Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Riset Pemasaran Produk Kosmetik

Contoh Riset Pemasaran Produk KosmetikRiset produk adalah langkah pertama untuk membuat dampak besar pada bisnis Anda. Banyak acara perusahaan membutuhkan data dan informasi dari penelitian ini untuk mendukung kesuksesan.
contoh riset pemasaran produk makanan contoh rencana pemasaran produk kosmetik contoh riset pemasaran produk minuman strategi pemasaran produk kosmetik strategi pemasaran produk kosmetik wardah jurnal strategi pemasaran produk kosmetik contoh makalah pemasaran produk kosmetik wardah makalah strategi pemasaran produk kosmetik

Seperti mengidentifikasi produk, mengembangkan strategi pemasaran, dan yang terpenting, memahami di mana calon pelanggan dan pesaing berada.


Hasil penelitian sangat membantu dalam merumuskan strategi perusahaan, menetapkan tujuan dan kegiatan produktif lainnya. Sayangnya, banyak kegiatan penelitian yang dilakukan perusahaan gagal. Hal ini dikarenakan banyak kesalahan yang dilakukan selama proses penelitian.

Cara Riset Produk Kosmetik yang Tepat

Beautypreneurs, saat akan membangun sebuah industry kosmetik atau menjalankan bisnis dengan brand sendiri. Tentu kamu harus memiliki ide produk yang inovatif dan unik, sehingga masyarakat lebih mudah mengenali dan membedakan bradn kosmetikmu dari kompetitor.

Untuk menemukan ide/konsep produk yang tepat, kamu bisa mengikuti 9 cara melakukan riset produk yang tepat berikut ini.

Pahami Jenis Produk yang Sedang Populer

Bagi anda yang baru memulai bisnis, pendekatan ini bukanlah suatu pilihan, tetapi suatu keharusan. Sebelum memutuskan jenis produk apa yang akan dijual, ada baiknya Anda mencari tahu apa saja yang berpotensi menjadi pengikut yang banyak.

Jenis produk yang banyak diminati menunjukkan bahwa banyak orang yang membutuhkan produk tersebut. Misalnya, produk kecantikan, Anda bisa mengetahui produk mana yang paling laris di pasaran dan alasannya.

Misalnya, krim pencegah jerawat sangat diminati karena sebagian besar orang Indonesia memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat karena suhu dan polusi.

Alasan-alasan ini dapat dipertimbangkan agar Anda dapat memilih produk yang memecahkan masalah yang dihadapi banyak pelanggan.

Memanfaatkan Google Trends


fitur dari google ini yang menampilkan berbagai topik yang populer dalam kurun waktu tertentu. Hasil yang ditampilkan oleh google trends berupa grafik dari topik yang sedang kamu caritahu.

Cara menggunakan google trends sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi laman google trends dan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan riset yang kamu lakukan. Hasil yang ditampilkan bisa diatur sesuai kebutuhanmu.

Sebagai contoh, ketika kamu melakukan riset produk kecantikan. Setelah mengetik kata kunci kamu bisa mendapat hasil berupa grafik yang menunjukkan seberapa sering topik tersebut diperbincangkan di internet.

Kamu bisa menggali tren produk skincare populer lebih jauh, misalnya topik tersebut naik seberapa lama dan di lokasi mana saja.

Survei Produk di Marketplace Populer

Cara lain Anda dapat melakukan riset produk adalah dengan mensurvei beberapa pasar paling populer. Beberapa pasar yang paling banyak dikunjungi di Indonesia antara lain Tokopedia, Shopee, Lazada dan Bukalapak.

Seringkali, pasar menawarkan fitur yang memudahkan untuk menemukan produk terlaris. Sebagai pertimbangan untuk mendapatkan data yang lebih valid, sebaiknya membandingkan hasil survei untuk masing-masing pasar.

Anda tidak hanya dapat memperoleh informasi tentang produk Anda, tetapi Anda juga dapat mempelajari jenis toko yang paling disukai pelanggan Anda dan bagaimana toko tersebut menawarkan produk Anda. Anda dapat membandingkan semua hasil dan membuat versi strategi Anda sendiri.

Riset Keyword di Google

Selain memanfaatkan Google Trends, ada fitur lain yang sama akuratnya, yaitu Google Keyword Planner. Cara ini juga mudah dilakukan, cukup buka halaman Google Keyword Planner dan masukkan kata yang berhubungan dengan topik yang Anda cari.

Hasil pencarian di halaman ini kurang lebih sama dengan hasil Google Trends. Anda akan mendapatkan grafik seputar topik yang Anda cari.

Jika Anda tidak mendapatkan banyak data hasil pencarian, berarti produk atau topik yang Anda selidiki tidak banyak diminati.

Selain mendapatkan data dan statistik popularitas produk, Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan berupa kata kunci yang terkait dengan topik survei Anda. Hasil survei Anda dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengidentifikasi ide-ide baru untuk produk yang ingin Anda jual.

Penelusuran terkait
  • contoh riset pemasaran produk makanan
  • contoh rencana pemasaran produk kosmetik
  • contoh riset pemasaran produk minuman
  • strategi pemasaran produk kosmetik
  • strategi pemasaran produk kosmetik wardah
  • jurnal strategi pemasaran produk kosmetik
  • contoh makalah pemasaran produk kosmetik wardah
  • makalah strategi pemasaran produk kosmetik