Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan Online Super Mudah

JUALAN ONLINE
jualan-online

Apa Itu Jualan Online?

Jual beli online disebut juga dengan online shopping, atau jual beli melalui media internet. Jual beli online sebagai satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik

Bagaimana Mekanisme dan Proses Jual Beli Online?

Dalam transaksi jual beli online biasanya telah didahului oleh penawaran jual beli. Sebelum itu mungkin terjadi penawaran secara online melalui website, situs di internet atau posting di mailing list atau news group dengan modul busines to busines atau busines to commerce

CARA JUALAN ONLINE
cara-jualan-online

Bagaimana Cara Jualan Online? 

Bisnis atau jualan online kini digandrungi oleh masyarakat. Tidak sedikit masyarakat dari kalangan manapun ingin memulai bisnis online. Hal ini dikarenakan melihat prospek yang bagus dengan menggaet calon pembeli dari manapun. Untuk itu, perlu dipelajari terlebih dahulu bagaimana cara memulai bisnis dan jualan online untuk pemula.

Perlu diketahui, semakin banyak persaingan, maka pemula juga dituntut untuk lebih kreatif ketika memulai jualan online. Tidak ada yang tidak mungkin meskipun baru memulai namun sudah dapat mendapatkan omset yang diinginkan.

Sebelum terjun ke dunia bisnis online, bagi sobat risetpasar.id sebagai pemula ada baiknya untuk mempelajari dulu kiat-kiatnya agar dapat menyesuaikan market dan target.

Tenang saja, Di sini, admin blog risetpasar.id akan rangkum beberapa cara memulai jualan online untuk pemula yang dapat Sobat risetpasar.id terapkan. Yuk simak bagaimana caranya!

1. Persiapkan mental sebelum memulai bisnis online

Pertama kali yang harus dipersiapkan oleh pemula untuk memulai jualan online adalah mental yang kuat. Mengingat persaingan yang begitu banyak, serta kemungkinan bisnis harus gulung tikar ketika kalah bersaing.

Jika Sobat risetpasar.id sebelumnya belum pernah berjualan online, hal ini tentunya menjadi tantangan yang harus dihadapi. Di awal-awal membangun bisnis, Sobat risetpasar.id akan menemukan kondisi ketika produk belum dilirik oleh konsumen hingga di bulan-bulan pertama tidak mendapat pemasukan yang diinginkan.

Hal tersebut wajar terjadi untuk semua orang yang merintis bisnis online maupun offline. Untuk itu mental kuat harus dimiliki oleh setiap pembisnis agar saat menemui kondisi tersebut, Sobat risetpasar.id dan Papa tidak patah semangat.

2. Menentukan produk apa yang ingin dijual

Menentukan produk yang ingin dijual dapat mulai dari apa yang Sobat risetpasar.id gemari atau kuasai. Atau dengan melihat kebutuhan masyarakat saat ini.

Tidak sedikit juga orang memulai jualan online dengan merujuk pada sesuatu yang sedang viral. Terkait hal tersebut, itu merupakan pilihan masing-masing orang.

Jika mengalami kesulitan untuk menentukannya, amati produk yang sudah lebih dulu dijual oleh orang lain, lalu lakukan modifikasi dan inovasi supaya produk sobat risetpasar.id dan papa memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri.

3. Menyusun rencana bisnis dengan baik

Cara memulai bisnis online bagi pemula selanjutnya yang dapat dilakukan ialah menyusun rencana bisnis yang akan dijalankan. Termasuk Di dalamnya menentukan nama toko, produk apa yang ingin dijual, berapa harga yang diterapkan.

Terlihat sepele untuk nama toko, tapi justru itulah yang menentukan ketertarikan konsumen dengan produk yang dijual.

Jangan lupa juga untuk menentukan bagaimana cara menjual produk tersebut, apakah langsung diiklankan ke sosial media atau perantara kerabat terdekat dulu untuk mendapatkan testimoni yang dapat dijadikan iklan

4. Menentukan supplier, lebih murah lebih baik

Setelah Sobat risetpasar.id mengetahui produk apa yang ingin dijual, langkah selanjutnya yaitu menentukan supplier. Carilah supplier yang memberikan harga murah, karena Sobat risetpasar.id nantinya akan mengambil dalam jumlah yang banyak.

Perlu sobat risetpasar.id ingat, Jangan hanya memiliki satu supplier saja, mengantisipasi jika barang yang Sobat risetpasar.id cari tidak ada, maka Sobat risetpasar.id dapat mengambil di supplier lain.

Pertimbangkan dengan baik supplier yang Sobat risetpasar.id pilih dari segi barang yang ditawarkan hingga ongkos pengiriman ke tempat sobat risetpasar.id.

Tidak hanya itu, kelengkapan dan stok barang di supplier juga perlu Sobat risetpasar.id perhatikan ya. Supaya ketika Sobat risetpasar.id ingin membeli dalam jumlah yang banyak, mereka memiliki stok yang cukup.

5. Menentukan harga jual produk


Biasanya untuk menentukan harga jual suatu produk dapat dihitung dari berapa banyak bahan yang digunakan untuk satu produk. Hitung dulu harga kotor produk, dari situ Sobat risetpasar.id dapat tambahkan dengan keuntungan yang ingin didapatkan. Hasil penggabungan dari keduanya itulah yang dapat dijadikan harga jual.

Tapi jika Sobat risetpasar.id mempunyai cara lain dalam menentukan harga jual dapat diterapkan ya. Salah satunya dengan melihat harga kompetitor. Sesuaikan harga jual dengan kualitas yang Sobat risetpasar.id berikan. Jangan hanya memberikan harga tinggi namun kualitas tidak baik.

Menentukan harga jual juga dapat ditentukan melalui biaya-biaya operasional selama pembuatan produk atau mendatangkan produk.

6. Mencari lokasi jualan

Saat ini sudah banyak sekali platform yang tersedia untuk memasarkan produk seperti Instagram, Facebook, bahkan WhatsApp juga dapat digunakan untuk berjualan. Tidak ketinggalan beberapa marketplace yang digunakan para pembisnis untuk memasarkan produknya.

Atau jika Sobat risetpasar.id berkeinginan untuk membuat website sendiri juga dapat. Banyak jasa yang dapat dipilih untuk membuatkan website bisnis sobat risetpasar.id.

7. Melakukan promosi produk jualan sesering mungkin

Karena bisnis sobat risetpasar.id terbilang baru, untuk itu jangan malu untuk terus melakukan promosi dan iklan di sosial media supaya produk sobat risetpasar.id lebih dikenal.

Membuat konten dengan rajin untuk mengenalkan produk jualan sobat risetpasar.id. Kalaupun Sobat risetpasar.id ternyata tidak sempat mengiklankan sendiri produk sobat risetpasar.id, ada pilihan lain yaitu membayar ke marketplace untuk menjadi premium member atau official store.

8. Mengelola arus kas keuangan

Dalam bisnis online, keuangan mungkin akan semakin sulit untuk dihitung karena sifatnya transparan. Keuangan dari konsumen masuk ke rekening ataupun e-wallet sobat risetpasar.id.Untuk itu penting sekali mengelola kas dengan baik.

Mengelola kas juga meliputi pembelian barang di supplier, menaikan harga jual misalnya, menentukan berapa anggaran promosi yang digunakan, serta biaya operasional.

Buatlah petty cash untuk memudahkan Sobat risetpasar.id mengatur keuangan. Dengan adanya petty cash, Sobat risetpasar.id dapat mengatur dan melihat pengeluaran yang masuk.

9. Melakukan evaluasi serta mengkaji ulang strategi jualan

Dalam berbisnis terutama jualan online, Sobat risetpasar.id harus sering melakukan evaluasi nantinya dengan performa toko, promosi dan juga produk yang dijual. Hal ini dilakukan supaya Sobat risetpasar.id dapat meningkatkan kualitas toko agar lebih baik lagi.

Evaluasi yang dilakukan juga untuk mengantisipasi adanya hal-hal tidak berguna yang harus segera diatasi. Sobat risetpasar.id dapat lakukan evaluasi secara rutin baik mingguan atau bulanan.

10. Tetap semangat

Dalam memulai bisnis dan jualan online terutama pemula, rasa bosan dan tidak percaya diri, atau hilang semangat pasti ada. Namun jangan jadikan itu semua berlarut-larut ya. Bisnis yang masih baru dibangun butuh sekali evaluasi dan promosi yang rutin, sehingga Sobat risetpasar.id harus tetap semangat.

Jangan berkecil hati ketika produk sobat risetpasar.id belum dilirik oleh konsumen, dengan terus memperbaiki kualitas produk, promosi rutin, pelan-pelan produk sobat risetpasar.id akan dikenal banyak orang.

Itulah beberapa cara jualan online untuk pemula yang dapat dilakukan supaya bisnis tetap jalan dengan baik dan laris manis.

JUALAN ONLINE YANG LAKU SETIAP HARI
jualan-online-yang-laku-setiap-hari

Memiliki usaha jualan online yang laku setiap hari merupakan keinginan setiap orang. Walaupun hal seperti itu tidak mudah, tapi bukan berarti hal tersebut mustahil terjadi. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, transaksi melalui jualan online terus meningkat pesat. Dari hal tersebut, kita dapat menentukan jenis produk apa yang dapat laku terjual setiap hari.

Mencari produk jualan yang dapat memberikan keuntungan besar dapat dikatakan cukup rumit. Ditambah lagi, selera pasar terkadang selalu berubah-ubah sehingga kita perlu strategi yang tepat saat akan menjual barang secara online.

Jika sobat risetpasar.id bingung mencari ide jualan online yang laku setiap hari, simak ulasannya di bawah ini.

1. Jualan sembako dan kebutuhan pokok

Salah satu ide jualan online yang laku setiap hari adalah menjual berbagai kebutuhan pokok dan bahan-bahan sembako.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan pokok adalah salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia. Kondisi pandemi saat ini membuat pembelian kebutuhan pokok dan sembako dapat dilakukan secara online.

Beberapa misal kebutuhan pokok dan sembako yang sering laku adalah beras, gula, telur, minyak, mie instan, dan lain-lain. Sobat risetpasar.id juga tidak perlu mematok harga yang tinggi karena produk tersebut sangat dicari oleh pelanggan.

2. Jualan produk perawatan dan kecantikan

Bagi wanita, produk perawatan dan kecantikan tidak dapat lepas dari kehidupan. Dapat dikatakan, kedua produk tersebut sangat krusial untuk dapat memperindah dan mempercantik penampilan. Hal tersebut dapat sobat risetpasar.id manfaatkan untuk ide jualan online yang laku setiap hari selanjutnya.

Jika sobat risetpasar.id ingin menjual produk perawatan dan kecantikan, pastikan untuk selalu mengikuti trend yang tengah populer saat ini. Kalau perlu, sobat risetpasar.id dapat melihat konten-konten produk perawatan melalui media sosial. Beberapa produk perawatan yang sering laku antara lain lipstik, foundation, bedak, eyeshadow, hingga blush on.

3. Jualan perlengkapan rumah tangga


Perlengkapan rumah tangga juga termasuk salah satu produk jualan online yang laku setiap hari. Tidak jauh berbeda dengan bahan pokok sebelumnya, perlengkapan rumah tangga ini termasuk ke dalam kebutuhan dasar yang perlu untuk dipenuhi.

Dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Hal itu membuat perlengkapan rumah tangga pun sangat dibutuhkan.

Tidak hanya digunakan secara fungsional, keberadaan perlengkapan rumah tangga ini juga menambah estetika sebagai aksesori di dalam rumah.

Misalnya adalah rak susun minimalis, sprei, bed cover, lampu unik, dan masih banyak lagi. Perlengkapan rumah tangga ini juga disesuaikan dengan trend yang tengah populer saat ini.

4. Jualan produk kesehatan

Kondisi pandemi membuat banyak orang menyadari bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting. Hal itu dapat sobat risetpasar.id jadikan sebagai ide jualan online yang laku setiap hari selanjutnya.

Berbagai produk kesehatan yang sangat diincar banyak orang biasanya adalah masker dan vitamin. Dapat dikatakan, menjual masker dan suplemen makanan dapat dijual secara perorangan.

Selain itu, produk lainnya seperti hand sanitizer juga cukup laris selama pandemi. Sobat risetpasar.id dapat menjual produk tersebut dengan berbagai ukuran dengan harga yang sewajarnya.

Jika memungkinkan, sobat risetpasar.id juga dapat menjual alat-alat kesehatan lainnya seperti termometer, oximeter, alat pengukur tekanan darah, hingga obat P3K.

5. Jualan makanan dan minuman

Dapat dikatakan, bisnis makanan dan minuman sering dilakukan oleh pengusaha yang masih pemula. Selain pasarnya luas, makanan dan minuman ini termasuk produk jualan online yang laku setiap hari. Ditambah lagi, dengan keberadaan aplikasi pesan antar membuat penjualan makanan dan minuman kini lebih mudah.

Selain menjual makanan dan minuman siap santap, sobat risetpasar.id juga dapat menjual produk tersebut dengan versi lainnya. Misalnya seperti frozen food atau makanan beku yang kuat disimpan di dalam freezer.

Jika sobat risetpasar.id tidak mau repot-repot membangun brand makanan dari awal, sobat risetpasar.id juga dapat menjadi reseller atau dropshipper pada produk yang sudah dikenal. Hal tersebut membuat sobat risetpasar.id memiliki keuntungan berlipat dibanding membangun bisnis dari awal.

6. Jualan gadget

Perangkat komunikasi juga menjadi barang yang sangat dibutuhkan saat ini. Hal itu dikarenakan, banyak pelajar dan pekerja yang harus melakukan kegiatan secara online. Maka dari itu, menjual produk gadget juga dapat termasuk ke dalam ide jualan online yang laku setiap hari dan menguntungkan selanjutnya.

Salah satu gadget yang sering diincar adalah smartphone. Dapat dikatakan, model smartphone selalu datang hampir setiap bulan. Hal tersebut membuat konsumen juga sering ingin membelinya saat peluncurannya tiba. Selain smartphone, sobat risetpasar.id juga dapat menjual berbagai aksesori smartphone lainnya seperti charger, kabel data, earphone, dan lain-lain.

7. Jualan perlengkapan hewan peliharaan

Perlengkapan hewan peliharaan juga termasuk ke dalam produk jualan online yang laku setiap hari. Dengan adanya peningkatan jumlah hewan peliharaan, hal tersebut juga berpengaruh pada barang-barang kebutuhannya. Di bagian inilah sobat risetpasar.id dapat memanfaatkan kondisi tersebut sebagai bisnis yang menjanjikan.

Untuk menjual perlengkapan hewan peliharaan, sobat risetpasar.id dapat menentukan dulu hewan mana yang akan difokuskan. Beberapa perlengkapan hewan peliharaan yang sangat laku adalah kucing, anjing, ikan, hamster, hingga kelinci. Selain makanan, sobat risetpasar.id juga dapat menjual berbagai kebutuhan hewan lainnya seperti tempat tidur, keranjang, mainan, dan lain sebagainya.

8. Jualan alat olahraga

Produk jualan online yang laku setiap hari lainnya adalah alat-alat olahraga. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kondisi pandemi membuat banyak orang menjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kebugaran badan adalah membeli alat olahraga.

Jika sobat risetpasar.id perhatikan, saat pandemi seperti sekarang ini, sepeda lipat menjadi trend tersendiri untuk pilihan berolahraga. Hal tersebut juga membuat peluang menjual alat olahraga secara online begitu besar.

Tidak jauh beda dengan poin sebelumnya, sobat risetpasar.id dapat coba menjadi reseller atau dropshipper untuk menjual alat olahraga ternama. Hal tersebut membuat kita mudah menemukan calon konsumen dari pada harus menjual dari awal.

9. Jualan produk bayi dan anak

Berbagai produk bayi dan anak-anak begitu diminati oleh konsumen. Banyak orang tua yang ingin membeli kebutuhan bayi namun terhalang oleh waktu dan kondisi pandemi. Hal itu membuat penjualan produk bayi dan anak secara online dapat laku setiap hari.

Beberapa rekomendasi produk bayi yang cukup laris dpasaran antara lain yaitu, mainan bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, baju, hingga popok.

Sedangkan produk anak yang cukup laris antara lain seperti pakaian dan mainan anak. Selain itu, beberapa makanan khusus bayi juga banyak diincar oleh konsumen sehingga hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis selanjutnya.

10. Jualan pakaian

Produk jualan online yang laku setiap hari selanjutnya adalah pakaian. Dapat dikatakan, produk pakaian masih menjadi jenis kebutuhan dengan permintaan banyak saat ini.

Secara umum, pakaian untuk wanita lebih banyak diincar di marketplace dibandingkan pakaian untuk pria. Hal tersebut memudahkan sobat risetpasar.id dalam menentukan produk yang akan dijual.

Untuk penjualan pakaian, pastikan sobat risetpasar.id selalu mengikuti trend fashion saat ini. Cara termudah mengetahui untuk trend tersebut adalah dengan mengikuti media sosial para influencer.

Jika sobat risetpasar.id masih pemula, cobalah untuk menjadi reseller atau dropshipper agar peluang untuk mendapatkan konsumen semakin besar.

Demikianlah daftar jualan online yang laku setiap hari dan menguntungkan. Semoga artikel ini dapat membuat sobat risetpasar.id mendapatkan inspirasi untuk bisnis online.

JUALAN ONLINE TANPA MODAL
jualan-online-tanpa-modal

Bagaimana cara jualan online tanpa modal?

Untuk sobat risetpasar.id yang sedang mencari ide jualan online tanpa modal, simak ulasannya di bawah ini.

1. Dropshipper

Usaha dropship termasuk jualan online yang dapat dilakukan tanpa mengeluarkan modal. Inti dari usaha ini adalah sobat risetpasar.id menjual barang atas nama sobat risetpasar.id, namun barangnya dikirimkan oleh pihak lain. Maka dari itu, hal yang perlu sobat risetpasar.id lakukan hanya promosikan barang melalui media sosial.

Ketika ada barang yang terjual, maka sobat risetpasar.id akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan dengan pihak supplier.

Banyaknya perusahaan marketplace di Indonesia membuat kebutuhan dropship juga sangat kencang. Apalagi, modal yang diperlukan hanya smartphone dan jaringan internet saja. Keunikan dari dropship ini adalah sobat risetpasar.id tidak perlu menyetok barang sehingga mengurangi biaya operasional.

2. Blogger

Membuat blog atau website adalah salah satu usaha jualan online tanpa modal yang dapat sobat risetpasar.id coba. Setelah membuat blog atau website, sobat risetpasar.id dapat menjual tulisan sobat risetpasar.id atau lanjut memasang Google Adsense untuk dapat mendapatkan penghasilan tambahan.

Google Adsense ini adalah layanan Google yang terkait dengan penampilan iklan. Saat pembaca mengeklik artikel yang terdapat Google Adsense, maka sobat risetpasar.id dapat mendapatkan uang. Semakin banyak orang yang membaca artikel yang sobat risetpasar.id buat, maka semakin banyak uang yang didapatkan.

3. Kursus Online

Kondisi pandemi saat ini membuat hampir semua kegiatan harus dilakukan di rumah. Hal itu dapat membuat sobat risetpasar.id berkesempatan membuka usaha jualan online tanpa modal seperti menyediakan layanan kursus online.

Kondisi pelajar yang harus sekolah secara online atau daring dirasa masih kurang oleh orang tua. Hal itu membuat kursus online ini dapat menjadi peluang usaha menguntungkan saat ini.

Modal yang diperlukan pun tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, yakni kuota internet dan juga smartphone atau laptop. Selain untuk pelajar, sobat risetpasar.id juga dapat membuka usaha kursus online lainnya seperti pembuatan website, beriklan, desain grafis, dan masih banyak lagi.

4. Survei Berbayar

Jualan online tanpa modal lainnya yang dapat sobat risetpasar.id coba adalah mengikuti survei berbayar. Saat ini, cukup banyak situs-situs online yang akan membayar pengguna setelah mengisi survei. Cara yang satu ini tidak perlu menggunakan modal karena hal yang perlu sobat risetpasar.id siapkan hanyalah smartphone atau laptop serta kuota internet.

Dari sisi teknisnya, sobat risetpasar.id hanya perlu mengikuti berbagai survei yang disediakan di dalam situs tersebut. Setelah itu, sobat risetpasar.id tinggal kumpulkan poin sebanyak mungkin yang nantinya dapat ditukar menjadi uang. Meskipun begitu, sobat risetpasar.id harus hati-hati jika ada potensi penipuan. Maka dari itu, sebaiknya pelajari dulu ketika menggunakan survei berbayar.

5. Admin Media Sosial

Admin media sosial juga kerap menjadi ide jualan online tanpa modal yang dapat sobat risetpasar.id coba. Jika sobat risetpasar.id sudah paham dengan cara menggunakan media sosial, usaha ini dapat dicoba.

Dalam beberapa tahun terakhir, profesi admin media sosial ini begitu banyak diperlukan oleh perusahaan. Hal itu dikarenakan, mereka menyadari bahwa media sosial ini sangat berpotensi meningkatkan penjualannya.

Sobat risetpasar.id dapat mencari informasi admin media sosial melalui situs freelancer. Hal yang perlu diperhatikan saat menjadi admin media sosial adalah selalu asah kemampuan dalam pembuatan konten menarik.

6. Penerjemah (Transleter)

Salah satu jualan online tanpa modal yang cukup disukai banyak orang adalah menjadi penerjemah.

Jika sobat risetpasar.id memiliki kemampuan penerjemahan bahasa asing yang baik, tidak ada salahnya mencoba usaha ini. Apalagi, beberapa perusahaan cukup banyak yang membutuhkan jasa penerjemah dokumen dari bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

Cobalah bergabung dengan situs freelancer yang cukup banyak di Indonesia. Di sana, cukup banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan jasa penerjemah ini. Sobat risetpasar.id dapat mengumpulkan portofolio sehingga pengalaman tersebut berguna saat akan melamar kerja.

7. Jasa Desain Grafis

Jika sobat risetpasar.id memiliki keahlian dalam membuat desain grafis, cobalah membuka usaha yang satu ini. Profesi ini berbeda dengan poin jasa kursus sebelumnya. Di sini, sobat risetpasar.id benar-benar membuat desain grafis yang dipesan dari klien. Biasanya, klien lebih banyak memesan pembuatan logo atau gambar tertentu.

Tidak jauh berbeda dengan penerjemah, cara mendapatkan informasi pekerjaan desain grafis ini dapat didapatkan melalui situs freelancer. Di sana, cukup banyak perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan berbagai keahlian yang salah satunya desain grafis ini. Modal yang dibutuhkan pun dapat tablet, PC atau laptop, dan juga jaringan internet.

8. Influencer

Untuk menjadi influencer, sobat risetpasar.id tidak perlu menjadi seorang artis. Hal yang perlu sobat risetpasar.id perhatikan adalah jumlah followers media sosial yang sangat banyak.

Ditambah lagi, ada banyak bisnis kecil dan menengah yang membutuhkan seseorang untuk dapat mempromosikan produk dengan tarif yang terjangkau. Hal itulah yang membuat usaha termasuk usaha online tanpa harus mengeluarkan modal.

Cara untuk mengembangkan usaha ini dapat sobat risetpasar.id coba dengan bergabung bersama platform influencer lainnya. Biasanya, komunitas tersebut ditemukan di media sosial. Setelah itu, sobat risetpasar.id hanya perlu meningkatkan kemampuan marketing agar produk tersebut benar-benar dibeli oleh calon konsumen.

9. Youtuber

Profesi youtuber tengah populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal itu dikarenakan, banyak sekali orang-orang dan bahkan para selebritis yang terjun sebagai youtuber.

Percaya atau tidak, menjadi youtuber dapat memperoleh penghasilan yang tidak sedikit. Beberapa peralatan yang perlu sobat risetpasar.id perlukan hanyalah kamera, laptop, komputer, atau smartphone, dan juga kuota internet yang berlimpah.

Membuat akun Youtube sebenarnya gratis dan sepaket dengan akun Google. Hal yang perlu sobat risetpasar.id perhatikan saat menjadi youtuber adalah mencari topik yang sesuai dengan hobi.

Ketika sobat risetpasar.id sudah menemukan topik video yang akan dibuat, tinggal kreasikan sesuai keinginan. Kunci sukses saat menjadi youtuber adalah konsisten dan tidak melanggar aturan di dalam Youtube itu sendiri.

10. Bergabung dengan marketplace

Jualan online tanpa modal yang terakhir adalah bergabung dengan situs marketplace. Sobat risetpasar.id ingin jual pakaian, makanan, dan barang-barang lainnya tanpa harus bayar sewa tempat? Maka bergabung dengan marketplace adalah solusi terbaik.

Dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, membuka toko online di marketplace adalah ide bisnis online yang sangat menjanjikan. Apalagi, alat yang harus sobat risetpasar.id siapkan hanyalah smartphone dan koneksi internet untuk dapat terhubung dengan calon pembeli. Hal ini mengurangi banyak pengeluaran dibandingkan harus sewa tempat jualan.

Demikianlah daftar rekomendasi ide jualan online tanpa modal yang dapat dilakukan di rumah. Apa pun jenis usaha yang sobat risetpasar.id geluti, selalu ingat untuk terus berusaha, jangan cepat menyerah, dan selalu lakukan yang terbaik.

APLIKASI JUALAN ONLINE 
aplikasi-jualan-online
Apa aplikasi jualan online tanpa modal?

Seiring perkembangan zaman, kini sobat risetpasar.id dapat melakukan bisnis hanya menggunakan aplikasi jualan online. Dengan adanya aplikasi tersebut, kita dapat dengan mudah menjual barang dagangan kita tanpa harus menyewa atau bahkan membuat tempatnya secara khusus.

Cukup dengan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet, kita dapat menjual barang dengan beberapa kali klik saja.

Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi jualan online juga memberikan kemudahan pada kita, misalnya saja seperti tanpa perlu mengeluarkan modal. Hal yang perlu sobat risetpasar.id butuhkan hanyalah kuota internet dan persiapan untuk berjualan.

Nah, untuk sobat risetpasar.id yang baru mau memulai bisnis dan sedang mencari aplikasi jualan online tanpa modal, simak ulasannya di bawah ini.

1. Bandros

Aplikasi jualan online tanpa modal yang pertama dapat sobat risetpasar.id coba adalah Bandros. Brandos sendiri merupakan platform khusus untuk dropship.

Aplikasi yang satu ini dibuat sebagai upaya mendorong para supplier lokal untuk dapat terus berkembang dengan menghasilkan barang siap dijual. Maka dari itu, Bandros cocok untuk sobat risetpasar.id yang tidak ingin mengeluarkan banyak modal usaha.

Pada dasarnya, Bandros tidak memiliki website toko online, akan tetapi aplikasi ini sering memberikan penghargaan untuk para anggotanya yang sudah bergabung.

Fitur keunggulan yang diberikan Bandros antara lain tracking order untuk pengecekan status pesanan, SMS resi secara otomatis, serta terdapat poin dan hadiah yang dapat meningkatkan penjualan, trik marketing lengkap, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. ContactinBio

Berikutnya ada aplikasi jualan online yang juga dapat sobat risetpasar.id coba seperti ContactinBio. Konsepnya mirip dengan aplikasi Linktree, yakni pengguna cukup tempelkan link atau tautan pada media sosial dan tunggu sampai calon konsumen mengeklik tautan tersebut.

Jika tautan ContactinBio diklik, maka muncul berbagai tautan lainnya yang salah satunya adalah tempat sobat risetpasar.id berjualan.

Kelebihan dari salah satu aplikasi jualan online ini adalah dapat mengirimkan pesan pada akun ContactinBio itu sendiri. Hal tersebut membuat sobat risetpasar.id tidak akan terganggu oleh email maupun Whatsapp dengan spamming pesan.

Selain itu, para admin juga dapat mengelola sosial media kita untuk dapat memilah mana pesan yang akan dibalas secara paralel.

3. Chosee

Chosee juga dapat sobat risetpasar.id gunakan sebagai aplikasi jualan online tanpa modal. Aplikasi Chosee adalah salah satu platform Android yang membantu sobat risetpasar.id agar dapat mendapatkan uang tambahan dengan melakukan penjualan. Bahkan, sobat risetpasar.id dapat melakukan penjualan di mana pun dan kapan pun meskipun sedang berada di luar kota.

Hebatnya lagi, sobat risetpasar.id tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk berjualan di Chosee ini. Sebab, barangnya sudah ada di dalam aplikasinya dan yang perlu sobat risetpasar.id lakukan adalah hanya menjualnya saja. Misal, jika sepatu berharga Rp40.000, maka sobat risetpasar.id dapat jual Rp50.000 dan Rp10.000 adalah keuntungannya.

4. Everlink

Everlink merupakan aplikasi jualan online dengan konsep tautan seperti pada poin kedua. Keunikan dalam menggunakan Everlink ini adalah sobat risetpasar.id dapat menempatkan tautan pada berbagai situs mana pun baik itu media sosial atau pada video sekalipun (seperti Youtube).

Keunggulan dari Everlink ini adalah dilengkapi dengan editor “What You See Is What You Get”. Hal tersebut membuat aplikasi jualan online ini cocok untuk memasarkan produk tanpa terlihat seperti sedang iklan.

5. Google Bisnis

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Google Bisnis dapat digunakan sebagai aplikasi jualan online tanpa modal. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini berasal dari Google dan sobat risetpasar.id dapat memasarkan produk, sehingga dapat menjangkau konsumen baik itu di dalam negeri maupun global.

Keuntungan yang didapatkan saat memakai Google Bisnis ini adalah sobat risetpasar.id dapat membatasi calon konsumen yang diinginkan pada wilayah tertentu. Dengan begitu, orang-orang di sekitar dapat mengetahui tempat sobat risetpasar.id melakukan usaha. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui lokasi tempat usaha sekaligus review dari para pelanggan yang sudah pernah datang.

6. Rezeki Apps

Mencari aplikasi jualan online sekaligus belajar bisnis? Maka, Rezeki Apps dapat sobat risetpasar.id coba. Aplikasi yang satu ini seperti menggabungkan konsep bisnis antara belajar dan juga praktiknya. Bahkan, sobat risetpasar.id dapat melihat praktek secara langsung yang dilakukan oleh para ahlinya.

Untuk dapat melakukan jualan online, aplikasi Rezeki Apps juga memberikan ruang untuk para pengguna agar dapat berjualan dengan sangat mudah. Tentunya, sobat risetpasar.id tidak perlu mengeluarkan banyak modal di aplikasi tersebut.

7. Milkshake.app

Dapat dikatakan, aplikasi jualan online yang bernama Milkshake.app ini adalah pemain baru. Meskipun begitu, Milkshake.app memungkinkan kita untuk dapat membuat website ke dalam profil media sosial kita, khususnya Instagram.

Seperti sebuah website secara profesional, kita dapat memasukkan banyak kalimat, foto, sampai musik yang sering kita dengarkan. Ditambah lagi, sobat risetpasar.id dapat memasang barang-barang untuk jualan online tanpa mengeluarkan modal besar. Sebab, menggunakan Milkshake.app ini dapat digunakan secara cuma-cuma.

8. Sirclo

Masih seputar pembuatan website, Sirclo juga dapat menjadi alternatif aplikasi jualan online tanpa modal. Di dalam aplikasi ini terdapat template seperti web marketplace sehingga sobat risetpasar.id dapat melakukan jual-beli dengan sangat mudah.

Sobat risetpasar.id dapat memanfaatkan aplikasi Sirclo untuk membuat website online tanpa harus menyewa domain alias gratis.

Ditambah lagi, Sirclo dapat membantumu untuk menjual barang dagangan yang sobat risetpasar.id jual pada marketplace besar. Tentunya hal tersebut dapat memudahkan sobat risetpasar.id dalam memasarkan dagangan ke pasar global dengan cara yang mudah dan cepat.

9. RateS

Dapat dikatakan, RateS adalah aplikasi jualan online tanpa modal yang sudah cukup lama berada di Indonesia. Aplikasi reseller ini sering digunakan oleh ibu rumah tangga, pelajar, dan juga pedagang grosiran untuk dapat memulai usaha tanpa harus mengeluarkan modal.

Keunikan dari aplikasi RateS ini adalah dapat mempromosikan berbagai macam barang mulai dari baju, kosmetik, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi, sobat risetpasar.id dapat memasarkan barang secara ecer atau juga paket untuk sesama pengguna aplikasi RateS. Hal tersebut tentunya semakin menguntungkan kita dalam mencari calon pelanggan dengan sangat mudah.

10. Usaha Belajar

Selanjutnya ada aplikasi jualan online yang unik bernama Usaha Belajar. Dapat dikatakan, aplikasi yang satu ini sangat unik karena diperuntukkan pada pelajar yang ingin melakukan bisnis kecil-kecilan tanpa mengeluarkan banyak modal. Dengan begitu, aplikasi Usaha Belajar ini menjadi jembatan antara pelaku usaha dan juga pelajar untuk mendapatkan penghasilan.

Dengan aplikasi ini, sobat risetpasar.id dapat menemukan berbagai jenis bisnis yang sering digunakan oleh para pelajar seperti token pulsa, voucher game, kuota internet, biaya berlangganan aplikasi film, dan lain-lain. Tentunya yang perlu sobat risetpasar.id lakukan adalah menjual barang-barang tersebut dan akan mendapatkan komisi jika berhasil terjual.

Demikianlah informasi tentang daftar aplikasi jualan online tanpa modal yang dapat sobat risetpasar.id coba. Dari ulasan di atas, kita dapat melihat bahwa siapapun dapat membuka bisnis baru tanpa harus mengeluarkan biaya modal yang besar.