Sanjaya (2009)

Menurut Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya, "Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang mencakup kampanye branding menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, email, adwords atau jejaring sosial. Tentu saja, pemasaran digital lebih dari sekadar pemasaran internet."

2. Hedrick dan Perjuangan (2009)

Sedangkan menurut Heidrick and Struggles, dikutip dari Gramedia, "Digital marketing adalah sesuatu yang memanfaatkan dunia digital untuk beriklan. Kampanye yang dilakukan tidak secara langsung didengungkan. Namun, tetap memberikan dampak yang sangat signifikan."

Penelusuran terkait
  • contoh digital marketing
  • materi digital marketing
  • strategi digital marketing
  • apa yang dipelajari digital marketing
  • belajar digital marketing
  • digital marketing pdf
  • jurnal digital marketing
  • contoh digital marketing yang sukses