Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Strategi Pemasaran Produk Minuman

Contoh Strategi Pemasaran Produk MinumanMinuman merupakan produk makanan dan minuman yang sedang berkembang pesat yang menarik banyak perhatian hingga saat ini. Minuman modern seperti kopi, boba atau lainnya telah menjadi trend dan gaya hidup yang melekat pada anak muda. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas contoh strategi pemasaran produk minuman.

Dalam setiap contoh yang akan kita bahas, ada model atau proses pemasaran yang kurang lebih sama, dimulai dengan positioning pasar, mengidentifikasi produk, membuat produk yang Anda sukai, branding, dan akhirnya mempromosikan.

1. Lihat generasi

Minuman modern adalah jenis minuman yang ditujukan untuk generasi muda, seperti generasi milenial atau Gen Z. Minuman modern seringkali memiliki nilai “prestise” yang bisa kita jual kepada pembeli. Milenial, atau Gen Z, adalah generasi dengan mentalitas “lihat generasi saya”, dengan keinginan kuat untuk dilihat, diperhatikan, dan diperhatikan.

Buktinya, kita bisa membuka media sosial seperti Instagram dan kita akan menemukan banyak update cerita atau foto-foto "narsis". Apa pun yang mereka lakukan, itu diposting di media sosial. Namun seiring waktu, standar "Alay" muncul di kalangan netizen. Jadi mereka milenial dan Gen Z hanya mengunggah foto yang menurut mereka keren.

Misalnya, lansekap kerja keras. Kita milenial dan Gen Z harus punya ini dan itu di usia muda. Tidak heran kita secara tidak sadar merasa bangga jika kita bekerja terlalu keras. Misalnya, “Aku kerja lembur!”, “Aku gila, aku belum tidur selama 3 hari!” dan seterusnya.

2. Identifikasi target pasar minuman saat ini

Strategi pemasaran produk minuman kontemporer pertama, ilustrasi di atas akan menggambarkan target pasar dari strategi pemasaran produk minuman saat ini. Setelah kita memahami target pasar yang luas, kita perlu mempersempit target scoop ke pasar yang lebih spesifik. Ini dirancang untuk mengurangi upaya dan biaya yang harus dikeluarkan, dan meningkatkan tingkat konversi.

"Jual apa yang berhasil, bukan apa yang tersedia". Kita harus mematuhi peraturan ini sebelum mengidentifikasi target pasar atau produk. Jangan sampai memilih target pasar yang suka boba hanya karena bisa jadi boba.

Jika Anda melakukannya, mungkin ada penjualan. Tapi itu tidak terlalu efisien karena Anda harus pergi ke pasar. Kami harus mengeluarkan tenaga dan biaya ekstra untuk membawa produk ini ke tangan konsumen. Sebagai prinsip ekonomi dasar, di mana ada permintaan, akan ada penawaran. Buatlah produk yang laris atau berpotensi masuk ke target pasar yang bisa Anda jangkau.

Misalnya, kami mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV). Mahasiswa DKV sering begadang karena mendapat banyak tugas desain. Siswa DKV rata-rata berjenis kelamin laki-laki. Dari contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa minuman modern yang mungkin cocok untuk target pasar ini adalah kopi dengan karakter yang kuat.

Jika target pasar yang bisa kita capai adalah mahasiswa jurusan ekonomi, situasinya berbeda. Di jurusan ini, mayoritas mahasiswa adalah perempuan. Jurusan ekonomi ini lebih memilih untuk hadir di organisasi dibandingkan dengan DKV. Maka mungkin kita bisa menawarkan minuman modern untuk wanita. Misalnya, kebanyakan wanita tidak bisa minum kopi karena perutnya tidak kuat. Kita bisa membuat minuman kopi atau espresso modern dengan rasa buah.

3. Buat produk minuman yang saya rindukan

Strategi pemasaran produk minuman kekinian 2. Minuman kekinian merupakan gaya hidup baru dan diharapkan dapat menjadi minuman favorit masyarakat. Misalnya, jika Anda pergi ke kafe, Anda selalu memesan minuman yang sama, sebut saja cappuccino. Kami ingin produk kami dicintai dan bahkan menjadi minuman favorit mereka, bahkan jika mereka tidak meminumnya selama sehari, mereka merasa ada sesuatu yang hilang.

Untuk itu, kita harus melibatkan calon pembeli dalam pembuatan produk ini. Ini dirancang untuk mengidentifikasi selera pembeli potensial dan memperkenalkan merek secara tidak langsung. Untuk ini, kami dapat menawarkan tes gratis. Anda bisa memberikan contoh produk minuman Anda kepada orang-orang di sekitar Anda seperti saudara, teman dan lain-lain. Setelah itu, mintalah masukan dan pendapat tentang apa yang kurang atau kurang pada produk Anda.

Dari sini kita bisa mengumpulkan informasi dan memilah rekomendasi mana yang bisa kita terapkan dan mana yang tidak. ingat! Kami tidak bisa memuaskan semua orang. Oleh karena itu, pilihlah proposal yang dianggap paling mewakili calon pembeli. Data ini kemudian digunakan untuk meningkatkan produk minuman kami. Ulangi langkah-langkah ini sampai Anda mendapatkan rasa yang tepat dan merasa baik.

4. Pilih kemasannya

Strategi Pemasaran Produk Minuman Kontemporer 3. Kemasan mungkin terdengar sepele, namun kemasan merupakan elemen dari strategi pemasaran produk minuman yang sangat kritis. Tentunya untuk minuman kekinian, kita harus menawarkan desain yang elegan, atau minimal Instagram. Kemasan minuman kopi kekinian bisa kita tiru dengan kata-kata seperti romansa, humor, inspirasi, dll.

Selain itu, tentu saja, elemen seperti fungsionalitas dan keandalan juga diperhitungkan. Misalnya kita menyasar siswa yang sering nongkrong di luar rumah, kemasannya berupa gelas plastik dengan logo dan atribut lainnya. Kemasan ini dipilih untuk menonjolkan fungsionalitas praktis dan portabilitasnya.

Akan berbeda jika target pasar kita adalah pekerja kantoran WFH. Karena sedang di rumah, tapi ingin lebih menyajikan minuman modern kapan saja dalam gelas dengan es, kita bisa menggunakan botol plastik. Dirancang untuk menonjolkan fungsionalitas yang tahan lama, opsi kemasan ini dapat disimpan di lemari es dan dinikmati kapan saja.

5. Promosi

Tahap terakhir dari strategi pemasaran produk minuman kekinian adalah promosi. Perlu ditegaskan bahwa produk makanan dan minuman masih sangat bergantung pada verifikasi sosial. Verifikasi sosial adalah bentuk konfirmasi kualitas produk dari ulasan pengguna sebelumnya.

Tidak seperti produk lain, seperti elektronik dan fashion, mereka memiliki berbagai faktor perbandingan seperti kualitas, bahan, daya tahan, branding, pilihan warna, dll. Produk katering dalam hal ini adalah minuman modern yang hanya memiliki satu faktor pembanding. "Enak gak?" Semudah itu. Pertanyaan seperti kesehatan atau tidak jarang terjadi? Apa bahannya? Bagaimana itu dibuat? Tidak! Faktor utamanya adalah "rasa".

Dan cara untuk memastikan suatu minuman itu enak atau tidak enak adalah dengan mencicipinya sendiri atau menanyakan pendapat orang lain. Buktinya, mari kita ambil minuman yang sedang booming seperti es krim Milo. Bagaimana orang tahu tentang minuman yang disebut espal milo? Ya, komentar, cerita dan opini dari orang-orang yang pernah mengalaminya.

Kita bisa membuat media promosi yang sangat bagus untuk membuat calon pembeli penasaran dan mencobanya. Tetapi metode ini membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan uang. Cara termudah dan termudah adalah dengan menawarkan tes gratis dan menghubungi orang-orang di sekitar kita.

Di situlah produk masuk. Mereka adalah penguji gratis yang nantinya akan mempromosikan produk Anda secara gratis. Dalam masyarakat kita, kita memiliki tradisi memberi dan meminta nasihat tentang makanan atau minuman. Misalnya, Anda makan di suatu tempat dan merasa bahwa makanan di tempat itu enak dan nyaman. Di masa depan, ketika peluang muncul, Anda akan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda.

Oke, sekian dulu artikel tentang contoh strategi pemasaran produk minuman kekinian. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang topik terkait, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar di bawah!