Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli. Membahas pengertian komunikasi pemasaran dapat digambarkan dengan hubungan antara komunikasi dan pemasaran, karena komunikasi pemasaran merupakan gabungan dari dua kajian yaitu komunikasi dan pemasaran.

Secara umum, komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknik komunikasi yang dirancang untuk memberikan informasi kepada banyak orang dengan tujuan meningkatkan pendapatan (profit) perusahaan.
https://www.risetpasar.id/2022/04/komunikasi-pemasaran-menurut-para-ahli.html

Philip Kotler (2001) mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi banyak barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi. Sedangkan menurut para ahli, komunikasi telah dijelaskan dalam pengertian komunikasi.

Untuk memperdalam pemahaman tentang pengertian komunikasi pemasaran, berikut adalah penjelasan berdasarkan beberapa pendapat para ahli terkait dengan pengertian komunikasi pemasaran:

Terence A. Shimp (2003:4) menganggap komunikasi pemasaran atau konsep komunikasi pemasaran sebagai aspek penting dari keseluruhan misi pemasaran dan penentu keberhasilan pemasaran.

Sutisna dari Amir Purba dkk (2006: 126-127) menjelaskan bahwa konsep komunikasi pemasaran merupakan upaya untuk menyampaikan nasehat kepada masyarakat khususnya konsumen tentang diferensiasi produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang menggunakan bauran pemasaran untuk mencapai produk, jasa, dan ide, yaitu periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan publisitas (publik). hubungan dan publisitas) dan pemasaran langsung.

William G. Nickles dalam Amir Purba, dkk (2006: 126) mendefinisikan komunikasi pemasaran sebagai proses pertukaran informasi secara persuasif sehingga proses pemasaran dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

Komunikasi pemasaran adalah suatu bentuk komunikasi yang dirancang untuk meningkatkan strategi pemasaran untuk mencapai segmentasi yang luas (Soemanagara, 2006: 4-5).

Beberapa literatur menyamakan arti istilah promosi dengan komunikasi pemasaran. Crosier menjelaskan bahwa istilah tersebut sinonim karena ada kesamaan pemahaman konteks dalam memahami 4Ps atau konteks produk, harga, lokasi dan promosi (Prisgunanto, 2006: 9).

Dapat dikatakan bahwa pemasaran memfasilitasi proses komunikasi dan pengembangan hubungan dengan konsumen dengan mengamati secara cermat kebutuhan dan keinginan mereka, kemudian mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen, serta menawarkan dan mendistribusikan produk dengan harga tertentu sehingga dapat ditemukan di pasar. Dibeli di pasar. - Lokasi pasar dari produk yang relevan. Untuk itu diperlukan promosi atau komunikasi untuk meningkatkan awareness dan minat konsumen terhadap produk yang bersangkutan. Proses ini dikenal dengan bauran pemasaran atau disingkat 4 P's (Morissan, 2010:5).

Beberapa ahli menempatkan komunikasi pemasaran di bawah periklanan dan promosi, tetapi saat ini, komunikasi pemasaran menjadi bentuk komunikasi yang lebih kompleks dan berbeda. Oleh karena itu, banyak sarjana dan praktisi mendefinisikan pemasaran sebagai semua elemen promosi dari bauran pemasaran, yang melibatkan berbagai bentuk komunikasi antara organisasi dan target audiens, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemasaran (Prisgunanto, 2006: 8).

Demikian definisi komunikasi pemasaran menurut para ahli. Saya berharap berguna untuk Anda.