Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran Online Shop

Strategi Pemasaran Online Shop. Bagi Sobat yang memiliki bisnis online shop pasti menginginkan penjualannya selalu meningkat. Saat ini perkembangan dunia digital sudah semakin pesat sebagai buktinya, sudah semakin dimudahkan Sobat untuk memasarkan produk Sobat melalui teknologi internet. Namun terdapat tantangan di setiap strategi pemasaran yang dilakukan yaitu strategi yang berbayar maupun gratisan atau disebut organic.

Apa sajakah strategi pemasaran online shop yang mudah diterapkan?
Saat ini perkembangan dunia digital sudah semakin pesat sebagai buktinya, sudah semakin dimudahkan Sobat untuk memasarkan produk Sobat melalui teknologi internet

STRATEGI PEMASARAN ONLINE SHOP

Strategi pemasaran yang efektif dan efisien menjadi hal yang utama. Admin blog risetpasar.id akan memberikan beberapa strategi pemasaran online shop yang sudah terbukti ampuh berikut ini:

Desain Brand Yang Menarik

Banyak pemilik online shop ketika menjalankan bisnisnya memulai dengan brand yang seadanya. Memiliki brand yang bagus dan memiliki karakter kuat akan mudah diingat oleh pelanggan online shop Sobat. Mulailah dari menentukan dengan baik-baik seperti nama brand, tagline brand, logo online shop dan juga yang paling penting adalah membuat nilai tambah untuk brand Sobat, apa yang membedakan online shop Sobat dari kompetitor atau online shop lain.

Jika Sobat sudah mempunyai brand coba pikirkanlah kembali untuk mengembangkan brand Sobat dari apa yang sudah dijelaskan diatas jika Sobat melakukan perubahan cobalah untuk launching ulang brand yang sudah Sobat kembangkan jika diperlukan.

Strategi Media Sosial

Media Sosial masih sangat efektif untuk Sobat manfaatkan dan mudah untuk diterapkan sebagai sarana pemasaran online shop Sobat. Banyak sekali media sosial yang masih banyak digunakan masyarakat Indonesia pada saat ini seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, Youtube, Twitter, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya media sosial yang tersedia, pilihlah media sosial yang ingin Sobat fokuskan untuk sasaran Sobat berpromosi, karena jika Sobat memilih semua untuk dijalankan Sobat akan kebingungan dan dipastikan akan kerepotan untuk mengurusnya jadi disarankan untuk memilih satu atau dua dahulu media sosial yang ingin Sobat fokuskan, misalnya Sobat memilih Facebook dan Instagram.

Jika Sobat sudah memilih media sosial yang ingin Sobat gunakan, fokuslah disana dan buatlah persiapan terlebih dahulu. Persiapkan fitur apa saja di sosial media tersebut yang dapat Sobat gunakan, misalnya saja di instagram ada fitur instagram story, instagram feed, instagram live, dan lainnya, jika di facebook seperti, facebook group, facebook story, facebook post, fanpage, dan banyak lainnya juga. Lakukan langkah ini dan pastikan Sobat memilih dengan tepat ya.

Strategi Membuat Konten

Setelah Sobat sudah memilih media sosial yang ingin sobat gunakan, langkah strategi pemasaran online shop selanjutnya adalah membuat Konten. Pernah mendengar quotes “Content is King”?, penulis sangat setuju sekali dengan quotes tersebut, konten harus diperlakukan layaknya seorang raja, yang maksudnya adalah dalam memasarkan produk di dunia internet Sobat benar-benar mengandalkan konten yang berkualitas.

Dalam dunia internet maupun media sosial, informasi sangat cepat dan banyak sekali yang dapat Sobat dapatkan, namun kabar buruknya kita harus bersaing dengan percepatan dan jumlah konten yang banyak tersebut.

Jika konten yang Sobat buat tidak menarik dan tidak berkualitas apakah ada yang akan melihat dan membacanya sampai selesai?, tentu tidak bukan, konten Sobat hanya akan lewat begitu saja.

Bagaimana membuat konten Sobat menarik?

Sebelum membuat konten yang menarik sebaiknya Sobat mengetahui terlebih dahulu jenis konten yang dapat Sobat buat seperti konten foto, video, artikel, promo, dll. Begitu banyak konten yang dapat Sobat buat, cobalah membuat masing-masing dari konten tersebut dengan ide yang segar, tentunya diselingi dengan konten yang memancing interaksi pelanggan Sobat, seperti memberikan edukasi tentang produk lalu memberikan pertanyaan sehingga bisnis Sobat mulai dipercaya oleh calon pelanggan Sobat.

Pada tahap ini kuncinya adalah KONSISTEN dalam memberikan konten inilah strategi dalam menggunakan media sosial, buatlah konten dari masing-masing sosial media dan berikan jadwal posting untuk memasarkan produk Sobat. Banyak dari pemilik online shop gagal karena tidak kuat dalam memproduksi konten.

Untuk mempermudah Sobat, buatlah jadwal untuk posting ke sosial media Sobat, tentunya disesuaikan dengan konten yang Sobat buat, jika Sobat sudah terbiasa Sobat akan membuat konten berkualitas yang menarik dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Demikianlah penjelasan tentang Strategi Pemasaran Online Shop. Semoga penjelasan di atas bermanfaat. Salam risetpasar.id.