Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Trading Saham Dan Investasi Saham

Dunia saham memang banyak sekali istilah asing yang belum dipahami oleh pemula. Hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemula adalah rajin membaca dan belajar mengenai saham. Istilah investasi saham dan trading saham tidaklah sama. Berikut beberapa perbedaan trading saham dan investasi saham yang penting diketahui:

Pengertian Investasi Saham

perbedaan-trading-saham-dan-investasiInvestasi saham merupakan sebuah aktivitas untuk menanamkan modal pada perusahaan yang namanya sudah ada pada BEI. Nantinya, saham tersebut bisa diperjualbelikan kepada pihak lain demi meraih keuntungan yang banyak. Penanam saham memiliki sifat yang pasif karena tidak menjalankan investasinya secara langsung melainkan diserahkan kepada perusahaan yang bersangkutan.

Terdapat dua kemungkinan yang bisa didapatkan oleh penanam modal yaitu untung atau tidak memperoleh keuntungan sekali. Poin penting yang harus diperhatikan adalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang akan diberi modal. Pilihlah perusahaan yang memiliki keuntungan yang stabil setiap tahunnya agar tidak perlu risau.

Tips ketika memilih perusahaan adalah dengan memeriksa terlebih dahulu laporan keuangan tahunan yang dimiliki perusahaan. Melali laporan keuangan tersebut, dapat diketahui dengan jelas kondisi perusahaan pada saat itu. Bandingkan pula dengan laporan keuangan pada tahun lalu sehingga, bisa dilakukan perbandingan keuntungan yang diperoleh dari tahun ke tahun.

Pengertian Trading Saham

Lain halnya dengan trading saham yang diartikan sebagai kegiatan jual beli saham dengan memanfaatkan situasi harga pasar di setiap harinya. Pada trading ini, trader harus berperan aktif untuk mengecek setiap hari dan mengambil keputusan yang tepat untuk menjual atau membeli saham. Perhitungan yang matang harus dimiliki oleh trader agar tidak salah langkah.

Sediakanlah waktu untuk melakukan analisa pasar dan memutuskan waktu yang tepat untuk melakukan sebuah transaksi. Kunci utama yang harus dipegang adalah jangan sampai salah dalam melakukan analisa karena bisa berakibat pada kerugian bagi trader. Belajar terlebih dahulu dengan yang sudah ahli agar tidak mudah salah langkah.

Apa Beda Trading Saham dan Investasi Saham? Inilah Jawabannya

Setelah mengetahui pengertian dari keduanya yang dijelaskan di atas, dapat diketahui sedikit perbedaan diantara keduanya. Namun tentu saja masih ada perbedaan trading saham dan investasi saham secara lebih rinci agar pemula bisa membedakannya dengan mudah. Berikut beberapa perbedaan yang bisa disimak dengan baik:

1. Prinsip

Dilihat dari prinsipnya saja sudah terlihat dengan jelas perbedaannya. Investor saham cenderung menggunakan prinsip buy and hold saat melakukan investasi. Umumnya investor menanamkan sahamnya untuk jangkah yang lebih panjang sehingga keuntungan yang didapatkan tidak bisa langsung dinikmati, melainkan harus menunggu terlebih dahulu.

Hal tersebut menjadikan investor tidak terlalu memperdulikan naik turunnya saham di setiap harinya karena tidak akan berpengaruh. Biasanya, investor akan menjual saham yang dimiliki ketika tujuan dari investasinya sudah bisa terpenuhi dengan baik. Apabila belum terpenuhi, maka akan membiarkan begitu saja sahamnya sampai memperoleh keuntungan dari perusahaan.

Trading saham menggunakan prinsip buy and sell. Trader akan membeli saham ketika harganya sudah sesuai dengan yang diinginkan. Waktu penjualan saham tersebut pun terbilang singkat karena disesuaikan dengan range yang sudah sesuai kriteria. Umumnya, trader ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar apabila disandingkan dengan investasi saham biasa.

2. Analisis

Perbedaan trading saham dan investasi saham yang harus diketahui selanjutnya adalah penggunaan analisisnya. Pada investor saham yang menanamkan modalnya dalam jangka waktu yang panjang cenderung menggunakan analisis fundamental. Guna melakukan analisis tersebut, dibutuhkan laporan keuangan, laju perkembangan saham, kinerja perusahaan, dan lainnya.

Lain halnya dengan trading saham yang lebih mengutamakan analisis teknikal, yang mampu membantu trader untuk memantau pergerakan saham di waktu tertentu. Perlu diketahui bahwa trading lebih peka terhadap sentimen pasar dan juga situasi pasar dibandingkan dengan fundamental perusahan. Analisis teknikal ini pun lebih mendetail terhadap resiko yang akan diterima.

3. Resiko

Dipandang dari segi resiko yang akan diperoleh, investasi saham tentu memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan trading saham. Seperti rumus yang telah berlaku, resiko lebih rendah juga mengakibatkan kemungkinan keuntungan yang didapatkan juga rendah. Jadi, memang terdapat plus dan minusnya tersendiri dari kedua permainan saham tersebut.

Investor saham cenderung memilih perusahaan yang sudah terkenal dan memiliki blue chip guna menghindari resiko buruk yang mungkin saja terjadi. Sedangkan trading saham lebih memilih pada perusahaan yang duduk di kelas 3 atau cenderung baru sehingga harga sahamnya pun tidak terlalu tinggi. Nantinya saham akan dijual ketika harganya sudah meningkat.

Perbedaan trading saham daninvestasi saham yang telah dijelaskan diatas patut untuk disimak karena memiliki informasi yang penting bagi para pemula. Teruslah perkaya ilmu pengetahuan di bidang saham agar semakin lihai dalam memainkannya. Para pemula bebas untuk memilih untuk melakukan investasi saham ataupun trading saham.

Penelusuran terkait
  • lebih baik trading atau investasi
  • perbedaan trading dan investasi
  • perbedaan saham dan investasi
  • trading saham halal atau haram
  • perbedaan saham dan trading forex
  • contoh trading saham
  • cara trading saham
  • rumus trading saham