Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pemasaran Online bagi Bisnis

Pemasaran online adalah cara mempromosikan bisnis Anda secara online. Para pebisnis bisa menuai berbagai keuntungan ketika melakukan pemasaran online.

Di era digital seperti sekarang, penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan utama. Banyak orang melakukan aktivitas secara online, termasuk mempromosikan produknya.

Pemasaran online dianggap sebagai cara paling efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.

Pemasaran online juga dianggap paling baik untuk mengembangkan bisnisnya dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada offline.

Beragamnya keuntungan yang tersedia membuat para pebisnis memutuskan untuk melakukan pemasaran online.

Berikut kumpulan manfaat pemasaran online bagi para pebisnis seperti dilansir emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (12 September 2021).
Manfaat Pemasaran Online bagi Bisnis

MENGURANGI BIAYA

Dibandingkan dengan pemasaran offline, pengurangan biaya menjadi alasan utama para pebisnis memilih untuk melakukan pemasaran online. Hal ini dikarenakan penggunaan media sosial, website dan media internet lainnya sebagian besar gratis.

Jika ada iklan berbayar online, biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada memasang iklan dalam jumlah besar di TV, radio, surat kabar, atau percetakan selebaran.

Bayar per klik juga merupakan cara yang bagus untuk menghemat dan mengawasi biaya Anda, karena pembayaran didasarkan pada jumlah klik sebenarnya yang didapat iklan Anda.

Beriklan dengan media tradisional berbeda, para pebisnis harus membayar banyak, tetapi mereka tidak tahu berapa banyak orang yang benar-benar memperhatikan.

TERUKUR SECARA REAL-TIME

Pemasaran online mudah diukur dengan mesin analitik seperti Google Analytics. Dengan cara ini, informasi tentang klik, kunjungan, dan penjualan dapat diperoleh dari SEO, AdWords, media sosial, konten, dan pemasaran email yang dibuat.

Meskipun cara ini membutuhkan proses yang panjang, namun setelah menerapkan cara tersebut, para pelaku bisnis dapat melihat hasilnya secara real time.

Dengan cara ini, juga memungkinkan untuk mengukur efektivitas strategi pemilik bisnis dan untuk segera mengidentifikasi dan menerapkan perubahan.

TETAPKAN TUJUAN DENGAN CEPAT

Dengan kematangan teknik pemasaran saat ini, iklan dapat ditempatkan untuk membidik calon konsumen yang memang benar-benar tertarik atau membutuhkan produk yang ditawarkan.

Teknologi saat ini memungkinkan calon konsumen untuk secara sukarela memberikan informasi sehingga para pelaku bisnis dapat melacak dengan tepat apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

PAPARAN JANGKA PANJANG

Promosi melalui pemasaran offline biasanya hanya berlangsung 1-4 minggu. Hal ini berbeda dengan pemasaran online, yang merupakan proses berkelanjutan.

Di situs pencarian, konten promosi akan tetap terlihat oleh konsumen untuk waktu yang lama. Pengiklan hanya perlu membuat beberapa pembaruan agar konten tetap menarik.

Inilah sebabnya mengapa hampir semua pemilik bisnis saat ini menggunakan pemasaran digital online. Hal ini juga berlaku untuk pengelolaan keuangan perusahaan.