Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Digital Marketing untuk UMKM. Apa itu digital marketing? Pengertian digital marketing merupakan sesuatu strategi pemasaran memakai media digital serta internet. Ikuti uraian lengkapnya di Risetpasar. Id

Apakah Kamu pernah melihat sesuatu brand ataupun produk industri yang melakukan digital campaign ataupun kampanye online? Ataupun bisa jadi Kamu pula pernah melihatnya lewat web serta social media suatu perusahaan?

Belum lama ini seluruh perihal tersebut pasti saja kerap Kamu lihat. Hal- hal demikian diucap dengan sebutan digital marketing.

Konsep serta pelaksanaan digital marketing merupakan hal yang dicoba untuk mendongkrak penjualan produk dari sesuatu brand.

Bersamaan dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis pula terus menjadi bervariasi. Salah satunya merupakan tren digital marketing.

Kemudian, sepenting apakah suatu digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual bahan- bahan tertentu?

Untuk menanggapi persoalan itu Kamu dapat menyimak uraian di bawah ini supaya memahaminya secara jelas.
https://www.risetpasar.id/2022/03/strategi-digital-marketing-untuk-umkm.html

Apa Itu Digital Marketing (DM)?


PengertiaDigital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

A. Cara Menerapkan Digital Marketing untuk UMKM

Karena nggak butuh modal yang besar, digital marketing juga bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan profit. Bagaimana caranya? Yuk, belajar bersama!

1. Membuat Akun Google My Business

Google My Business adalah fitur gratis untuk menampilkan nama serta lokasi bisnis kecilmu di internet. Misalnya, kamu menjual kue kering untuk hampers lebaran, kamu bisa membuat akun Google Business agar orang-orang bisa menemukan alamat tokomu di laman Google. Mereka juga dapat menambahkan penilaian seputar produk dan pelayanan yang kamu berikan selama berbelanja. Informasi yang terdapat di Google Business meyakinkan pembeli bahwa tokomu bukanlah toko fiktif.

2. Promosikan Lewat Media Sosial

Instagram dan Facebook termasuk media sosial yang banyak dipakai untuk mempromosikan bisnis secara digital saat ini. Ada 2 tipe promosi yang dapat kamu lakukan, yaitu organik (gratis) dan iklan berbayar.

a. Social Media Organic (Gratis)

Promosi secara organik artinya mempublikasikan konten berupa teks, foto, dan video produk di akun media sosial bisnismu secara gratis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan interaksi dengan calon maupun pelanggan tetap. Dengan mengunggah konten secara berkala, kamu bisa memperoleh kepercayaan dari followers untuk berbelanja di tokomu.

b. Social Media Ads (Iklan Berbayar)

Iklan berbayar di media sosial memungkinkan kamu untuk menjangkau demografi calon pelanggan yang paling cocok dengan produk yang dijual. Kamu dapat menentukan target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, tempat tinggal serta hobi. Kemudian menempatkan iklan tersebut lewat di beranda media sosial mereka. Untuk beriklan di Facebook dan Instagram, diperlukan saldo 20 hingga 100 ribu rupiah per hari. Angka tersebut bisa disesuaikan dengan budget dan jumlah pelanggan yang ingin kamu capai.

Jika belum pernah memasang iklan, kamu bisa mempelajari panduannya secara gratis di Facebook Blueprint. Materinya dapat diakses secara online, berbahasa Indonesia, dan terdiri dari beberapa kelas, seperti: cara menetapkan tujuan marketing, cara membuat konten yang menarik, hingga strategi iklan yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

3. Kerjasama dengan KOL atau Influencer (Endorsement)
  • Apabila barang yang dijual sifatnya spesifik dan hanya dipakai oleh kalangan tertentu, cobalah bekerja sama dengan Key Opinion Leader (KOL). Di dunia nyata, mereka adalah expert di sebuah bidang atau profesi, sehingga opininya sudah pasti didengar dan dapat dipercaya. Contoh KOL yang aktif menggunakan media sosial antara lain: dokter, psikolog anak, dan chef. Jika barang tersebut berupa mainan edukasi balita, maka KOL yang tepat untuk mempromosikannya adalah psikolog anak.
  • Sebaliknya, produk yang sifatnya umum dan dapat dipakai oleh semua kalangan lebih cocok dipromosikan oleh Influencer. Dikarenakan pekerjaan mereka fokus pada pembuatan dan pengembangan konten hiburan untuk menambah jumlah followers. Konten yang biasa ditampilkan Influencer biasanya seputar gaya hidup dan jalan-jalan. Contoh produk yang bisa dipromosikan oleh Influencer antara lain; cemilan, sepatu, pakaian, tas, parfum, atau aksesoris.
Bagaimana cara bekerjasama dengan KOL atau Influencer? Kamu dapat menghubungi mereka melalui nomor telepon atau email yang tertera di profil akun media sosial masing-masing. Nantinya, kamu dikirimkan rate card (tarif untuk sekali promosi). Jika tarifnya cocok, kamu bisa mentransfer dan mengirim produk ke alamat mereka. Kemudian KOL atau Influencer akan mempromosikan produk tersebut sesuai dengan jadwal yang disepakati.

4. Membangun Website

Jangan kaget apabila followers akun media sosial tokomu melonjak tajam dan banjir pesanan setelah di-endorse KOL atau Influencer. Langkah selanjutnya adalah membangun website untuk mengembangkan bisnis. Nggak perlu repot, kamu bisa mencari jasa pembuatan website di internet. Harganya pun beragam, jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Tak perlu bangun tengah malam untuk melayani orderan, sebab website memiliki server 24 jam sehingga pembeli dapat bertransaksi kapan saja. Kamu hanya perlu mengecek riwayat pesanan dan mengirimkan produk di hari berikutnya. Meskipun tidak memiliki toko offline yang besar, penggunaan website membuat bisnismu terlihat lebih profesional dan kredibel.

5. Email Marketing

Saat berbelanja di website, pelanggan akan mencantumkan alamat email mereka sebagai kelengkapan data. Email berfungsi untuk memberitahu status dan proses pengiriman barang. Kamu dapat memanfaatkan Email Blast Service (EBS) untuk mengirimkan pesan secara otomatis. Contoh software EBS yang banyak digunakan yakni: Mailchimp, GetResponse, dan Senditblue.

Melalui email, kamu juga dapat mempromosikan produk yang sedang diskon, berbagi voucher, hingga mengirimkan ucapan ulang tahun lho! Email marketing jadi cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Dengan begitu, mereka merasa diperhatikan dan loyal terhadap produk dan merek bisnismu.

B. strategi digital marketing yang tepat untuk UMKM.


Di era digital saat ini, persaingan usaha sudah menjadi semakin ketat. Setiap bisnis pasti melakukan berbagai macam usaha untuk dapat menarik konsumen potensial bagi bisnis mereka masing-masing. Aktivitas promosi yang dilakukan oleh para pebisnis saat ini harus lebih banyak dilakukan melalui media digital untuk dapat menjangkau calon konsumen yang potensial bagi produk yang ditawarkan. sudah banyak juga digital agency indonesia yang sudah menyediakan jasa untuk strategi digital marketing

Untuk itu para pebisnis di era digital ini harus dapat menarik para konsumennya dengan strategi digital marketing yang tepat. Pemilihan digital marketing yang tepat dapat menjadi kunci penentu kesuksesan pemasaran sebuah produk.

Untuk itu berikut ini akan kita bahas 4 strategi digital marketing yang tepat untuk UMKM.

• SEO

Salah satu hal yang penting untuk dimiliki para pebisnis di saat ini adalah memiliki website yang telah dioptimasi SEO dengan baik. Dengan memiliki website, para pebisnis UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, menjangkau berbagai pelosok Indonesia dan bahkan luar negeri.

Dengan memiliki website, ibaratnya kita memiliki toko yang buka selama 24 jam sehari untuk melayani kebutuhan para konsumen potensial. Namun memiliki website saja tidak cukup, para pebisnis UMKM harus dapat menjalankan strategi SEO yang bertujuan untuk mencapai halaman pertama dengan kata kunci yang kita tetapkan.

Dengan berada di halaman pertama, website yang dimiliki oleh pebisnis UMKM akan dapat dengan mudah ditemukan konsumen potensial yang ingin membeli produk UMKM yang ditawarkan.

• SEM

Strategi SEO merupakan salah satu cara yang murah untuk dilakukan oleh para pebisnis UMKM, namun untuk mencapai halaman pertama dari mesin pencari seperti google membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk itu para pebisnis UMKM juga harus menerapkan strategi digital marketing yang bernama SEM atau Search Engine Marketing. Strategi SEM ini merupakan pemasangan iklan berbayar di berbagai platform online, seperti instagram, facebook atau google.

Salah satu cara SEM yang sering dipakai adalah dengan menggunakan PPC yaitu Pay Per Click, dimana kita hanya akan membayar untuk setiap klik pada tautan yang kita promosikan. PPC merupakan cara yang cepat untuk meningkatkan penjualan dan juga merupakan salah satu andalan para pebisnis UMKM.

• Social Media Marketing


Strategi digital marketing yang selanjutnya adalah menggunakan social media marketing. Seperti yang kita ketahui, saat ini social media merupakan salah satu platform online yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dan juga dunia. Untuk itu memanfaatkan social media marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang tepat bagi UMKM.

Salah satu cara social media marketing adalah dengan bekerjasama dengan influencer atau dikenal juga dengan sebutan selebgram. Influencer merupakan orang yang telah memiliki pengikut yang berjumlah banyak di social media miliknya.

Dengan bekerjasama dengan influencer, para pebisnis UMKM dapat menawarkan produk yang mereka jual kepada followers dari influencer ini. Selain itu juga dapat menambah kepercayaan konsumen potensial untuk membeli produk UMKM karena dipromosikan oleh orang yang mereka kenal dan idolakan.

• Email Marketing

Strategi pemasaran lain yang bisa digunakan oleh UMKM adalah dengan cara email marketing. Email marketing pada umumnya merupakan email yang dikirimkan untuk memberitahukan kepada konsumen tentang berbagai informasi baru dari usaha UMKM. Seperti memberitahukan tentang promosi diskon produk atau juga memberitahukan tentang produk baru yang diluncurkan oleh UMKM.

Target konsumen dari strategi email marketing ini umumnya adalah konsumen-konsumen yang telah memiliki akun di website bisnis UMKM.

Demikian artikel ini yang membahas tentang Strategi Digital Marketing untuk UMKM” Semoga bermanfaat.