Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tugas Pokok Manajemen Pemasaran

Tanggung Jawab Utama Manajemen Pemasaran. Tugas utama manajemen pemasaran adalah memasarkan produk perusahaan, sehingga perusahaan dapat mencapai tingkat keuntungan jangka panjang dan menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Tugas manajemen pemasaran juga tidak terlepas dari permintaan. 

Oleh karena itu, tugas manajemen pemasaran tidak hanya mencari dan mengembangkan permintaan produk perusahaan, tetapi juga mengatur jumlah, waktu dan sifat permintaan sesuai dengan tujuan perusahaan.

TUGAS POKOK MANAJEMEN PEMASARAN

Pada umumnya permintaan akan suatu barang atau jasa dapat lebih besar atau lebih kecil dari atau sama dengan jumlah permintaan yang diharapkan oleh perusahaan. Ada delapan atribut permintaan yang menghasilkan tugas pemasaran yang berbeda. Kedelapan permintaan tersebut antara lain:
  • Permintaan negatif
Permintaan negatif adalah ketika semua atau sebagian dari sebagian besar pasar yang mendasarinya tidak menginginkan barang atau jasa, dan sebenarnya dapat dibayangkan bahwa orang mungkin menghindari membayar harganya.
  • Tidak ada permintaan
Tidak adanya permintaan mengacu pada situasi di mana semua atau sebagian besar pasar potensial memiliki sedikit atau tidak ada minat pada barang atau jasa tertentu.
Permintaan Laten (Permintaan Tersembunyi)
Permintaan laten adalah di mana banyak orang merasa membutuhkan barang atau jasa yang belum diproduksi.
  • Permintaan lemah
Permintaan yang lemah adalah ketika permintaan untuk barang atau jasa tertentu cenderung menurun jika tidak ada tindakan perbaikan yang diambil.
Permintaan tidak teratur (irregular demand)
Permintaan tidak teratur adalah pola waktu permintaan yang ditandai dengan fluktuasi musiman.
  • Permintaan penuh (permintaan penuh)
Permintaan penuh adalah ketika kuantitas dan waktu permintaan konsisten dengan kuantitas yang direncanakan oleh perusahaan. Dengan demikian, semua permintaan dapat dipenuhi dan tidak ada permintaan yang tidak terpenuhi atau penawaran yang tidak diminta.
Permintaan yang berlebihan (permintaan yang berlebihan)
Permintaan yang berlebihan adalah suatu keadaan dimana permintaan yang ada terhadap barang atau jasa tertentu melebihi tingkat kesediaan suatu perusahaan untuk memenuhinya.
  • Kebutuhan tidak sehat
Kebutuhan tidak sehat adalah suasana di mana permintaan dianggap melanggar atau melampaui batas hukum dan tidak diharapkan untuk ditawarkan atau mengandung unsur-unsur yang kurang dari ideal.

Basu Swasta juga berkeyakinan bahwa tugas utama manajemen pemasaran antara lain:
  • Mengembangkan konsep yang bertujuan untuk memuaskan dan melayani konsumen yang belum terpenuhi.
  • Riset kebutuhan konsumen.
  • Membuat desain produk.
  • Uji validitas konsep produk.
  • Mengembangkan kemasan dan branding.
  • Tetapkan harga untuk pengembalian investasi yang solid.
  • Kelola distribusi.
  • Menjalin komunikasi pemasaran yang efektif dengan berbagai media.
  • Fokus pada kepuasan pelanggan.
Mengevaluasi dan terus mengembangkan rencana pemasaran berdasarkan hasil.
Konsep manajemen pemasaran juga telah berkembang, awalnya sering digunakan untuk memonopoli departemen pemasaran, dan sekarang menjadi kegiatan untuk semua departemen perusahaan. Anda dapat memahami ini lebih baik dalam buku profesor Manajemen Pemasaran. PhD. Thamrin Abdullah, Ph.D. Fransiskus Tantri.