Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Tepat Membuat Pelanggan Tidak Beralih Ke Pesaing

Saya percaya setiap pebisnis menginginkan pelanggannya menjadi pelanggan, dan pelanggan adalah konsumen yang terus membeli produk kita secara rutin. Setelah menjadi pelanggan, tentunya kita juga ingin agar pelanggan kita tidak beralih ke pesaing. Jelas, jika seorang pelanggan beralih ke pesaing, uang pelanggan "pergi ke pesaing" juga.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar pelanggan tidak beralih ke pesaing dan terus menjadi pelanggan kita? Berikut beberapa jurus jitunya, yuk simak jangan lupa terapkan.
https://www.risetpasar.id/2022/03/tips-tepat-membuat-pelanggan-tidak.html

Perhatikan Kualitas

Hal yang paling mendasar untuk membangun loyalitas konsumen dan mencegah pelanggan beralih ke pesaing adalah menjaga kualitas produk kita. Kualitas produk adalah prioritas utama jika bisnis kami ingin terus berkembang. Beberapa hal yang dapat kami lakukan adalah membentuk tim khusus untuk mengontrol kualitas, yang sering disebut QC (Quality Control), dan kemudian membuat daftar apa yang perlu diperiksa untuk memastikan bahwa produk yang diterima pelanggan adalah produk yang berkualitas.

Keunggulan dalam kompetisi

Momen kedua yang sangat penting adalah memiliki keunggulan dalam kompetisi. Produk yang memiliki keunggulan dibandingkan pesaingnya cenderung dibeli oleh lebih banyak orang. Keunggulan tersebut dapat berupa ukuran (lebih besar), fungsionalitas (lebih lengkap), harga (lebih murah) atau aspek lain seperti rasa (lebih baik), kemasan (lebih baik). Hal-hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan agar tidak beralih ke pesaing dan setia membeli produk kita.

Inovasi Berkelanjutan

Produk yang inovatif secara otomatis akan membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan seringkali menginginkan lebih, sehingga diperlukan inovasi dan perbaikan produk. Inovasi dapat berupa kemasan, isi (content), layanan, atau cara berkomunikasi dengan konsumen (pemasaran). Yang banyak terjadi, terutama di industri gadget, karena perusahaan pembuat gadget tidak berinovasi, pelanggan mudah beralih ke pesaing.

Membuat varian baru

Konsumen cenderung cepat bosan, sehingga menerapkan strategi pengembangan produk menjadi penting. Strategi yang dimaksud di sini adalah pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek besar berhasil mempertahankan pelanggan saat mereka menciptakan varian baru. Misalnya, produk sampo, seperti sampo anti ketombe, sampo rambut lembut, dll.

Buat rencana promosi yang konsisten

Sebagai upaya mempertahankan konsumen, pelaksanaan rencana promosi sangat diperlukan. Promosi diskon, paket produk, bundel, dan spesial adalah strategi yang terbukti untuk membangun loyalitas konsumen. Hal penting yang harus diperhatikan dalam merencanakan promosi adalah konsisten, selaras dengan target pasar dan beberapa hal lainnya. Klik disini untuk detail.

Inilah beberapa langkah jitu yang harus dilakukan para pebisnis agar pelanggan tidak beralih ke pesaing. Dari artikel ini, bagaimana menurut Anda, apa yang akan Anda lakukan agar pelanggan Anda tidak beralih ke pesaing?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk perkembangan bisnis kita, jika bermanfaat silahkan bagikan ke rekan-rekan UKM.