Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Instagram Marketing

Strategi Instagram MarketingSaat ini Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 800 juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi berbagi foto dan video milik Facebook ini tercatat ada 88,22 juta terhitung Mei 2021. Melihat fenomena ini, tak salah jika akhirnya Instagram dimanfaatkan sebagai media pemasaran bisnis.

Instagram marketing menjadi pilihan banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan. Terlebih bagi bisnis berskala kecil, Instagram menjadi opsi strategi pemasaran karena tidak membutuhkan biaya besar untuk memasang iklan.
https://www.risetpasar.id/2022/03/strategi-instagram-marketing.html

STRATEGI INSTAGRAM MARKETING

Dengan semakin maraknya marketing di Instagram, maka Anda pun membutuhkan strategi yang tepat supaya bisa bersaing dengan para kompetitor. Berikut kami bagikan panduannya untuk Anda coba terapkan:

1. Mencari Calon Kustomer yang Potensial

Dengan Instagram, Anda dapat menemukan calon pelanggan yang menyukai produk toko Anda dan mungkin tertarik untuk berbelanja di sana. Caranya adalah dengan membuka akun atau tab pesaing yang terkait dengan produk Anda. Setelah itu, awasi akun pesaing dan hashtag. Cobalah langkah ini setiap hari, tetapi batasi jumlah orang, katakanlah, 20 orang per hari. Anda juga dapat berkomunikasi dengan klien potensial melalui komentar di akun pesaing atau influencer.

2. Membuat Guidelines Profil Instagram

Guidelines merupakan kerangka kerja yang akan dijadikan acuan dalam setiap kegiatan usaha. Umpan atau beranda di Instagram adalah salah satu panduan hebat untuk membangun profil perusahaan. Jadi, Anda harus membuat feed Anda terlihat bagus. Caranya adalah dengan menyelaraskan warna di setiap foto dan video yang Anda unggah, latar belakang setiap foto, jenis produk yang ditawarkan, dan gunakan template di setiap konten dan kisi untuk mempercantik tampilan feed Anda.

Pedoman penulisan adalah elemen lain yang perlu Anda perhatikan. Gaya bahasa saat berinteraksi dengan audiens, template instastory, dan cara Anda mempromosikan produk harus lebih ramah agar audiens merasa dekat dengan Anda.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Konten adalah elemen utama yang harus Anda fokuskan saat melakukan pemasaran Instagram. Konten ini bukan hanya tentang foto produk, ada hal lain yang bisa membuatnya menarik. Untuk membuat konten berkualitas tinggi, Anda dapat mencoba tips berikut:

• Buat konten untuk umpan

Konten tidak harus berupa foto produk, bisa juga berupa slideshow tentang product knowledge atau infografis.

• Peringati hari-hari penting

Misalnya pada hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, Kemerdekaan, dll. Pendekatan ini dapat memengaruhi minat konsumen terhadap penawaran khusus yang Anda tawarkan hari itu.

• Buat acara

Anda bisa berkreasi dengan konten ini. Misalnya, Anda dapat memutar video pendek tentang inspirasi membuat produk baru yang baru saja diluncurkan.

4. Rutin Berkomunikasi dengan Followers

Untuk membuat Instagram marketing berhasil, maka jangan malas untuk secara rutin berkomunikasi dengan followers Anda. Tujuannya adalah untuk mengumumkan eksistensi bisnis Anda pada pelanggan serta menciptakan crowd yang bisa meningkatkan jumlah followers ataupun pelanggan.

Dalam membangun interaksi dengan followers, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:
  • Membalas setiap komentar yang ditinggalkan oleh mereka di postingan Anda.
  • Menyelenggarakan giveaway pada saat tertentu berupa produk atau voucher potongan harga.
  • Membuat kuis melalui story dengan mengajukan pertanyaan terkait produk yang Anda jual.
5. Memakai Banyak Hashtag

Hashtag (#) atau tagar berfungsi untuk menambah jumlah followers dan kepopuleran Anda. Jadi, jangan ragu untuk memakai banyak hashtag pada konten Anda. Semakin banyak hashtag yang Anda gunakan, maka semakin banyak engagement yang akan Anda dapatkan. Pakailah tagar yang populer di internet atau yang disukai followers Anda.

6. Gunakan Fitur yang Tersedia


Untuk Instagram bisnis, Anda akan menemukan berbagai fitur yang akan sangat membantu Anda mempromosikan bisnis Anda. Salah satu fitur yang dapat Anda manfaatkan adalah Insights, yang memungkinkan Anda melihat berapa banyak akun yang telah mengakses profil Anda, menyukai postingan Anda, dan siapa yang berinteraksi dengan Anda.

Selain itu, Anda juga harus memanfaatkan beberapa fitur lainnya, yaitu:

• Highlight

Membantu memudahkan pemirsa untuk melihat informasi toko Anda secara lebih mendetail.

• Instastory

Untuk membuat interaksi dengan pengikut, seperti kuis, polling, dan konten mini.

• Direct purchase


Izinkan konsumen untuk membeli produk langsung dari umpan dan terhubung ke platform lain, seperti situs web atau Facebook.

• Iklan Instagram

Memungkinkan Anda membuat iklan di Instagram, baik itu cerita, umpan, atau lainnya.

7. Mengirim Pesan ke Followers

Jangan segan-segan untuk beramah-tamah dengan followers agar mereka merasakan adanya koneksi dan bersedia untuk menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu panjang. Kirimkan pesan melalui direct message (DM) Instagram. Isinya bisa berupa ucapan terima kasih karena sudah berbelanja di toko Anda, promosi produk baru, potongan harga khusus, ataupun meminta foto mereka ketika menggunakan produk Anda.

8. Mengunggah Konten di Waktu Tertentu

Meski efektivitasnya masih belum terbukti, tapi banyak pihak meyakini bahwa mengunggah konten di waktu tertentu dapat berpengaruh pada crowd. Sebagian ahli menyarankan Anda untuk memposting pada pukul 7-9 malam di hari Rabu dan Kamis, karena orang cenderung mengakses akunnya pada waktu tersebut. Selain itu, jam makan siang juga dipercaya dapat berpengaruh pada crowd Instagram.

9. Bekerja Sama dengan Influencer

Influencer adalah seseorang yang sudah memiliki popularitas dan dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Untuk mempercepat pemasaran Instagram Anda, tidak ada salahnya untuk bermitra dengan influencer yang relevan dengan produk Anda dan memengaruhi angka penjualan Anda.

Selain influencer, dimungkinkan untuk berkolaborasi dengan pihak lain. Misalnya, jika Anda bergerak di bisnis kuliner, Anda dapat mengundang komunitas kuliner untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di akun mereka, lalu tag akun Anda.

Keberhasilan pemasaran Instagram dalam meningkatkan penjualan bagi sebagian pemilik bisnis membuktikan bahwa media sosial adalah platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis mereka. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda dan menjadi sukses.