Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemasaran Produk Online

Cara Pemasaran Produk OnlineSaat ini, pemasar perlu memahami strategi pemasaran dan cara memasarkan produk secara online.

Mengapa demikian? Sebab, strategi pemasaran jaringan saat ini sangat berbeda dengan pemasaran tradisional.
10 cara memasarkan produk secara online bagaimana cara memulai memasarkan produk secara online cara memasarkan produk online di shopee sebutkan 5 strategi promosi secara online brainly cara memasarkan produk untuk pemula cara memasarkan produk online biar cepat laku cara memasarkan produk makanan secara online cara memasarkan produk secara online dengan cepat

Jika dulu pemasaran hanya mengandalkan pembuatan brosur, baliho atau iklan TV, kini proses pemasarannya jauh lebih mudah.


Tentunya dengan menerapkan strategi digital marketing, proses pemasaran produk akan menjadi lebih mudah dan efisien. Bahkan, anggaran yang dikeluarkan akan lebih terjangkau.

Nah, jika saat ini Anda memiliki bisnis berbasis online, Anda perlu mengetahui strategi pemasaran yang efektif seperti yang diberikan di bawah ini.

STRATEGI PEMASARAN PRODUK SECARA ONLINE

Berikut ini adalah 8 strategi pemasaran produk secara online yang paling efektif dan apabila diterapkan dengan benar maka bisa membantu meningkatkan konversi.

1. Branding

Apa yang membuat Mac menjadi salah satu laptop terbaik untuk harganya? Tentu saja karena branding yang mereka lakukan sukses di pasaran.

Dan itulah yang harus kita lakukan jika ingin terjun ke dunia bisnis. Pasalnya, branding merupakan salah satu strategi paling efektif di era digital saat ini.

Beberapa teknik branding yang paling sederhana adalah menciptakan desain logo yang menarik dan mudah diingat.

Selain itu, membuat tagline yang kreatif dan konten yang menarik tentunya membantu meningkatkan brand awareness.

2. SEO atau search engine optimization

SEO adalah salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk secara online saat ini.

SEO tidak hanya bermanfaat untuk bisnis terkenal, tetapi juga berfungsi dengan baik untuk bisnis kecil dan menengah.

Jika Anda ingin memanfaatkan strategi ini, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan situs web untuk memulai bisnis Anda.

Karena SEO dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung website yang kita miliki.

Selain itu, menurut Webfx SEO memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kredibilitas merek di mata audiens.

Hingga saat ini para pemasar masih menggunakan SEO untuk meningkatkan pemasarannya karena masih banyak orang yang mencari produk melalui mesin pencari.

Internet Live Stats mencatat bahwa sekitar 1,2 triliun orang mencari informasi melalui Google.

Banyak dari mereka adalah orang yang ingin mengetahui informasi sebelum membeli sesuatu.

3. SEM atau search engine marketing

SEM adalah salah satu pilihan terbaik untuk digunakan sebagai strategi pemasaran online.

Strategi pemasaran ini sangat mirip dengan SEO karena mengandalkan mesin pencari seperti Google.

Hanya saja, perbedaannya ada pada anggaran yang dikeluarkan. Pasalnya, SEM berbayar dan SEO gratis.

Namun, karena biaya ini, situs web dan bisnis kami dapat dengan mudah muncul di halaman pertama Google tanpa perlu pengoptimalan situs web.

Seringkali, situs web yang menerapkan strategi pemasaran SEM akan memiliki logo "Iklan" atau "Iklan" di awal paragraf, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

4. Google Bisnisku

Apakah ada produk yang dijual secara lokal? Google Bisnisku mungkin adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif.

Dengan menggunakan Google Bisnisku, kita dapat mencantumkan alamat bisnis di Google Maps dan muncul di mesin pencari Google.

Selain itu, Google Bisnisku dapat menampilkan ulasan dari pengguna yang telah menggunakan atau membeli produk kami.

Semakin bagus reviewnya, tentunya semakin percaya penonton terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.

5. Email marketing

Pemasaran email juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk Anda secara online karena alasan berikut:
  • Lebih terukur siapa yang akan menerima email
  • Lebih personal karena kontak langsung dengan calon pelanggan
  • tidak terlalu mahal
  • 35% dari dunia memiliki email
Jika Anda ingin mewujudkannya, alat pemasaran email yang paling terkenal adalah MailChimp. Namun, alat ini terbatas untuk mengirim 2000 email per bulan.

Saat menerapkan email marketing, terlebih dahulu kita harus menyiapkan database calon pelanggan yang akan dibidik terlebih dahulu.

Jadi, di mana kita bisa mendapatkan database untuk pemasaran email? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan ebook gratis yang bermanfaat bagi audiens.

Namun, sebelum mengunduh, mereka perlu menyertakan email agar dapat disimpan di database.

6. CRM atau customer relationship management

Strategi pemasaran produk online selanjutnya adalah dengan melakukan CRM atau customer relationship management.

Padahal, fokus dari hal ini adalah bagaimana membangun hubungan yang baik dengan konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa kita.

Oleh karena itu, ketika sebuah bisnis dapat memberikan pelayanan yang baik, merek tersebut tentu dapat memiliki reputasi yang baik. Pemirsa potensial pada akhirnya akan penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

7. Influencer marketing

Ingin hasil yang lebih instan dan cepat dalam memasarkan produk Anda? Anda dapat bereksperimen dengan strategi pemasaran influencer.

Menurut Sprout Social, influencer marketing sangat efektif karena orang akan percaya apa yang dikatakan influencer favorit mereka, daripada hanya melihat iklan.

Sebagai contoh, beberapa keuntungan dari strategi pemasaran ini antara lain meningkatkan kesadaran merek, menjangkau target audiens yang lebih besar, dan meningkatkan kredibilitas merek.

Meski begitu, penerapan strategi ini membutuhkan perhitungan yang tepat. Selain menghitung anggaran, proses pemilihan influencer juga harus diperhatikan.

8. Content marketing

Strategi pemasaran online terakhir dalam daftar ini adalah pemasaran konten.

Seperti namanya, pemasaran konten adalah strategi yang berpusat pada konten. Baik itu blog, Instagram, podcast, dan banyak lainnya.

Menurut Neil Patel, pemasaran konten adalah tentang membangun hubungan yang kuat dengan audiens dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, konten harus relevan dengan audiens untuk menciptakan perasaan emosional antara audiens dan merek.

Penelusuran terkait
  • 10 cara memasarkan produk secara online
  • bagaimana cara memulai memasarkan produk secara online
  • cara memasarkan produk online di shopee
  • sebutkan 5 strategi promosi secara online brainly
  • cara memasarkan produk untuk pemula
  • cara memasarkan produk online biar cepat laku
  • cara memasarkan produk makanan secara online
  • cara memasarkan produk secara online dengan cepat