Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ide Jualan Online Terbukti Menguntungkan

Ide Jualan Online. Internet membuat segalanya menjadi sederhana. Bahkan, Anda juga bisa membangun bisnis online dan bekerja online dari rumah tanpa harus membuat toko fisik. Hmm, menarik kan? Bayangkan memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dan menjadi "bos" Anda sendiri.

Terlebih lagi, di masa krisis seperti ini, pandemi COVID-19 tiba-tiba memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah. Memulai bisnis di internet adalah solusi yang patut dicoba agar Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Ide Jualan Online

Pada artikel ini, kita akan membahas ide bisnis online paling menguntungkan yang bisa Anda mulai dari rumah. Selamat membaca!

1. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi, juga dikenal sebagai pemasaran afiliasi, dilakukan dengan menawarkan produk atau layanan kepada mitra, dan jika Anda berhasil menjualnya, Anda mendapatkan komisi. Cara ini merupakan salah satu ide bisnis online yang menguntungkan karena bisa dilakukan dimana saja.

Karena pengaruhnya yang cukup besar, banyak pembuat konten online menghasilkan uang di internet dengan menjalankan bisnis afiliasi. Sebagian besar produk atau jasa yang dipromosikan oleh seorang influencer, terutama dari mulut ke mulut, akan menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif.

Berikut cara menjalankan ide bisnis online ini:

Buat website/blog dengan tema tertentu.

Mulailah dengan membuat website atau blog dengan tema tertentu. Sebagai saran, baca artikel kami tentang topik blog yang paling banyak dikunjungi.

Temukan program afiliasi berdasarkan topik Anda.

Setelah Anda menentukan topik, saatnya untuk menemukan program afiliasi terbaik untuk situs web atau blog Anda. Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan daftar program afiliasi terbaik yang dapat Anda coba.

Mulailah ide bisnis online Anda dengan pemasaran afiliasi.

Untuk memulai dengan cara ini dan menjadi sukses, berusahalah untuk memposting konten. Semakin banyak Anda melakukan ini, semakin baik kualitas konten yang Anda hasilkan.

Beberapa paket afiliasi yang sangat populer saat ini adalah paket afiliasi Hostinger, Amazon atau ShareASale. Ada banyak sekali produk dan layanan untuk dilihat dan ditulis di blog Anda. Jangan lupa, pilihlah niche yang sesuai dengan tema website atau blog Anda.

2. Buat dan hasilkan uang dengan blog Anda

Ide bisnis online ini sangat populer saat ini. Ya, Anda dapat menghasilkan uang dari blogging dengan mengambil langkah-langkah yang tepat.

Beberapa blogger bahkan bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah dari blog yang mereka kelola. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus mengelola blog Anda secara konsisten setiap saat. Anda harus sering mempublikasikan konten, terlibat dengan audiens Anda, dan tetap mengikuti perkembangan tren terbaru berdasarkan niche/topik Anda.

Berikut cara bisnis online menggunakan blog:

Mulailah dengan membuat blog.

Tentunya Anda harus memiliki blog sebelum memulai ide bisnis online ini. Langkah ini mudah untuk memulai. Lihat artikel kami tentang cara membuat blog untuk lebih jelasnya.

Optimalkan blog Anda dengan SEO.

Selanjutnya, Anda harus menerapkan metode SEO untuk meningkatkan traffic blog. Oleh karena itu, blog Anda akan lebih dikenal luas dan dapat memberikan penghasilan.

Hasilkan uang dari blog Anda.

Setelah blog Anda dibuat dan dioptimalkan, Anda dapat mulai bekerja online dari rumah dan menghasilkan uang dari blog Anda.

Anda juga dapat belajar dari blogger terkenal seperti Sue Dunlevie, yang menjalankan kursus online untuk membantu pelanggannya mengembangkan situs web mereka.

3. Menjadi pembuat konten kreator

Jika Anda memiliki keahlian atau skill di dunia seni, cobalah menjadi pembuat konten online. Platform penggalangan dana ini memiliki banyak anggota yang membutuhkan dukungan finansial dari audiens yang mencintai pekerjaan mereka.

Ide bisnis rumahan tanpa modal - gabung kreator

Kemudian, Anda dapat memilih untuk berlangganan karya dengan nominasi biaya yang berbeda. Karena mereka sudah "dibayar", mereka menawarkan konten eksklusif dari proses di balik layar hingga kursus online.

Contoh kreator yang berhasil membangun karakter di Patreon adalah Humans of New York dan Markus Magnusson. Bahkan, mereka juga sudah memiliki basis penggemar di Patreon.

Untuk memulai ide bisnis online di Patreon, ikuti langkah-langkah berikut:

Siapkan jenis pekerjaan dan daftar Patreon Anda.

Kunjungi halaman pendaftaran Patreon dan daftar. Atau, pilih starter kit berdasarkan kreasi Anda. Atau, Anda juga dapat mencoba paket berbayar Patreon untuk mendapatkan alat bisnis, yang biayanya akan dipotong dari keuntungan yang Anda hasilkan.

Lengkapi halaman Akun Anda.

Setelah registrasi, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi akun dan halaman, seperti foto profil, lokasi, dan metode pembayaran.

Pratinjau halaman dan mulai presentasikan karya Anda.

Selanjutnya, pratinjau halaman Anda untuk melihat apakah Anda siap untuk memamerkan karya mengagumkan Anda. Setelah semuanya siap, Anda bisa memulai ide bisnis online ini.

4. Jual produk kerajinan tangan

Ide bisnis online selanjutnya adalah menjual barang kerajinan tangan. Seringkali, orang bersedia membayar lebih jika produk yang dijual unik dan tidak ada di tempat lain. Oleh karena itu, Anda dapat menetapkan harga jual di atas harga pasar rata-rata.

Situs seperti Etsy, eBay, dan bahkan platform media sosial seperti Instagram dapat menjadi alat pemasaran untuk mempromosikan bisnis atau bisnis kecil. Namun, akan lebih nyaman dan mudah jika Anda memiliki toko online sendiri. Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengelola merek Anda tanpa membayar biaya tambahan yang biasanya dibebankan oleh pihak ketiga.

Jika Anda ingin mengetahui cara yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk di Internet, Anda dapat menggunakan situs web Bario Neal sebagai inspirasi. Toko online sederhana ini telah berhasil mempertahankan pelanggan sejak lama. Bagi yang baru pertama kali memulai bisnis dari rumah, bisa menemukan ide dan belajar banyak di kursus online seperti Udemy.

5. Jual barang bekas di OLX atau Facebook

Akhir-akhir ini permintaan barang bekas sangat tinggi. Selain itu, ada banyak orang yang suka mencari produk berkualitas dengan harga murah. Meskipun ada banyak sekali situs e-niaga yang dapat dipilih, OLX dan Facebook Marketplace masih menjadi yang teratas dalam daftar barang bekas untuk dijual.

Untuk memulai ide bisnis online ini, Anda bisa mengikuti kursus yang ditawarkan oleh Facebook sendiri tentang cara memulai berjualan di Facebook, atau sekadar menjual koleksi barang bekas Anda.

6. Amazon FBA

Jika Anda ingin meningkatkan dan mencakup dunia, Anda dapat mencoba Fullfillment di platform Amazon. Setelah itu, Anda menyerahkan manajemen inventaris, pengiriman, dan bantuan pelanggan ke Amazon.

Program ini merupakan solusi terbaik bagi para pebisnis baru yang ingin menikmati kemudahan menjalankan bisnis. Namun, program ini tidak 100% gratis. Anda tetap harus membayar biaya operasional dan penyimpanan. Namun, dibandingkan dengan biaya lain (jika Anda menangani semuanya sendiri), biaya FBA jauh lebih murah dan lebih terjangkau.

7. Memulai bisnis dropship


Ide bisnis online selanjutnya adalah dropshipping. Tidak seperti toko online pada umumnya yang perlu mengurusi pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropship hanya menuntut Anda untuk bersedia membuat website e-commerce.

Setelah itu, Anda bekerja sama dengan pemasok barang yang ingin Anda jual. Barang yang dijual bisa dicap (dengan kesepakatan bersama tentunya). Ketika seorang pelanggan membeli, Anda meminta grosir untuk mengirimkan barang yang dipesan.

Nah, jika Anda ingin memulai bisnis dari rumah dengan modal yang sangat kecil, dropshipping mungkin bisa menjadi ide yang bagus. Faktanya, yang Anda butuhkan hanyalah membuat situs web, memiliki laptop, dan mengakses direktori pemasok grosir seperti SaleHoo dan AliDropship.

Ide Bisnis Rumah - Dropshipping

Untuk membuat situs web dropshipping, kami merekomendasikan platform WordPress dan plugin WooCommerce. Selain itu, ada dua poin yang patut dipertimbangkan:

Pilih niche tertentu.

Sama seperti blog afiliasi, Anda juga harus memilih niche tertentu untuk menarik perhatian pelanggan Anda. Gunakan niche produk yang tepat untuk menjual puluhan hingga ratusan item.

Bekerja dengan mitra terkemuka.

Produk harus dalam kondisi baik dan dikirim tepat waktu. Jika semuanya hilang, reputasi Anda terancam. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih pemasok.

Satu fakta yang harus Anda ketahui adalah kebanyakan dropshippers menjual barang yang sama. Jika Anda ingin bersaing di pasar, Anda harus bisa menonjolkan keunikan Anda. Seringkali pebisnis hanya berfungsi dalam satu ceruk tertentu. Misalnya saja Mooshe Socks hanya menjual kaos kaki dengan desain yang lucu-lucu.

8. Menjadi YouTuber

Popularitas YouTube seolah tak ada habisnya, apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak orang bekerja online dari rumah dan menonton video YouTube di waktu luang mereka. YouTube, sebagai platform yang paling banyak dibicarakan, tentu bisa menjadi tempat "menghasilkan uang" sebanyak-banyaknya.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna, itu berarti banyak area bisnis dapat dieksplorasi lebih lanjut. Misalnya membuat vlog, streaming video game, cover lagu, atau alat musik. Bisa dibilang pilihannya hampir tidak terbatas.

Jumlah pendapatan yang dihasilkan tergantung pada bisnis dan strategi pemasaran yang dijalankan melalui saluran yang dimiliki. Sebagian besar pengguna YouTube menghasilkan uang melalui pemasaran afiliasi, sponsor, barang dagangan, dan Google AdSense. Yang lain menawarkan kelas online yang dapat Anda tonton di saluran Jay Shetty.

Sebagai seorang YouTuber, Anda tidak bisa hanya memiliki kemampuan berbicara. Anda juga harus dapat mengedit video dan memiliki alat dan perlengkapan pembuatan video yang bagus.

Ciptakan komunikasi antara Anda dan pelanggan Anda. Bangun basis penggemar yang solid, karena kolaborasi biasanya tercipta saat Anda memiliki basis pelanggan yang besar dan setia.

9. Menjadi podcaster

Tidakkah kamu menyadari bahwa podcast semakin cerah setiap hari? Ya! Banyak orang memutuskan untuk menjadi podcaster karena bisnisnya yang sangat menjanjikan. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 140 juta orang mendengarkan podcast. Kemudian, perusahaan dan bisnis yang ingin menggunakan layanan podcast untuk mengiklankan produk mereka melihat peluang tersebut.

Membuat podcast juga harus mempertimbangkan ceruk pasar yang akan digunakan. Jika Anda ingin membuat podcast dengan tema yang sama, pastikan konten yang Anda bagikan cukup khas untuk bersaing dengan podcast lainnya. Atau, Anda dapat membuat podcast tentang berita terkini tetapi spesifik. Misalnya, lihat informasi dan berita tentang jarak sosial dan virus COVID-19.

Jadi dari mana podcast menghasilkan uang? Biasanya mereka masuk ke pemasaran afiliasi dan menghasilkan konten bersponsor. Jika podcast Anda sudah memiliki audiens yang besar, Anda dapat mendaftar ke jaringan iklan podcast seperti Midroll.

Berikut persiapan yang diperlukan untuk memulai contoh ide bisnis kreatif ini:

Memiliki peralatan audio yang kuat.

Mengingat jenis konten ini sering mengutamakan dialog atau ucapan dalam percakapan, pendengar akan lebih memilih podcast dengan suara yang jernih dan "garing".

Gunakan perangkat lunak pengedit suara profesional.

Untuk mengedit rekaman Anda dengan kualitas yang baik, instal perangkat lunak pengedit suara profesional seperti Adobe Audition.

Bergabunglah dengan platform podcasting atau buat situs web Anda sendiri.

Jika Anda sudah memiliki konten podcast, Anda dapat mulai memublikasikannya di platform suara seperti Spotify atau Apple. Selain itu, Anda dapat membuat situs web Anda sendiri untuk lebih fleksibel dalam mengelola konten podcast Anda.

10. Tawarkan Kursus Online

Dengan internet, semua orang bisa belajar apa saja. Misalnya, jika Anda ingin tahu cara membuat situs web, ketikkan saja kata kunci di Google dan mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang relevan. Bahkan informasi dan tips, seperti cara memperbaiki mesin pemotong rumput atau cara merebus telur, tersedia di internet.

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan ide bisnis online ini dengan membuat kursus berbayar atau meluncurkan website e-learning. Topik yang dapat Anda pilih juga sangat beragam, tetapi pastikan sesuai dengan keahlian Anda.

Penelusuran terkait
  • jualan online yang laku setiap hari
  • ide bisnis online untuk pemula
  • ide jualan online modal kecil
  • ide jualan online makanan
  • ide jualan online di shopee
  • ide jualan online untuk remaja
  • jualan apa yang laku di online
  • ide jualan online makanan kekinian