Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Konsep dan Bauran Pemasaran

PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran merupakan landasan yang paling utama dalam melakukan bisnis dan masyarakat. Kemampuan produsen dalam mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen dan mengkombinasikannya dengan kondisi pasar merupakan kegiatan utama bagi suatu perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan agar tetap eksis.

Definisi pemasaran menurut Stanton (dalam Basu Swasta dan Irawan 2003:5): ”Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan dalam rangka untuk merencanakan, menetukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.”

Pengertian pemasaran sebagaimana yang dikemukan Kotler dan Armstrong (2000:7): ”Suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lainnya.”

Makna pemasaran sebagaimana yang dikemukakan kedua para ahli atas menerangkan bahwa kegiatan pemasaran mencakup ruang lingkup kegiatan yang sangat luas yang dimulai dari menetukan kebutuhan konsumen dan diakhiri dengan kepuasan konsumen.
https://www.risetpasar.id/2022/03/konsep-pemasaran.html

KONSEP PEMASARAN

Kegiatan pemasaran adalah sesuatu yang bermula dan berakhir pada konsumen. Bagi perusahaan yang berorientasi pada konsumen (pasar), maka kegiatan pemasaran akan bermula dan berakhir pada konsumen. Artinya dimulai dari menetukan apa yang diinginkan konsumen dan diakhiri dengan kepuasan konsumen. Pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan syarat mutlak bagi kelangsungan hidup perusahaan seperti yang tercermin dalam konsep pemasaran.

Konsep pemasaran yang dikemukakan oleh Dharmmesta dan Irawan (2000:10) ”Konsep pemasaran adalah suatu falsafah bisnis yang menyatakan bahwa kepuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”. Dari konsep pemasaran sebagaimana yang disebutkan diatas jelaslah bahwa perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang.

FUNGSI PEMASARAN

Berikut ini merupakan fungsi pemasaran Menurut pendapat Philip Kotler (2002:559) sebagai berikut:
  • Suatu kegiatan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan, pesaing serta pelaku dan kekuatan lain yang ada saat ini maupun yang potensial dalam lingkungan pemasaran.
  • Suatu kegiatan Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian.
  • Mencapai persetujuan akhir mengenai harga dan syarat lain sehingga transfer kepemilikan dapat dilakukan.
  • Menanggung resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran pemasaran.
  • Mengatur kesinambungan penyimpanan dan pergerakan produk sampai ke pelanggan akhir.
TUJUAN PEMASARAN

Berikut ini merupakan pembahasan tentang tujuan dari pemasaran, yaitu:
  • Menjadikan kegiatan dalam pengembangan kemampuan bisnis agar bisa melakukan adaptasi.
  • Sebagai dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan pemasaran.
  • Kegiatan Pemasaran dipakai untuk media ukur dari hasil pemasaran berdasar pada standar prestasi yang telah ditentukan.
  • Agar tim pemasaran bisa meningkatkan kualitas koordinasi diantara individu-individu di dalamnya.
BAURAN PEMASARAN

Setelah memutuskan target pasarnya, perusahaan memutuskan rencana detail untuk bauran pemasaran. Menurut pendapat Kotler (2008,p48), bauran pemasaran adalah seperangkat taktik atau strategi pemasaran yang dapat dikontrol yang didalamnya meliputi produk, harga, tempat, dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menciptakan respon dari target marketnya. Bauran pemasaran juga dikenal dengan 4P. menurut Kotler & Amstrong (2008), 4P didefinisikan:

1. Produk (product)

Produk adalah kombinasi benda atau jasa dari perusahaan yang ditawarkan ke target pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Produk secara luas meliputi desain, merk, hak paten, positioning, dan pengembangan produk baru.

2. Harga (price)

Harga adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan suatu produk atau jasa. Harga juga merupakan pesan yang menunjukan bagaimana suatu brand memposisikan dirinya di pasar.

3. Distribusi (place)

Distibusi meliputi aktivitas perusahaan dalam membuat produknya tersedia di target pasar. Strategi pemilihan tempat meliputi transportasi, pergudangan, pengaturan persediaan, dan cara pemesanan bagi konsumen.

4. Promosi (promotion)

Pengertian Promosi adalah aktivitas sebuah perusahaan untuk mengkomunikasikan produk dan jasanya dan mempengaruhi target konsumen untuk membeli. Adapun yang termasuk dalam kegiatan promosi antara lain, iklan, personal selling, promosi penjualan dan public relation.

Penjelasan sebagaimana yang sudah admin blog risetpasar.id paparkan diatas dapat digambarkan empat variable bauran pemasaran dalam Gambar II.1 berikut :
https://www.risetpasar.id/2022/03/konsep-pemasaran.html

Demikianlah artikel yang mengulas tuntas tentang Pemasaran yang dimulai dari Pengertian, Tujuan, Fungsi, Konsep dan Bauran Pemasaran. semoga bermanfaat.