Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Trading Saham Online Beserta Aplikasi Tradingnya

Kali ini, akan dibahas mengenai pertanyaan tentang apa itu trading saham online dan juga beberapa aplikasi trading yang bisa digunakan. Trading sendiri adalah kata lain dari proses jual beli dalam aset dan bisa berupa saham suatu perusahaan atau lainnya. Perlu diingat juga bahwa trading saham tidak seperti dengan perjudian, keduanya merupakan hal yang sangat berbeda.

apa-itu-trading-saham-online

Kemudian, trading juga terdapat dua macam, satu trading harian atau yang juga disebut dengan trading jangka pendek. Ada juga trading jangka panjang, dalam trading saham maka keuntungan didapatkan dari pembagian dividen. Namun untuk lebih jelas tentang pembahasan ini, maka bisa simak uraiannya berikut:

Sekilas Tentang Trading Saham Online

Sebagai jawaban mengenai pertanyaan tentang apa itu trading saham online adalah trading online adalah kata lain dari pergerakan jual beli aset berupa saham yang dilakukan secara online. Trading online sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi yang memang sudah disediakan dan tentu bisa diakses secara online. Dalam melakukan trading online, juga memiliki waktu yang fleksibel.

Jika melakukan trading secara online maka tidak perlu mengunjungi kantor sekuritas atau mencari broker untuk melakukan trading saham tersebut. Untuk itu trading saham online dikatakan memiliki waktu yang fleksibel. Jadi pengguna tinggal mengunduh aplikasi trading saham terpercaya, jika perlu yang sudah terdaftar Bappebti.

Trading saham online juga bisa digunakan sebagai cara berinvestasi yang baik untuk mendapatkan peluang pendanaan. Sebab dalam berinvestasi saham tidak hanya dengan membeli lalu menunggu menerima pembagian dividen dari perusahaan. Namun juga harus paham waktu yang tepat untuk melepaskan dana agar tidak terjadi risiko berupa kerugian yang besar.

Dalam trading online, para trader diharuskan bisa berpikir rasional dan juga bisa berpikir logis serta paham dengan risiko yang akan didapatkan dalam setiap keputusan yang diambil. Trading online juga harus dilakukan secara kesadaran dan penuh ketelitian, sebab salah sedikit saja, bisa mengakibatkan kerugian. Juga harus paham tentang potensi saham yang hendak dibeli dalam melakukan trading.

Trading saham online juga tidak mengharuskan para trader menggelontorkan dana atau modal yang sangat besar. Bahkan ada trading saham online yang harga sahamnya mulai dari lima ribu saja. Namun meski begitu para pelaku trading online juga bisa mendapatkan gain yang lumayan besar daripada harga saat membeli.

Aplikasi Untuk Melakukan Trading Online

Setelah membahas mengenai apa itu trading saham online maka kali ini akan disebutkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan trading tersebut. Aplikasi untuk melakukan Trading saham sendiri sangatlah banyak, namun juga harus dipastikan keamanannya juga. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa broker tersebut diawasi oleh OJK atau sudah terdaftar di Bappebti.

1. BNI Sekuritas

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk melakukan trading online adalah aplikasi bernama BNI sekuritas. Merupakan suatu anak perusahaan dari perusahaan bank BNI yang merupakan perusahaan milik negara. Juga tentu saja aplikasi ini sudah dijamin aman sebab BNI sekuritas ini diawasi oleh OJK.

Untuk dapat menggunakan aplikasi trading yang satu ini, trader diharuskan melakukan deposit awal sebesar satu juta rupiah. Deposit awal itu dilakukan apabila trader membuka rekening saham untuk pertama kalinya melakukan BNI sekuritas atau BIONS. Biaya atau fee setiap transaksi yang pada aplikasi ini juga tidak terlalu tinggi.

2. MNC Trade New

Pada urutan kedua aplikasi trading yang bisa digunakan pada pembahasan mengenai apa itu trading saham online adalah aplikasi bernama MNC trade new atau MNC sekuritas. Aplikasi trading ini merupakan aplikasi buatan dikeluarkan oleh perusahaan MNC group. Aplikasi MNC sekuritas ini juga dilengkapi berbagai fitur seperti online trading, equity dan lain sebagainya.

3. Mandiri Online Stock Trading

Pada urutan selanjutnya, mengenai aplikasi saham online adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan mandiri sekuritas. Namun untuk bisa menggunakan aplikasi ini, trader harus menjadi nasabah dari bank mandiri terlebih dahulu. Jadi, jika sudah memiliki akun atau menjadi nasabah dari bank mandiri, aplikasi MOST bisa dipertimbangkan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, terdapat deposit awal yang juga terbagi dalam tiga macam. Tinggal pertama untuk kalangan mahasiswa dengan deposit awal sebesar dua juta. Sedang tingkat tengah atau umum adalah sebesar lima juta. Untuk tinggal ketiga adalah untuk full service dengan deposit awal yang cukup fantastis yakni seratus juta.

4. BCAS Best Mobile

Aplikasi keempat yang juga bisa digunakan untuk melakukan trading saham online adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT. BCA sekuritas. Dengan menggunakan aplikasi bini para trader akan mudah melakukan jual beli saham dengan fitur-fitur yang disediakan. Sedang untuk deposit atau setoran awal jika menggunakan aplikasi ini adalah sebesar tiga juta rupiah.

Itulah tadi sekilas mengenai apa itu trading saham online dan juga beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan trading saham online. Dalam melakukan trading saham online juga diperlukan suatu teknik atau strategi agar bisa mendapatkan keuntungan. Jadi, trader juga harus bisa memperhitungkan keuntungan dan juga resiko yang akan diterima.

Penelusuran terkait
  • aplikasi trading saham ojk
  • trading saham online modal kecil
  • cara trading saham harian
  • trading saham menurut islam
  • aplikasi trading saham harian
  • rumus trading saham
  • contoh trading saham
  • apakah trading saham halal