Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Admin Shopee 2022

Biaya Admin Shopee 2022Baru-baru ini, kabar kenaikan biaya pengelolaan Shopee mengejutkan para penjual. Dengan kenaikan biaya admin, penjual harus lebih berhati-hati dalam menentukan harga jual pada kategori produk yang dibagi menjadi 3 kategori produk.

Yuk, cari tahu apa hubungannya dengan biaya manajemen!

1. Perubahan Biaya Administrasi

Semakin menarik fitur dan aplikasi Shopee, semakin tinggi biaya untuk penjual atau penjual. Jadi buat kamu yang jualannya lama, jangan lupa update harga jual kamu dan masukkan faktor overhead.

Secara umum, biaya admin pertama yang harus Anda ingat adalah status penjual, yaitu penjual non-bintang, bintang dan bintang+ dan penjual marketplace. Biaya dipecah berdasarkan kategori produk yang dijual, mulai 15 Februari 2022.

Kami dapat menggunakan biaya manajemen atau biaya layanan sebagai layanan:
  • Host atau simpan data di Shopee
  • Dapatkan dukungan pengiriman gratis untuk pembeli setia
  • Dapatkan kunjungan lalu lintas dari Shopee
  • Tunjukkan kepercayaan dengan berjualan di Shopee
Berikut tabel perbandingan tabel biaya lama dan tabel biaya baru:


2. Bagaimana Shopee Memotong Biaya Admin Non-Star?

Biaya penanganan adalah biaya yang dibebankan kepada pembeli untuk setiap pembayaran yang berhasil.

Biaya penanganan dihitung dari total jumlah transaksi. Selain itu, biaya ini bervariasi menurut metode pembayaran.

Biaya administrasi dibebankan ketika pembeli berhasil membeli barang dan check out. Biaya ini kemudian akan segera dipotong. Dan ketika masuk ke saldo penjual, uang yang diterima penjual adalah Shopee dikurangi biaya pengelolaan.

Biaya yang dikenakan adalah harga produk, setelah diskon dan kupon penjual.

3. Bagaimana Shopee Memotong Biaya Admin Star dan Star+?

Untuk penjual dengan reputasi bintang, Anda akan mendapatkan eksposur dan diprioritaskan oleh Shopee sehingga pembeli dapat menemukannya.

Wajar bagi penjual bintang untuk mendapatkan prioritas karena biaya per penjualan juga meningkat.

Shopee akan memberikan biaya pengelolaan yang serupa dengan Shopee dikurangi biaya non-bintang, yaitu pembeli berhasil check out dan menerima barang.

4. Barang yang Termasuk Kategori Produk A Dalam Hitungan Biaya Admin

Untuk penjual produk Kategori A seperti aksesoris fashion, audio, buku, alat tulis, majalah, elektronik, baby fashion, busana muslim, aksesoris handphone, souvenir, produk ibu dan bayi, jam tangan, kamera dan drone, produk kesehatan, Koper, travel tas, mobil, sepeda motor, olahraga, outdoor, pria, wanita, perawatan kecantikan, peralatan rumah tangga, sepatu pria dan wanita, tas pria dan wanita, tiket dan voucher harus sangat berhati-hati dalam menentukan harga.

Kategori A inilah yang biasanya dibuat Shopee untuk UMKM. Oleh karena itu, produsen lokal harus lebih berhati-hati dalam menetapkan harga.

Untuk penjual bintang, kenaikan harga dari 2% menjadi 3,2% berarti perubahan besar 1,2% untuk pemain dengan margin tipis. Untuk non-bintang, biaya berubah dari 1,6% menjadi 2,5%, meningkat 0,9%

5. Barang yang Termasuk Kategori Produk B Dalam Hitungan Biaya Admin

Bagi Anda penjual segala jenis produk audio, elektronik, gaming dan konsol, USB, modem, memori hp, hewan peliharaan, hobi dan koleksi kecuali souvenir, mainan bayi, aksesoris ibu hamil, lensa, kesehatan kecuali perawatan diri, aksesoris komputer, makanan olahan, roti, kue, oli mobil, sepeda, kursi masuk dalam kategori B dengan biaya non-star 1.7% dan star 2.5%.

Kategori B ini mengalami peningkatan persentase yang paling signifikan dan hampir dua kali lipat dari biaya admin sebelumnya.

Sebelumnya, kategori B non star hanya 0.75% biaya admin dan sekarang meningkat drastis ke 1.7%. Sedangkan bagi star seller meningkat dari 1.25% ke 2.5%.

6. Barang yang Termasuk Kategori Produk C Dalam Hitungan Biaya Admin

Bagi penjual dengan barang produk kategori C seperti logam mulia, elektronik, perhiasan anak, tablet dan handphone, susu formula, aksesoris kamera dan komputer, bahan makanan pokok termasuk dengan kategori C.

Kategori C dengan biaya paling rendah dan merupakan kategori baru. Biaya non star adalah 1.25 % dan 1.75%.

7. Bagaimana Menghitung Kenaikan Harga Baru Shopee?

Bagaimana kalau kita ingin mengalihkan biaya admin? Mierakigai sudah membuat tool widget yang bisa membantu Anda untuk menghitung kenaikan harga.

Dalam tool ini, kita bisa mengalihkan seluruh biaya admin ke konsumen atau kita ingin mengalihkan kenaikan biaya admin saja oleh admin.

“Bagaimana? Masih mau berjualan di Shopee?”

Sudah saatnya untuk mempersiapkan toko e-commerce yang baru. Karena, semakin kompetitifnya penjualan di Shopee, kita sudah tak bisa mengandalkan perang harga, namun perlu Branding dengan foto dan video yang menarik.

Demikianlah penjelasan terbaru tentang Biaya Admin Shopee 2022. Semoga bermanfaat. Salam risetpasar.id

Penelusuran terkait
  • perhitungan biaya admin shopee
  • biaya admin shopee penjual non-star seller
  • cara cek biaya admin shopee
  • biaya admin shopee untuk penjual
  • kenaikan biaya admin shopee
  • biaya admin shopee star seller
  • berapa biaya admin shopee
  • biaya admin gratis ongkir xtra shopee