Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Trading Saham Yang Akan Didapatkan Oleh Para Tradernya!

Investasi memang kini sudah tersedia banyak macam yang bisa dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat. Salah satu investasi yang kerap dilakukan tersebut seperti trading saham karena keuntungan yang akan didapatkan sangat menggiurkan. Lalu sebenarnya apa saja keuntungantrading saham, maka pengguna bisa simak uraiannya berikut:

keuntungan-trading-saham

Setiap trading pasti memiliki keuntungannya sendiri. Bahkan dari kata trading sendiri juga memiliki keuntungan yang didapatkan. Seperti waktu yang tidak terjadwal, praktis dan sebagainya juga keuntungan yang akan didapat cukup besar. Meski setiap keuntungan juga harus paham dengan risikonya. Kali ini akan disebutkan apa saja keuntungan dari melakukan trading saham.

1. Waktu Yang Fleksibel

Pada poin satu keuntungan yang akan didapat bila melakukan trading saham adalah karena waktunya yang fleksibel. Meski sebenarnya waktu fleksibel ini bukan hanya dikhususkan untuk jenis trading saham saja namun juga untuk semua jenis trading lainnya. Jadi, keuntungan dari trading adalah bisa dilakukan kapan saja juga di mana saja.

Oleh sebab itu, trading saham bisa dilakukan secara bersamaan dengan pekerjaan lainnya karena sama sekali tidak akan mengganggu. Trading saham hanya perlu dilakukan pengecekan sesekali dan juga kapan saja tidak harus dipantau setiap saat. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui ponsel maupun laptop adalah sinyal lancar.

2. Punya Hak RUPS

Keuntungan trading saham selanjutnya, adalah memiliki hak atau kesempatan mengikuti rapat umum pemegang saham atau RUPS. Jadi dengan melakukan trading saham atau dengan memiliki saham di suatu perusahaan tertentu maka trader juga akan dianggap sebagai salah satu dari pemilik perusahaan tersebut. Untuk itu hak rapat umum pemegang saham didapatkan.

Dengan memiliki hak RUPS tersebut, maka para trader saham juga berhak mengemukakan pendapat dalam kemajuan perusahaan. Juga bisa ikut menentukan tentang kepemimpinan, strategi dan apa yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Selain itu tentu dari melakukan trading saham trader juga akan mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan.

3. Mendapat Hak Pembagian Dividen

Seperti pada penjelasan sebelumnya, karena trader saham juga menjadi salah satu pemilik saham dari perusahaan tersebut maka juga berhak untuk mendapatkan pembagian dividen. Dividen atau juga bisa dikenal dengan laba keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan, dan semua trader atau pemilik saham berhak mendapatkannya. Dan memang tujuan dari trader saham adalah dengan mendapatkan dividen ini.

Pembagian dividen ini dilakukan secara merata pada setiap pemegang saham sesuai lembar saham yang dimiliki oleh para trader. Jadi ketika trader memiliki beberapa lembar saham, maka pembagian dividen yang didapatkan juga banyak. Oleh sebab itu semakin banyak lembar saham yang dimiliki maka keuntungan yang didapatkan juga akan semakin melimpah.

4. Terdapat Potensi Gain

Dalam hal trading saham ada istilah jual beli saham. Dalam hal jual beli saham dibutuhkan yang namanya gain. Gain sendiri merupakan harga yang berbeda, antara saat membeli dan menjualnya. Jadi saat membeli dengan harga sekian, dan ketika menjual sudah dengan harga yang lebih tinggi atau berkali-kali lipat.

Secara sederhana gain ini seperti memperoleh sebuah keuntungan dari penjualan saham. Potensi gain sendiri, berasal dari apabila jumlah keuntungan perusahaan tersebut besar maka harga saham pada perusahaan tersebut juga akan naik. Tentu jika aset saham tersebut dijual maka akan mendapatkan keuntungan karena harga jual lebih tinggi daripada saat membeli.

5. Keuntungan besar

Dengan melakukan trading saham maka, trader juga akan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun tentu untuk mendapatkan keuntungan tersebut, trader juga harus paham dengan potensi saham yang akan dibeli tersebut. Jika sampai salah langkah atau salah memilih saat membeli saham maka kerugian bisa saja terjadi.

Jika sudah tepat dalam memilih saham maka pengguna bisa meraup keuntungan yang besar pula. Keuntungan trading saham lainnya juga bisa hanya dengan modal kecil tidak seperti jika melakukan usaha lainnya yang harus menggunakan modal atau dana dalam jumlah besar. Namun meski hanya dengan modal kecil, tetap memiliki kesempatan mendapatkan keuntungan besar.

6. Bisnis Yang Aman

Trading memang sudah mirip dengan bisnis, membeli aset dan menunggu keuntungan yang akan didapatkan atau dengan menjualnya. Trading juga bisa dibilang sebagai bisnis yang aman dan juga transparan. Sebab jual beli saham dilakukan hanya dalam bursa efek saja, sebab itu trader tidak perlu khawatir akan kehilangan modal.

7. Pajak Kecil

Kadang hal paling memberatkan dalam suatu bisnis adalah karena jumlah pajak yang cukup besar, dan untuk keuntungan trading saham lainnya adalah jumlah pajak yang kecil. Sebab pajak yang dikenakan dalam satu tahun hanya sebesar 0,1% saja dari seluruh keuntungan akhir. Pajak tersebut juga sudah otomatis dipotong dari keuntungan.

Itulah tadi adalah beberapa keuntungan trading saham yang didapatkan para trader. Namun meski begitu tak lantas setiap membeli saham akan langsung mendapatkan keuntungan namun juga dilihat dari saham yang dibeli. Oleh sebab itu, keahlian dalam melihat potensi saham sangat dibutuhkan dalam hal trading.

Penelusuran terkait
  • keuntungan trading saham harian
  • penghasilan trader saham
  • berapa persen keuntungan trading saham
  • keuntungan saham per lot
  • cara trading saham harian
  • modal trading saham
  • sumber keuntungan saham
  • trading saham adalah