Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Manajemen Pemasaran

Proses Manajemen PemasaranBerikut ini adalah proses manajemen menurut Philip Kotler 1994, sebagai berikut:

Berikut ini adalah proses pemasaran yang sistematis:

1. Analisis peluang pasar

Penting untuk menganalisis lingkungan pemasaran dan menangkap setiap peluang kemungkinan perubahan apa pun.

2. Riset pemilihan pasar sasaran dan pekerjaan penentuan posisi pasar

Produk atau jaringan pasar harus dapat diprediksi dari setiap kelompok pasar sasaran. Selanjutnya, perusahaan harus mampu mengembangkan strategi positioning strategis dalam target pasarnya.

3. Mengembangkan strategi pemasaran

Perusahaan harus mengembangkan strategi diferensiasi dan positioning di pasar sasaran mereka. Perusahaan harus mampu menawarkan keistimewaan lain dari pesaingnya dan mampu memuaskan keinginan pelanggannya.

Perusahaan harus mampu memetakan lokasi produknya agar berada pada posisi yang lebih baik dari pesaingnya.

4. Perencanaan rencana pemasaran


Strategi pemasaran mencakup keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

5. Mengatur, melaksanakan dan mengendalikan upaya pemasaran

Organisasi mengacu pada pembentukan struktur, tenaga pemasaran, pembagian kerja yang jelas, dan koordinasi. Juga, bagaimana melatih, melatih, memotivasi dan mengevaluasi orang. Manajer perusahaan juga secara teratur menganalisis profitabilitas sebenarnya dari berbagai produk, kelompok pelanggan, dan saluran distribusi.