Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Riset Pemasaran Produk Pakaian

Contoh Riset Pemasaran Produk Pakaian. Usaha penjualan pakaian skala kecil dengan dana terbatas harus menemukan jenis barang yang cepat laku. Entah menawarkan pinjaman tanpa agunan atau tidak, tandanya cepat laku adalah jika barang sering diganti atau cepat habis. Dibandingkan dengan menjual makanan, bisnis pakaian membutuhkan waktu yang lama untuk dijual. Jadi, ada dua pilihan, satu memilih produk pakaian mahal untuk keuntungan besar, dan yang kedua adalah memilih produk murah dengan keuntungan kecil tapi pembeli tetap membeli. Mengingat dana terbatas, memilih menjual produk murah, akibatnya siklus pasokan harus cepat.
contoh riset pemasaran produk kopi contoh riset pemasaran produk makanan contoh riset pemasaran produk minuman contoh riset pemasaran produk indomie contoh riset pemasaran produk sepatu contoh riset pemasaran produk kosmetik contoh riset pasar produk kerajinan contoh strategi pemasaran produk pakaian

Produk cepat berubah dan murah termasuk piyama, celana dalam, bra, dan pakaian anak-anak. Pakaian anak-anak cepat berubah, karena anak-anak tumbuh dan berkembang, dan begitu mereka sempit, mereka perlu berganti pakaian baru. Mungkin bisa juga dipakai dengan hijab anak. Kalaupun memilih toko pakaian yang laris, promosi tetap akan dilakukan, tapi pada dasarnya tidak perlu promosi yang ribet. Yang penting dalam jualannya harus ramah, mudah dipuji konsumen, dan tempatnya bersih. Produk yang dipajang diganti setiap 3 hari untuk memberikan kesan penjualan dan variasi yang luar biasa. Prinsipnya adalah promosi harus biaya sesedikit mungkin dan semua pelanggan dianggap sama. Misalnya, semua harga adalah tetap dan tidak dapat dinegosiasikan. Tawaran terjadi saat membeli dalam jumlah besar. Misalnya, jika Anda membeli grosir daripada eceran, mintalah diskon 10%.

Dengan munculnya teknologi Internet, teori pemasaran telah mengalami sedikit perubahan. Seperti yang kita ketahui bersama, konsep bauran pemasaran itu mutlak, 7 Ps yang harus dilakukan salah satunya adalah pemilihan lokasi yang strategis, dalam konteks pemasaran, lokasi ramai, tertata rapi dan cepat. Tetapi sekarang dengan internet, Anda dapat menjangkau dunia dari dalam kamar Anda.

Namun, pertanyaan yang muncul adalah seberapa besar pengaruh perdagangan online (e-commerce) terhadap pedagang tradisional yang telah mengakar selama ribuan tahun. Menurut hasil survey lapangan terhadap pedagang pakaian adat, dampak psikologis lebih besar dari dampak sebenarnya, karena pengguna internet di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat terbatas, dan belum ada tujuan yang jelas di jalur online. Tentu akan berdampak pada belanja pakaian online. 

Dibandingkan dengan negara maju, perkembangan e-commerce begitu cepat sehingga model belanja pakaian online lebih familiar, dan penerapan strategi pemasaran telah membanjiri pedagang grosir tradisional. Bagi merchant online apparel atau aksesoris lainnya, pertumbuhan merchant online sejenis seharusnya tidak dilihat sebagai persaingan dengan merchant online lainnya, tetapi sebagai dinamisme atau stimulus bagi e-commerce itu sendiri, khususnya di Indonesia.

Karena saat itu pedagang pakaian online mampu bersaing dengan pedagang pakaian tradisional. Misalnya, jika sebuah mal besar hanya dihuni oleh beberapa pedagang dan sebagian besar toko/kios tutup, daya tarik mal juga akan berkurang. Salah satunya karena tidak lengkap, dan yang lainnya karena tidak ada persaingan yang kuat untuk menghidupkan suasana belanja atau suasana mall itu sendiri, seperti pedagang pakaian online. Bertambahnya jumlah merchant online channel justru akan menjadi daya tarik pasar, secara langsung atau tidak langsung merangsang rasa ingin tahu pelanggan yang mengejar efisiensi komoditas.

Penelusuran terkait
  • contoh riset pemasaran produk kopi
  • contoh riset pemasaran produk makanan
  • contoh riset pemasaran produk minuman
  • contoh riset pemasaran produk indomie
  • contoh riset pemasaran produk sepatu
  • contoh riset pemasaran produk kosmetik
  • contoh riset pasar produk kerajinan
  • contoh strategi pemasaran produk pakaian