Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pemasaran Online, Cara, Jenis, dan Keuntungan yang Pasti

Pasalnya, bisnis online selalu naik daun. Ketenarannya pun tidak pernah pudar. Semakin banyaknya orang yang menggunakan teknologi internet, semakin berkembang pula dunia bisnis. Maka dari itu, pebisnis berbondong-bondong menggencarkan pemasaran online untuk membuat produk yang dijualnya laku. Berikut ini, akan dijelaskan pengertian pemasaran online serta hal yang berkaitan lainnya.
https://www.risetpasar.id/2022/03/pengertian-pemasaran-online-cara-jenis.html

A. Apa yang Dimaksud Pemasaran Online?

Mungkin banyak sekali yang bertanya-tanya apakah yang dimaksud pemasaran online. Tentu, hal tersebut akan menjadi salah satu faktor penting dalam kita mulai berbisnis, terutama secara online. Pemasaran online merupakan strategi untuk kita mempromosikan produk yang sangat berpengaruh pada penjualan. Karena online, maka dilakukannya pun dengan menggunakan platform-platform di internet. Pemasaran online dapat dilakukan dengan iklan yang berbayar atau media lainnya. Tujuan dari pemasaran online pastinya untuk mengenalkan produk online pada konsumen dan meningkatkan minat beli mereka.

PENGERTIAN PEMASARAN ONLINE MENURUT PARA AHLI

Selain pengertian secara umum, berikut pemasaran online yang didefinisikan oleh para ahli.

 Marwan (1991)

Menurut Marwan, pemasaran online Merupakan usaha perencanaan kiat-kiat untuk menjual produk secara online. Strategi tersebut nantinya akan menghasilkan profit jika dilakukan dengan baik. Yang paling utama adalah kepuasan konsumen karena promosi online hanya mengandalkan visual.

 Chaffey (2000)

Pemasaran online menurut Chaffey Merupakan segala bentuk promosi produk ataupun jasa melalui internet. Penjualan online ini dapat dilakukan dengan menggunakan jasa iklan online, atau membuat toko di platform online.

 Kotler (2002)

Kotler mengartikan pemasaran sebagai sebuah proses untuk melakukan penjualan online. Proses tersebut terdiri atas pembuatan, penawaran, serta penjualan produk. Baik online atau offline, arti pemasaran sama saja. Yang membedakan hanyalah medianya.

B. Jenis-Jenis Channel Pemasaran Online

Sebenarnya, jenis pemasaran online ada beberapa, tapi berikut ini cukup delapan yang perlu Anda ketahui.
  1. Media sosial, seperti Youtube, Twitter, Instagram, TikTok, Pinterest, dan masih banyak lagi.
  2. Marketplace, yaitu media pemasaran online yang memungkinkan toko online memulai bisnisnya, seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.
  3. Search Engine Optimization (SEO), yaitu tool untuk membuat toko serta produk online Anda berada di halaman pertama pencarian.
  4. Search Engine Marketing (SEM), bedanya dengan SEO yaitu dengan SEM, toko serta produk online Anda bisa berada di urutan tiga teratas ketika dicari.
  5. Email Marketing, merupakan strategi pemasaran online dengan konten produk yang akan dikirim ke e-mail konsumen.
  6. Affiliate Marketing, yaitu sistem kerjasama dengan pihak yang dapat mempromosikan produk Anda.
  7. Content Marketing, yaitu strategi dengan membuat konten yang menarik dan konsisten.
  8. Google Ads, yaitu strategi pemasaran online dengan menampilkan iklan produk atau toko online Anda lewat Google.
C. Ciri-Ciri Pemasaran Online

1. Promosi yang Lebih Fleksibel

Anda bisa melakukan penjualan online dengan waktu dan tempat yang tidak dibatasi. Bisa posting produk online kapanpun dan di manapun, sesuai dengan jadwal yang Anda buat sendiri.

2. Memiliki Jangkauan Luas

Karena pengguna internet tak pernah kendur, maka pemasaran online yang dilakukan melalui berbagai platform online dapat menjangkau seluruh dunia, terutama orang-orang yang menggunakan teknologi internet. Anda bisa berjualan tak hanya di Indonesia, tapi luar negeri juga!

3. Komunikasi Non-Stop

Internet dapat digunakan kapanpun, bahkan waktunya pun tidak memiliki limit. Karena tidak terbatas, komunikasi antara penjual dengan pembeli dapat terjadi di satu hari penuh. Hal ini juga bagus untuk merespon pembeli dengan cepat sehingga mereka nyaman.

D. Bagaimana Cara Melakukan Pemasaran Online?

Ketahui Target Pasar dan Perkembangan Kompetitor

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk berbisnis online adalah dengan anda menentukan produk yang ingin dijual serta target pasar yang akan membeli produk Anda nantinya. Target pasar harus berkesinambungan dengan kebutuhan, ya.

Sesuaikan dengan sebuah kebutuhan konsumen saat ini dengan produk Anda. Selain itu,dengan perkembangan kompetitor pun turut jad pertimbangan. Meski begitu, Anda bisa menjadikan kompetitor ini sebagai inspirasi untuk menjalankan bisnis yang lebih baik dengan tampilan yang berbeda dari yang lain.

1. Ciptakan Toko Online

Membuat toko online bisa lewat apa saja. Media promosi untuk pemasaran online salah satunya yaitu marketplace. Seperti yang sudah diketahui, marketplace berisi begitu banyak toko online. Sehingga, jika Anda memiliki akun toko online di berbagai marketplace, akan lebih banyak pula orang yang melirik produk Anda.

Tak hanya itu, media sosial juga berpengaruh sebagai media pemasaran online yang bagus. Sebab, pengguna media sosial sudah mendunia, dan hal itu dapat dimanfaatkan sebagai ajang penjualan online. Dijamin jitu! Apalagi menggunakan media sosial yang viral.

2. Organize Marketing Strategies Using Tools

Tools atau jenis-jenis pemasaran online yang telah dijelaskan sebelumnya dapat menjadi referensi untuk Anda memulai pemasaran online. Karena dengan mengoptimalkan penggunaan tools tersebut, konsumen akan lebih mudah menemukan toko online Anda, dan itu bisa jadi benefit untuk meningkatkan penjualan toko online Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan tools Google Ads, maka produk Anda akan muncul di Google, sesuai dengan seberapa banyak yang Anda ingin dimunculkan. Begitu pun dengan tools yang lain, ya.

3. Platform Pemasaran Online untuk Raup Keuntungan


• Shopee

Shopee menjadi salah satu e-commerce yang memiliki banyak pengguna, baik sebagai pembeli maupun penjual, Shopee dapat dijadikan platform pemasaran online Anda. Shopee juga punya fasilitas yang memudahkan Anda dari mengaktifkan promosi hingga mencari supplier tangan pertama.

• Instagram

Siapa yang tidak punya akun Instagram? Hampir semua orang telah bergabung ke Instagram. Maka dari itu, Anda dapat mempromosikan produk online Anda dengan bantuan hashtag Instagram supaya mudah dicari konsumen.

• Ginee

Ginee merupakan platform Omnichannel yang membantu Anda dalam pengelolaan bisnis, lho. Jika Anda punya toko online di berbagai marketplace dan kebingungan untuk manage, maka Ginee bisa jadi solusi tepat berbisnis. Hanya dengan satu klik, Anda bisa mengatur promosi di toko online Anda menggunakan fitur promosi yang mudah!

E. Keuntungan Pemasaran Online

Mengetahui seluk beluk pemasaran online seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu manfaat pemasaran online pun banyak adanya. Hal ini otomatis menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda yang berjualan online. Apa saja keuntungannya, ya?

1. Soal Biaya, No Problem

Berbeda dengan strategi pemasaran offline, pemasaran online tidak membutuhkan banyak biaya asal Anda pintar-pintar menemukan cara terbaik untuk mengiklankan produk. Garis besarnya, Anda tidak butuh ongkos untuk promosi ke masing-masing konsumen, tapi cukup dengan media promosi online saja, produk Anda sudah bisa meluas.

2. Target Cepat Diperoleh

Menemukan target pasar itu tidak sulit jika Anda melakukan pemasaran online. Kenapa? Karena cepatnya teknologi internet dapat membantu Anda menentukan target pasar yang sesuai untuk setiap produk yang Anda jual. Misalnya, perkembangan pasar sedang viral soal dessert. Maka, dessert atau kue-kue bisa jadi referensi Anda untuk berjualan.

3. Promosi Jangka Panjang

Umumnya, pemasaran bisnis offline hanya bertahan sebentar. Tapi, beda halnya dengan strategi pemasaran online. Karena Anda mengandalkan konten yang terus-menerus berjalan, maka jangka waktu untuk promosi online lebih lama.

4. Analisis Mudah dengan Sistem Digital

Menganalisis pemasaran online dapat dilakukan dengan cepat dan mudah menggunakan tools yang disediakan di internet. Seperti Google Analytics, Anda akan dapat memperkirakan perkembangan bisnis Anda dengan lebih tertata.

Demikian artikel ini yang membahas tentang” Pengertian Pemasaran Online, Cara, Jenis, dan Keuntungan yang Pasti” Semoga bermanfaat.