Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Pinjaman PNM ULaMM

Syarat pinjaman PNM ULaMMPNM menggunakan ULAMM (Unit Pelayanan Permodalan Mikro) sebagai pemberi pinjaman modal bagi UMKM. Selain pinjaman dalam bentuk tunai, ULAMM juga memberikan layanan pendampingan, konsultasi dan pelatihan pengelolaan keuangan kepada para kliennya.
https://www.risetpasar.id/2022/04/syarat-pinjaman-pnm-ulamm.html

SYARAT PINJAMAN PNM ULAMM

Apa saja persyaratan untuk mengajukan pinjaman di PNM ULAMM? Simak pengantarnya di bawah ini:

1. Warga Negara Indonesia

Syarat utama pinjaman di ULaMM adalah Kewarganegaraan Indonesia atau WNI. PNM ULAMM didirikan untuk pembangunan ekonomi rakyat Indonesia. Oleh karena itu, orang asing tidak berhak berdagang melalui unit jasa modal kecil ini.

Bukti nyata status sebagai warga negara Indonesia yang sah dapat dibuktikan dengan izin tinggal atau KTP dan kartu keluarga. Jika calon klien sudah memiliki ID, mereka dapat bertransaksi dengan ULAMM. Tidak hanya KTP, calon klien juga harus memenuhi persyaratan lainnya.

2. Miliki bisnis dan siap diselidiki

Selain bukti domisili sebagai warga negara Indonesia, syarat selanjutnya untuk mengajukan pinjaman di ULAMM adalah memiliki usaha atau ingin memulai usaha. Sesuai dengan nama programnya, pinjaman ULAMM didedikasikan untuk memberikan layanan pinjaman modal kepada usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM.

Kepemilikan dan rencana usaha dapat dibuktikan melalui izin usaha dari perangkat desa atau kecamatan setempat. Di kemudian hari, Small Capital Services akan melakukan survei terkait lokasi usaha. Untuk pemilik bisnis yang sedang berjalan, bisnis tersebut telah berjalan setidaknya selama satu tahun. Usaha yang dapat dijalankan dapat berupa bidang produksi, jasa atau bisnis.

3. Menyiapkan aset/jaminan aset

Persyaratan selanjutnya untuk mengajukan pinjaman di PNM ULAMM adalah menyiapkan agunan berupa barang tetap atau bergerak atau aset seperti kendaraan, rumah dan tanah. Jaminan aset harus dipenuhi untuk memastikan keseimbangan yang diharapkan antara jumlah pinjaman dan nilai bisnis yang ditawarkan sebagai syarat.

Unit Layanan Pinjaman Modal ULAMM kemudian akan mempertimbangkan jumlah total jaminan aset yang tersedia. ULAMM akan menilai potensi nilai bisnis dan potensi keuntungan dari pinjaman yang diajukan. Setelah berbagai tahapan proses perhitungan aset hipotek selesai, pemilik modal akan diberikan kisaran jumlah pinjaman yang sesuai.

4. Kelengkapan dokumen administrasi

ULAMM juga memberikan persyaratan berupa integritas dokumen penting sebelum proses pinjaman modal direalisasikan. Selain dokumen penting dalam identitas individu, calon klien juga perlu menyiapkan dokumen terkait pendapatan ekonomi utama.

Beberapa lembar identitas diperlukan, seperti KTP, akta nikah (jika ada), dan kartu keluarga. Adapun dokumen lain seperti fotokopi NPWP, Surat Izin Usaha (SKU), buku tabungan bulan terakhir, surat keterangan pajak tahun lalu, rekening listrik bulan lalu dan surat jaminan (sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

5. Pembayaran modal

Setelah persyaratan di atas terpenuhi, klien dapat mulai mencairkan dana pinjaman. Pihak ULAMM telah melakukan uji kelayakan atas jaminan tersebut dan telah melakukan berbagai pertimbangan dan kajian yang akan menjadi pedoman bagi debitur dalam proses pencairan dananya. Selama proses pembayaran, debitur atau pelanggan harus mengisi beberapa data dan kekosongan yang terkait dengan sistem pembayaran.

Saat pembayaran terjadi, PNM ULAMM juga akan memberikan layanan konsultasi gratis kepada nasabah yang telah meminjam dana. Klien akan menerima jadwal konsultasi serta pelatihan khusus tentang pekerjaan pengembangan bisnis untuk keuntungan masa depan.

Demikianlah penjelasan tentang syarat mengajukan pinjaman di PNM ULAMM dan mudah dipenuhi. Ibukota Negara Madani atau PNM tidak akan menawarkan kondisi yang akan menyusahkan rakyat Indonesia. PNM mendirikan ULAMM untuk perekonomian Indonesia dari sekarang hingga masa depan yang cerah.