Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli Terbaru

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli Terbaru. Pada postingan berikut ini admin blog risetpasar.id akan menjelaskan tentang Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli Terbaru.

Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa, dalam menjalankan suatu bisnis, baik bisnis produk maupun bisnis jasa, anda pasti tak asing dengan istilah manajemen pemasaran. Banyak yang mengira bahwa manajemen pemasaran adalah teori semata yang digunakan saat melakukan bisnis. Tapi lebih daripada itu, manajemen pemasaran memiliki pengertian yang lebih luas sebagaimana penjelasan para ahli dibawah ini.

Pada prinsipnya, sebuah usaha yang didirikan untuk mendapatkan laba atau keuntungan yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha serta membiayai gaji para pekerjaan dan biaya-biaya lain (fixed cost dan variable cost).

Untuk memahami mengenai apa itu manajemen pemasaran, bagaimana fungsinya, dan bagaimana tujuan serta konsep-konsepnya, di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai manajemen pemasaran secara mendetail.
PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI TERBARU


PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI TERBARU

Berikut ini merupakan beberapa penbisatentang Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli Terbaru. Silakan simak ya sobat risetpasar.id.

Manullang dan Hutabarat (2016)

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Manullang dan Hutabarat (2016) adalah suatu proses dalam rangka melakukan analisa, merencanakan, melaksanakan dan mengontrol kegiatan dalam pemasaran yang mencangkup ide-ide, barang dan jasa yang berdasar pertukaran dengan tujuan untuk menghasilkan kepuasan konsumen dan tanggung jawab produsen.

Swastha D. (2014)

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Swastha D. (2014) adalah perencanaan, pelaksanan, dan pengendalian pemasaran secara total termasuk perumusan tujuan, kebijakan dalam pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran dengan tujuan menciptakan pertukaran dan memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen baik individu atau organisasi.

Kotler & Keller

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Kotler & Keller adalah sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Selanjutnya Kotler & Keller juga mendefinisikan manajemen pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan program-program yang menguntungkan perusahaan, dan juga bisadiartikan sebagai ilmu memilih pangsa pasar supaya bisamenciptakan nilai pelanggan yang unggul.

American Marketing Association

Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang bisa memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

Philip Kotler/Armstrong


Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler/Armstrong ialah analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian atas program yang dirancang dalam rangka untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

Buchari Alma

Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma ialah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan ataupun bagian di pemasaran.

Philip William J Shultz

Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip William J Shultz ialah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.

John W Mullins

Pengertian manajemen pemasaran menurut John W Mullins adalah proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan program, yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide-ide yang di rancang dalam rangka untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

Peter R Dickson

Pengertian manajemen pemasaran menurut Peter R Dickson adalah kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku.

William J Stanton

Pengertian manajemen pemasaran menurut William J Stanton adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan suatu pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud dalam angka untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

Boyd, Walker, Larreche

Pengertian manajemen pemasaran menurut Boyd, Walker, Larreche adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi sebagai berikut: kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang bisaditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

Winardi

Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi ialah proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.

Sofyan Assauri

Pengertian manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri adalah kegiatan aktivitas menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan serta mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan serta peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi serta pendistribusian produk tersebut, menetapkan harga serta mentransaksikannya. Dengan tujuan agar bisa memuaskan konsumennya serta sekaligus bisa mencapai tujuan organisasi perusahaan dalam jangka panjang.

Swastha

Pengertian manajemen pemasaran menurut Swastha adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program-program yang bertujuan untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Lupiyo Adi

Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan pada konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama.

Dharmmesta & Handoko

Pengertian manajemen pemasaran menurut Dharmmesta & Handoko adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan agar perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Suatu kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan suatu kepuasan kepada konsumen jika ingin usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

Daryanto

Pengertian manajemen pemasaran menurut Daryanto adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

Suparyanto & Rosad

Pengertian manajemen pemasaran menurut Suparyanto & Rosad Suparyanto & Rosad adalah proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program-program yang mencakup pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi dari produk, jasa dan gagasan yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ben M Eniy

Pengertian manajemen pemasaran menurut Ben M Eniy adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, admin blog risetpasar.id bisa simpulkan bahwa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, menganalisis, pengorganisasian dan pengontrolan dari rencana yang sudah disepakati di awal, proses tersebut sangat mempengaruhi berjalan atau tidak suatu pemasaran maka dari pada itu hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen baik individu maupun organisasi untuk menghasilkan kepuasan konsumen.