Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Digital Marketing Yang Sukses

Contoh Digital Marketing Yang SuksesContoh pemasaran digital tersebut terbukti sangat efektif dan efisien, terutama karena membidik target pasar tertentu. Seperti yang dibahas pada artikel implikasi pemasaran digital, melihat berbagai keuntungan yang ditawarkan pemasaran digital, tidak sedikit perusahaan yang akhirnya beralih ke pemasaran melalui media digital ini.

Jelas, perusahaan mengalami pertumbuhan pesat setelah mulai menerapkan berbagai strategi pemasaran digital untuk bisnis mereka dan tentu saja menarik lebih banyak konsumen. Bagi yang penasaran dengan contoh digital marketing yang membuat perusahaan sukses, kami punya ulasan lengkapnya di sini. 

Contoh Digital Marketing Yang Sukses

1. Netflix

Netflix tentu sudah tidak asing lagi bagi kita saat ini. Perusahaan jasa streaming film ini memang menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Apakah menurut Anda perusahaan ini didirikan pada tahun 1997? Awalnya, Netflix adalah perusahaan yang menyewakan film DVD dengan durasi tertentu. Melihat pertumbuhan internet Amerika saat itu, Netflix memulai layanan digital pertamanya pada tahun 2007. Netflix melalui berbagai proses pemasaran digital untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.

Contoh pemasaran digital yang mereka lakukan tidak sebatas menampilkan iklan di mesin pencari, atau bekerja sama dengan perusahaan produksi film. Netflix juga mengaktifkan media sosial dengan berbagai konten atau meme lucu terkait berbagai film dan serial yang ditayangkan. Hal ini tentu saja menarik perhatian penonton. Alhasil, lebih dari satu dekade kemudian, Netflix menjadi perusahaan streaming film dengan basis pelanggan yang sangat besar, sekitar 167 juta pada tahun 2020.

2. Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu pasar yang sangat sukses di Indonesia. Perusahaan beroperasi sebagai wadah untuk transaksi jual beli dan juga menerapkan berbagai strategi pemasaran digital. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 untuk membuat perusahaannya dikenal masyarakat luas, termasuk pembeli dan penjual.

Alhasil, Tokopedia kini menjadi salah satu startup dengan predikat unicorn dan diharapkan menjadi decacorn setelah bergabung dengan Gojek. Selain mengoptimalkan search engine marketing dan social media advertising, contoh Tokopedia yang sukses besar menerapkan digital marketing adalah bekerja sama dengan publik figur dan selebriti untuk mempromosikan perusahaannya.

Awalnya, Tokopedia menarik publik figur dalam negeri untuk menjadi brand ambassador. Kini, perseroan sudah mulai menjalin kerja sama dengan publik figur asing. Sebut saja grup idola asal Korea Selatan, BTS. Tokopedia tahu betul bahwa Korean Wave di Indonesia merupakan peluang yang sangat besar.

Tokopedia tidak hanya berperan sebagai brand ambassador BTS, tetapi juga memberikan "hadiah" kepada pengguna Tokopedia berupa merchandise BTS yang tentunya akan menarik minat konsumen khususnya penggemar grup idola.

2. Erigo

Erigo, salah satu merek fesyen lokal, juga memanfaatkan peluang pemasaran yang sangat besar di dunia digital. Bahkan bisnis ini mampu bersaing dengan berbagai brand fashion ternama lainnya dalam sekejap. Awalnya, Erigo meluncurkan strategi pemasaran digitalnya melalui website dan media sosial Instagram. Mereka bekerja dengan banyak figur publik untuk endorsement. Salah satu kolaborasi terbesar dan terkenal adalah dengan Raffi Ahmad.

Mengingat popularitas Rafi yang luar biasa, contoh pemasaran digital dengan selebriti seperti Rafi Ahmed ini pasti akan membuahkan hasil. Penjualan dan pengembangan Erigo juga meningkat secara dramatis. Semakin menunjukkan taringnya di dunia internasional, iklan Erigo baru-baru ini terpampang di seluruh Times Square New York.

Tak hanya itu, Erigo juga sukses tampil di New York Fashion Week 2022 yang tentunya membuat brand fashion tersebut semakin terkenal.

3. Maicih

Yang suka makanan pedas tentu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Bar pedas Maicih juga merupakan contoh pemasaran digital yang sukses. Awalnya, Maicih hanya menjajakan produknya di tempat ramai seperti kampus, pasar minggu, dll.

Namun mereka tidak selalu berjualan di tempat yang sama, sehingga banyak orang yang penasaran dan menantikan lokasi selanjutnya. Strategi ini terbukti berhasil. Akun Twitter Maicih juga mengalami peningkatan pengikut yang signifikan karena mereka akan membagikan lokasi mereka melalui akun media sosial mereka.

Tidak mengherankan jika pembeli berbondong-bondong dan bahkan mengantre untuk membeli produk mereka pada hari mereka mulai dijual. Sekarang bisnis mereka semakin besar, produk Macy bisa lebih mudah diperoleh. Melalui pasar terdekat, supermarket atau mini market.

4. Scarlett Whitening

Brand kecantikan juga sukses menerapkan strategi digital marketing. Bukan karena pemiliknya adalah seorang artis, melainkan strategi digital marketing yang membuat Scarlett Whitening semakin dikenal masyarakat luas. Menggunakan media sosial, Scarlett Whitening bisa menjadi contoh digital marketing yang bisa Anda ikuti.

Strategi utama mereka adalah membuat influencer mengulas produk mereka. Tidak hanya didukung oleh artis terkenal, Scarlett Whitening juga mengandalkan mikro-influencer untuk mereview produk mereka. Dengan strategi ini, Scarlett Whitening tidak hanya dapat meminimalkan anggaran pemasaran.

Taktik affiliate marketing seperti ini juga lebih dipercaya masyarakat, karena dipercaya memberikan review dan testimoni yang autentik. Setelah bisnisnya berkembang pesat, Scarlett Whitening mulai mengembangkan bisnisnya dan menarik banyak tokoh masyarakat dunia untuk mempromosikan produk mereka. Baru-baru ini, Scarlett Whitening menunjuk Song Joong Ki dan Twice sebagai brand ambassador.

Demikianlah penjelasan tentang 5 contoh pemasaran digital yang telah berhasil diterapkan di Indonesia dan membawa kesuksesan bagi perusahaan-perusahaan tersebut. Sesuaikan anggaran pemasaran Anda untuk mengarahkan bisnis Anda menuju kesuksesan dengan meniru contoh pemasaran digital di atas.

Penelusuran terkait
  • contoh produk digital marketing
  • digital marketing perusahaan
  • strategi digital marketing
  • contoh digital marketing untuk umkm
  • contoh digital campaign
  • sukses digital marketing
  • contoh direct and digital marketing
  • contoh digital marketing plan