Tanggung Jawab Utama Manajemen Pemasaran. Tugas utama manajemen pemasaran adalah memasarkan produk perusahaan, sehingga perusahaan dapat mencapai tingkat keuntungan jangka panjang dan menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Tugas manajemen pemasaran juga tidak terlepas dari permintaan.
Oleh karena itu, tugas manajemen pemasaran tidak hanya mencari dan mengembangkan permintaan produk perusahaan, tetapi juga mengatur jumlah, waktu dan sifat permintaan sesuai dengan tujuan perusahaan.
TUGAS POKOK MANAJEMEN PEMASARAN
Pada umumnya permintaan akan suatu barang atau jasa dapat lebih besar atau lebih kecil dari atau sama dengan jumlah permintaan yang diharapkan oleh perusahaan. Ada delapan atribut permintaan yang menghasilkan tugas pemasaran yang berbeda. Kedelapan permintaan tersebut antara lain:
Permintaan Laten (Permintaan Tersembunyi)
Permintaan laten adalah di mana banyak orang merasa membutuhkan barang atau jasa yang belum diproduksi.
Permintaan tidak teratur (irregular demand)
Permintaan tidak teratur adalah pola waktu permintaan yang ditandai dengan fluktuasi musiman.
Permintaan yang berlebihan (permintaan yang berlebihan)
Permintaan yang berlebihan adalah suatu keadaan dimana permintaan yang ada terhadap barang atau jasa tertentu melebihi tingkat kesediaan suatu perusahaan untuk memenuhinya.
Basu Swasta juga berkeyakinan bahwa tugas utama manajemen pemasaran antara lain:
Konsep manajemen pemasaran juga telah berkembang, awalnya sering digunakan untuk memonopoli departemen pemasaran, dan sekarang menjadi kegiatan untuk semua departemen perusahaan. Anda dapat memahami ini lebih baik dalam buku profesor Manajemen Pemasaran. PhD. Thamrin Abdullah, Ph.D. Fransiskus Tantri.
Pada umumnya permintaan akan suatu barang atau jasa dapat lebih besar atau lebih kecil dari atau sama dengan jumlah permintaan yang diharapkan oleh perusahaan. Ada delapan atribut permintaan yang menghasilkan tugas pemasaran yang berbeda. Kedelapan permintaan tersebut antara lain:
- Permintaan negatif
- Tidak ada permintaan
Permintaan Laten (Permintaan Tersembunyi)
Permintaan laten adalah di mana banyak orang merasa membutuhkan barang atau jasa yang belum diproduksi.
- Permintaan lemah
Permintaan tidak teratur (irregular demand)
Permintaan tidak teratur adalah pola waktu permintaan yang ditandai dengan fluktuasi musiman.
- Permintaan penuh (permintaan penuh)
Permintaan yang berlebihan (permintaan yang berlebihan)
Permintaan yang berlebihan adalah suatu keadaan dimana permintaan yang ada terhadap barang atau jasa tertentu melebihi tingkat kesediaan suatu perusahaan untuk memenuhinya.
- Kebutuhan tidak sehat
Basu Swasta juga berkeyakinan bahwa tugas utama manajemen pemasaran antara lain:
- Mengembangkan konsep yang bertujuan untuk memuaskan dan melayani konsumen yang belum terpenuhi.
- Riset kebutuhan konsumen.
- Membuat desain produk.
- Uji validitas konsep produk.
- Mengembangkan kemasan dan branding.
- Tetapkan harga untuk pengembalian investasi yang solid.
- Kelola distribusi.
- Menjalin komunikasi pemasaran yang efektif dengan berbagai media.
- Fokus pada kepuasan pelanggan.
Konsep manajemen pemasaran juga telah berkembang, awalnya sering digunakan untuk memonopoli departemen pemasaran, dan sekarang menjadi kegiatan untuk semua departemen perusahaan. Anda dapat memahami ini lebih baik dalam buku profesor Manajemen Pemasaran. PhD. Thamrin Abdullah, Ph.D. Fransiskus Tantri.