Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasaran Online: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Komponen dan Cara Kerja

Jika Anda melihat-lihat, semakin populernya internet telah mengubah cara orang mengumpulkan berita, berkomunikasi, membeli, dan mempromosikan menggunakan pemasaran online, blog, wiki, jejaring sosial, dan situs berita.

Yuk simak penjelasannya : Pengertian Pemasaran Online, Manfaat Pemasaran Online, Kelebihan Pemasaran Online, Komponen Pemasaran Online dan Cara Kerja Pemasaran Online
https://www.risetpasar.id/2022/03/pemasaran-online-pengertian-manfaat.html

PEMASARAN ONLINE

Pemasaran online yang biasa disebut dengan internet marketing, pemasaran elektronik atau online marketing adalah segala upaya untuk memasarkan suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan World Wide Web (World Wide Web).

Kata e dalam e-marketing mengacu pada elektronik (electronic), yang berarti kampanye pemasaran yang dimaksud dilakukan secara elektronik melalui internet atau jaringan jaringan. Kampanye pemasaran internet biasanya mencakup atau berkisar pada hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan produk yang diiklankan, calon pelanggan atau pembeli, dan penulisan atau salinan pernyataan pemasaran.

PEMASARAN ONLINE DARI PARA AHLI

Menurut Armstrong dan Kottler, pemasaran online adalah aspek pemasaran dari e-commerce, yang merupakan tugas perusahaan untuk berkomunikasi, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui Internet.

Menurut Boone dan Kurtz, pemasaran online adalah salah satu komponen dalam e-commerce yang sangat dihargai oleh pemasar, strategi untuk proses pembuatan, pendistribusian, promosi dan penetapan harga barang dan jasa untuk pangsa pasar internet atau melalui alat digital lainnya.

MANFAAT PEMASARAN ONLINE
  • Lakukan perubahan dengan cepat.
  • Tentukan kelompok sasaran tertentu.
  • Beberapa pilihan media.
  • Hubungan yang efektif antara pemasar dan konsumen.
  • Kemampuan konversi instan.

KEUNTUNGAN PEMASARAN ONLINE
  • Organisasi yang lebih mudah dan sederhana.
  • Mudah untuk mengelola kargo.
  • Layanan lebih fokus.
  • Riset pasar lebih mudah.
  • Biaya pemasaran yang rendah.
  • Mudah untuk memilih target pasar.
  • Ruang dan waktu yang tak terbatas.
KOMPONEN PEMASARAN ONLINE

pemasaran konten

Konten adalah alat untuk menarik calon pelanggan dan calon pelanggan ke situs web, toko online (e-commerce), dan blog. Konten dapat berupa artikel, blog, panduan cara, e-book, presentasi, video dan audio. Konten berkualitas yang dibutuhkan atau berguna oleh pembaca akan meningkatkan kepercayaan, memperkuat hubungan antara pemilik konten dan pembacanya, dan meningkatkan peringkat pengunjung.

pasar mesin pencari

Mesin pencari adalah tempat pelanggan pertama kali mencari informasi bisnis, produk, atau layanan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Google menjadi referensi untuk pencarian Internet, mencari perusahaan, produk, merek atau kata-kata. Kunci-kunci penting yang berkaitan dengan produk harus bisa mengacu pada informasi di website.

email Pemasaran

Pemasaran email memiliki kemampuan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau prospek bisnis Anda, sehingga ketika mereka membutuhkan sesuatu, Anda selalu ada di pikiran mereka.

Pemasaran email secara umum dipahami sebagai email yang berisi materi promosi yang dikirim melalui email ke sekelompok pengguna internet untuk mempromosikan suatu produk atau layanan.

hubungan masyarakat online

E-PR (Electronic PR), Cyber​​​PR, Online PR, atau Internet PR, adalah kegiatan kehumasan yang berbasis internet.

PR menggunakan media Internet untuk membangun merek dan menjaga kepercayaan publik. Strategi PR online ditargetkan ke situs berita dan komunitas online tertentu.

pemasaran media sosial

Media sosial adalah media online di mana pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten, termasuk blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki adalah bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Media sosial menjadi sarana promosi bisnis yang efektif karena siapa saja bisa mengaksesnya, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian integral dari pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan pelanggan.

iklan online

Iklan online adalah metode periklanan menggunakan Internet dan World Wide Web untuk menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.

Periklanan

Periklanan biasanya memiliki dua tujuan, branding dan penjualan, atau keduanya. Setelah target ditentukan, berbagai media dapat dipilih berdasarkan profil target pasar dan anggaran yang sesuai. Berbagai media online, mesin pencari seperti Google AdWords, dan media sosial semuanya bisa menjadi cara untuk beriklan secara online.

situs web

Website adalah media promosi yang paling populer. Sebuah situs web dapat didefinisikan sebagai kumpulan halaman yang saling terkait, masing-masing dihubungkan oleh hyperlink.

Secara umum tujuan dibuatnya sebuah website adalah untuk menarik sebanyak mungkin calon pengunjung, dan semakin banyak orang yang ingin melihat informasi yang ditawarkan website tersebut maka semakin banyak pula orang yang mengetahui dan tertarik dengan produk/jasa yang ditawarkannya. .

Konversi

Konversi adalah teknik yang memetakan kunjungan ke situs web atau toko online. Penjual harus dapat menganalisis susunan lalu lintas: berapa banyak pengunjung situs, persentase pengunjung yang mengklik tombol beli, dan persentase orang yang benar-benar melakukan pembelian.

CARA KERJA PEMASARAN ONLINE

kesadaran

Pemasar menempatkan iklan pertama kali di media online untuk membangun kesadaran konsumen.

Minat

Minat setelah membangun kesadaran konsumen. Konsumen akan belajar tentang produk melalui mesin pencari seperti Google atau Yahoo! dan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

keinginan (keinginan)

Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut melalui situs web.

Action (Tindakan)

Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.