Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Langkah-Langkah Melakukan Riset Pemasaran

Bisnis yang baik harus melalui riset pasar. Sebab, dengan riset ini, Anda bisa menemukan target pasar dan mengukur seberapa besar penjualan yang bisa Anda hasilkan. Jadi, apa itu riset pemasaran?

Riset pemasaran adalah suatu kegiatan riset di bidang pemasaran yang hasilnya digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan tertentu. Melalui penelitian ini, manajemen perusahaan dapat mengidentifikasi area untuk perbaikan berdasarkan informasi yang akurat dan memahami strategi pemasaran mana yang masih perlu diterapkan.

Riset pemasaran harus dilakukan secara sistematis, mulai dari perumusan pertanyaan, perumusan tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, hingga penyusunan laporan hasil akhir penelitian. Lihat pembahasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN RISET PEMASARAN

1. Rumuskan pertanyaan

Hal pertama yang dilakukan riset pemasaran adalah mendefinisikan masalahnya. Proses merumuskan pertanyaan ini memegang peranan yang sangat penting agar nantinya Anda dapat memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang ingin Anda capai. Seperti yang kita ketahui bersama, penelitian adalah proses menghasilkan informasi yang akurat sebagai dasar untuk mengambil tindakan atau memecahkan beberapa masalah dalam bisnis.

Misalnya, masalah Anda adalah menentukan biaya promosi atau iklan. Jadi rumusan pertanyaan Anda adalah bagaimana cara mengetahui biayanya. Dan temuan Anda harus menghasilkan kisaran biaya iklan atau promosi yang paling diinginkan. Jadi, ini adalah langkah awal dalam melakukan riset pemasaran.

2. Tentukan desain penelitian

Desain penelitian adalah proses bagaimana mengumpulkan data, bagaimana menguji hipotesis, dan kemungkinan pengumpulan kuesioner dengan berbagai metode yang diinginkan. Penentuan desain penelitian seringkali tergantung pada parameter yang menentukan hasil akhir penelitian. Dimulai dengan desain riset, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset pemasaran.

3. Merancang metode pengumpulan data

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data mentah utama yang Anda butuhkan, biasanya diambil langsung dari lapangan. Data tambahan, di sisi lain, adalah data pendukung yang biasanya diambil dari buku atau referensi lain. Kedua angka tersebut termasuk riset pemasaran yang wajib Anda ketahui.

4. Pengambilan sampel dan pengumpulan data

Beberapa metode pengumpulan data yang dapat Anda gunakan adalah wawancara, observasi lapangan, kuesioner atau studi dokumen penelitian sejenis lainnya. Hasil pendataan tersebut kemudian perlu dikompilasi ke dalam database. Nah, ini adalah langkah riset pemasaran yang sangat penting. Karena, wawancara mendalam jelas merupakan keuntungan.

5. Melakukan analisis dan interpretasi data

Data yang telah terkumpul kemudian perlu dianalisis dan diinterpretasikan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Mulai dari penyuntingan, pengkodean, tabulasi, analisis statistik, dan interpretasi data. Hasil analisis dan interpretasi data ini akan menjadi dasar bagi laporan penelitian Anda. Ini adalah langkah kelima dalam melakukan riset pemasaran.

6. Menyiapkan laporan penelitian

Laporan penelitian merupakan hasil akhir dari proses penelitian yang telah Anda lakukan. Laporan penelitian ini dapat berupa temuan penelitian, kesimpulan atau rekomendasi penelitian. Setelah itu, laporan penelitian akan dijadikan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan atau pemecahan masalah tertentu. Jadi, ini adalah langkah terakhir dalam melakukan riset pemasaran.

FUNGSI RISET PEMASARAN

Riset pemasaran memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

Evaluasi: Fungsi ini digunakan untuk mengevaluasi program pemasaran yang telah dijalankan sebelumnya. Dengan fitur ini, Anda akan mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Mengevaluasi fungsionalitas juga diperlukan ketika perusahaan ingin membandingkan positioning mereknya dengan produk pesaing.

Memahami: Fitur ini dirancang untuk lebih memahami kebutuhan konsumen. Untuk menjalankan fungsi ini, penelitian biasanya dilakukan pada perilaku dan kebiasaan konsumen, serta harapan dan keluhan tentang produk Anda.

Prakiraan: Fitur ini dirancang untuk memprediksi kondisi pasar di masa depan atau menyiapkan tindakan pencegahan untuk situasi tertentu.

Demikianlah penjelasan tentang riset pemasaran. Anda perlu mengetahuinya agar bisnis Anda dapat terus berkembang. Jika Anda memahami riset pemasaran, Anda siap untuk mengembangkan bisnis Anda. Agar penjualan online di masa mendatang berjalan dengan lancar dan efisien, pastikan Anda dapat menawarkan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan Anda.