Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Tahun 2022

Strategi Pemasaran Produk KerajinanStrategi Pemasaran Produk Kerajinan. Apakah Sobat risetpasar.id seorang yang menekuni bisnis dalam bidang kerajinan? Atau Sobat risetpasar.id tertarik menjalankan usaha kerajinan? Jika ya, maka Sobat risetpasar.id harus mengetahui strategi pemasaran produk kerajinan agar sukses dalam menjalankan usaha tersebut. Melakukan pemasaran produk kerajinan sejatinya tidak terlalu sulit jika Sobat risetpasar.id memahami caranya. Yuk, simak penjelasan tentang 5 strategi pemasaran produk kerajinan yang harus Sobat risetpasar.id coba.

Dengan strategi pemasaran yang terapkan dengan tepat maka bisnis produk kerajinan sangat menjanjikan untuk ditekuni.
https://www.risetpasar.id/2022/03/strategi-pemasaran-produk-kerajinan.html

PENGERTIAN PRODUK KERAJINAN

Sebelum admin blog risetpasar.id mengulas tuntas tentang strategi pemasaran produk kerajinan, Sobat risetpasar.id terlebih dulu tahu pengertian produk kerajinan. Secara sederhana, pengertian produk kerajinan adalah barang yang dihasilkan dari kegiatan yang melibatkan keterampilan tangan serta keterampilan berpikir dalam mengelola material atau bahan tertentu.

Pengertian lain dengan kalimat yang berbeda, produk kerajinan adalah barang yang dihasilkan dalam suatu kegiatan produksi secara tradisional, di mana barang tersebut memiliki fungsi praktis sekaligus nilai estetis.

Perlu sobat ketahui bahwa saat ini produk kerajinan adalah salah satu produk yang ikut menyumbangkan devisa karena di eskpor ke negara-negara lain. Oleh karena demikian, pemerintah berperan aktif dalam rangka mendorong pemasaraan produk ekspor (termasuk produk kerajinan) dengan mengeluarkan kebijakan yang mendukung ekonomi kreatif.

Contoh produk kerajinan yang sering kita jumpai yaitu lampu hias dari bambu, pot bunga dan tas dari anyaman rotan. Kain batik tulis merupakan contoh produk kerajinan yang dibuat dengan memerlukan keahlian atau teknik yang tinggi. Selain itu, ada juga contoh produk kerajinan yang memanfaatkan teknologi misalnya lukisan dengan menggunakan bantuan komputer.

STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN

Dalam menjalankan bisnis apapun, wajib mempunyai rencana strategis termasuk dalam bidang pemasarannya agar mendapatkan hasil yang maksimal atau sebagaimana yang kita harapkan. Banyak usaha yang gagal karena pemilik bisnis tidak mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk produk yang ia pasarkan.

Contoh strategi pemasaran produk kerajinan yang salah adalah dengan memproduksi jumlah item produk dengan jumlah banyak tanpa memikirkan siapa target pasarnya dan bagaimana cara mempromosikannya.

Nah berikut ini admin blog risetpasar.id akan berbagi ilmu tentang strategi pemasaran produk kerajinan. Silakan dibaca secara tuntas agar anda tidak gagal paham.

1. Tentukan Target Market

Banyak pelaku usaha kerajinan mempunyai idealisme tinggi dan akhirnya terjebak dalam produksi yang kurang sesuai dengan selera pasar. Dalam setiap bisnis, menentukan target market sangatlah penting karena jika sudah memiiki target market maka produk yang dijual bisa disesuaikan dengan kebutuhan target market tersebut.

Target market ditentukan sebelum Sobat risetpasar.id memproduksi produk atau memutuskan menjalankan suatu usaha. Selain itu, perhatikan juga perkembangan selera konsumen dalam bidang produk kerajinan. Karena perkembangan zaman dan gaya hidup bisa sangat mempengaruhi selera konsumen dalam membeli suatu produk.

2. Buatlah Produk Kerajinan yang Unik

Setelah menentukan target market, langkah selanjutnya yang harus Sobat risetpasar.id lakukan adalah membuat produk yang unik sehingga bisa menarik perhatian konsumen. Produk yang unik juga mempunyai daya saing yang kuat sehingga bisa bertahan di tengah kompetisi bisnis yang terjadi.

Produk unik juga berarti memiliki perbedaan dari produk yang ada di pasaran. Perbedaan itu bisa meliputi bentuk, warna, bahan, atau fungsinya. Keunikan ini yang akan membedakan produk Sobat risetpasar.id dan menjadikannya lebih istimewa dibanding produk pesaing.

Teruslah berinovasi dalam menciptakan produk yang akan disukai oleh konsumen, karena hal ini akan membuat bisnis Sobat risetpasar.id terus eksis dan berkembang. Bila diperlukan, minta masukan dan saran dari pelanggan Sobat risetpasar.id dalam membuat ide produk kerajinan yang baru.

Jika produk kerajinan Sobat risetpasar.id merupakan produk yang harus custom atau memerlukan minimum kuantiti tertentu agar bisa diproduksi maka Sobat risetpasar.id bisa mengunakan strategi pre-order dalam memasarkannya. Tujuannya untuk mengumpulkan jumlah orderan dan meminimal resiko (kerugian) yang Sobat risetpasar.id tanggung.

3. Lakukanlah Promosi Sesuai Target Market

Melakukan promosi sesuai profil target market merupakan langkah yang sangat penting setelah Sobat risetpasar.id menentukan target market dan membuat produk kerajinan yang unik. Buatlah konsep promosi yang menarik untuk mendapatkan perhatian konsumen atau target pasar yang sudah Sobat risetpasar.id tentukan sebelumnya.

Bila Sobat risetpasar.id belum mempunyai konsep promosi, berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan konsep promosi Sobat risetpasar.id:
  • Carilah insight atau referensi yang relevan dengan target market Sobat risetpasar.id. Misalnya membuat produk origami atau kerajinan kertas, jika targetnya adalah anak-anak, cari apa yang disukai anak-anak dan apa manfaat yang Sobat risetpasar.id tawarkan kepada orang tua sehingga ingin membeli produk Sobat risetpasar.id.
  • Lakukan analisis terhadap kompetitor dan terapkan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) pada bisnis Sobat risetpasar.id.
  • Tema promosi harus kreatif, original, dan menarik orang untuk bertindak.
Melakukan promosi tanpa konsep jelas dan tidak sesuai target market akan membuat promosi yang dilakukan menjadi sia-sia dan berpengaruh pada keuangan bisnis Sobat risetpasar.id. Sebelum mengeksekusi promosi yang dibuat, ada baiknya Sobat risetpasar.id membuat contoh promosi produk kerajinan tersebut dan meminta keluarga dan teman-teman Sobat risetpasar.id untuk menilainya serta memberi saran.

Contoh promosi produk kerajian yang kreatif, yaitu jika Sobat risetpasar.id menjual sedotan dari bambu agar ramah lingkungan, maka dalam konten promosinya bisa menampilkan gunung sampai dari sedotan plastik yang tidak bisa diurai. Contoh promosi produk kerajinan yang mendidik misalnya menaruh baju kotor pada tempatnya dengan menampilkan keranjang baju dari anyaman rotan.

4. Manfaatkanlah Pemasaran Secara Online

Perkembangan teknologi sekarang ini, membuat media online menjadi sarana yang tepat dalam melakukan kegiatan pemasaran. Selain murah, cara ini juga terbukti efektif untuk mempromosikan suatu produk. Oleh karena itu, gunakanlah media online untuk pemasaran produk kerajinan Sobat risetpasar.id.

Buatlah website dan akun di platform media sosial ternama seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dan Youtube. Isi akun media sosial tersebut dengan konten-konten yang menarik tentang produk kerajinan tangan Sobat risetpasar.id.

Maksimalkan juga strategi Search Engine Optimization (SEO) dalam memasarkan produk Sobat risetpasar.id. Jika diperlukan, pasanglah iklan produk kerajinan Sobat risetpasar.id di media sosial tersebut untuk meningkatkan brand awareness.

Contoh strategi pemasaran produk kerajinan yang menggunakan platform media online adalah mengiklankan tas anyaman rotan di Instagram. Contoh strategi pemasaran produk kerajinan secara online lainnya yaitu dengan menggunakan jasa Youtuber, misalnya mengedukasi masyarakat agar meninggalkan sedotan plastik dan beralih ke sedotan berbahan alami yang ramah lingkungan seperti produk Sobat risetpasar.id.

5. Ikutilah Event dan Bazar

Bisnis produk kerajinan Sobat risetpasar.id tidak akan berkembang secara signifikan bila tidak diperkenalkan kepada masyarakat luas. Karena semakin banyak orang yang tahu produk Sobat risetpasar.id maka brand awareness meningkat dan potensi terjadinya penjualan juga akan meningkat.

Salah satu contoh promosi produk kerajinan lainnya dengan mengikuti pameran atau bazar. Dengan mengikuti bazar, Sobat risetpasar.id mempunyai kesempatan untuk memperlihatkan produk Sobat risetpasar.id sehingga calon konsumen bisa tahu bentuk dan fungsinya. Selain itu dengan mengikuti pameran Sobat risetpasar.id dapat membangun relasi untuk mengembangkan produk buatanmu.

Selain menerapkan strategi pemasaran yang tepat, ada hal penting lainnya yang harus dilakukan pebinis produk kerajinan yaitu mengelola keuangan usaha dengan baik. Karena dengan keuangan usaha yang sehat maka bisnis kerajinan Sobat risetpasar.id akan semakin berkembang. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan tanpa repot, maka Sobat risetpasar.id sebaiknya menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Demikianlah artikel yang mengulas tentang Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Tahun 2022. Semoga bermanfaat bagi sobat risetpasar.id yang sedang menjalan usaha.