Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Bauran Pemasaran

Strategi Bauran Pemasaran. Untuk sebuah Strategi marketing mix atau bauran pemasaran merupakan sebuah landasan dan modal utama untuk bisnis dapat mencapai tujuan yang diinginkannya.

DiDalam sebuah bauran pemasaran, ada paling tidak 4P yang harus dipertimbangkan, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat/lokasi), dan promotion (promosi).

Moto utama yang harus di ingat untuk dapat melakukan sebuah bauran pemasaran yang efektif adalah dengan kamu melakukan sebuah promosi untuk sebuah produk di tempat dan dengan harga yang tepat.

Nah, bagaimana cara untuk melakukan sebuah strategi marketing mix yang baik untuk sebuah bisnis agar upaya pemasarannya bisa jadi maksimal?
https://www.risetpasar.id/2022/03/strategi-bauran-pemasaran.html

STRATEGI BAURAN PEMASARAN

Ini dia rangkuman strateginya dari Glints berdasarkan penjelasan Hubspot dan Grow.

1. Lakukan market research dan product development

Untuk Strategi bauran pemasaran harus diawali dengan market research atau riset pasar.

Market research dilakukan untuk dapat memahami kebutuhan calon pembeli yang jadi target bisnismu.

Dengan melihat kebutuhan yang sudah ada, kamu akan bisa untuk menyesuaikan produkmu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Lalu, jangan lupa juga untuk selalu dapat memantau perubahan tren yang terjadi di pasar agar bisa selalu siap dalam beradaptasi dan melakukan penyesuaian produk.

Setelah melakukan market research, kamu bisa memiliki bayangan yang lebih jelas mengenai produk seperti apa yang harus dikembangkan agar laku di pasaran.

2. Tentukan pricing model

Pricing model merupakansebuah struktur dan metode untuk menentukan harga produk atau jasa.

Agar bisa menetapkan harga yang sesuai, kamu bisa memulai dengan berkomunikasi dengan calon pelanggan untuk mengetahui ekspektasi mereka.

Lalu, diskusikan hal tersebut dengan product team untuk memastikan bahwa produk tersebut bisa diproduksi dengan kualitas yang baik, hemat biaya, dan sesuai dengan keinginan pelanggan.

3. Pilih jalur distribusi

Karena salah satu aspek utama dari strategi bauran pemasaran adalah tempat, kamu harus tahu kanal distribusi apa saja yang paling cocok untuk memasarkan produkmu.Tempat ini bisa jadi secara online seperti e-commerce maupun fisik.

Kalau kamu memutuskan untuk berjualan secara online, pikirkanlah platform mana yang sesuai untuk audiens targetmu.

Sementara, jika secara fisik, ada lebih banyak lagi aspek yang perlu dipertimbangkan, mulai dari titik geografisnya, aksesibilitasnya, dan lain-lain.

4. Buat strategi promosi

Untuk sebuah Strategi bauran pemasaran selanjutnya adalah menentukan taktik promosi apa yang harus dilakukan agar produkmu dapat terjual sebanyak mungkin.

Tahap ini harus dilakukan setelah sudah memantapkan dasarnya dulu, yaitu produk, harga, dan tempat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi. Hal itu meliputi strategi marketing umum seperti content marketing dan social media marketing, hingga menggunakan public relations dan bekerja sama dengan influencer.

Tentunya, SEO juga penting untuk memaksimalkan promosi lewat internet.

Keputusan mengenai strategi promosi apa yang harus digunakan tergantung pada jenis produk, perusahaan, budget, jenis pelanggan, dan tujuan yang ingin dicapai.

Supaya tidak bingung saat menyusun strategi marketing mix, kamu bisa menggunakan bantuan template seperti contoh di bawah ini.

Di bagian paling atas, tulislah nama produk atau jasa yang kamu miliki.

Lalu, isi masing-masing kotak dengan spesifikasi produk serta rencana distribusi dan cara promosinya sesuai dengan informasi dari market research.Informasi yang dimuat dalam template tersebut bisa sangat simpel, tetapi juga tentunya bisa dibuat semakin detail.

Dengan informasi yang semakin lengkap, strategimu akan semakin jelas dan terarah.

Begitulah cara membuat strategi bauran pemasaran untuk bisnis kecil maupun untuk perusahaan besar.Meski terlihat mudah dan sederhana, strategi ini amat sangat penting untuk bisnis yang sukses dan bersaing.Tentunya, bauran pemasaran bukan satu-satunya aspek penentu kesuksesan bisnis.

Masih ada banyak hal yang bisa melengkapi strategi dasar ini, dan kamu bisa mempelajarinya dengan ikut kelas-kelas menarik di Glints ExpertClass bersama pakar berpengalaman.

Demikian artikel ini yang membahas tentang” Strategi Sederhana untuk Bauran Pemasaran” Semoga bermanfaat.