Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jenis KUR BCA 2022, Segera Ajukan dan Lengkapi Syaratnya

APA ITU KUR?

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu program pemerintah. Tujuannya yakni membantu akses permodalan bagi UMKM. Pelaksanaan KUR tersedia dalam bentuk pemberian pinjaman dana pada pelakon bisnis UMKM. UMKM dapat mengakses KUR melalui lembaga penyalur yang terdiri dari Bank, Koperasi, dan Lembaga Pembiayaan. Salah satu Bank yang bekerjasama dengan pemerintah dalam program KUR adalah Bank BCA.

Sampai saat ini program KUR BCA masih memiliki peminat yang tinggi. Sebab program ini memberikan angin segar terhadap pengembangan bisnis. Terutama yang bergerak dalam ranah UMKM. Terlebih lagi dalam masa pandemi seperti saat ini, bantuan berupa pinjaman dana akan sangat membantu memperkuat finansial UMKM.

Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mengetahui 4 jenis Kredit Usaha Rakyat atau KUR BCA 2022. Segera ajukan dan lengkapi syarat-syaratnya berikut ini.

Pada tahun 2022 ini, Bank BCA kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menyalurkan KUR bagi pelaku UMKM di Tanah Air. Pelaku UMKM yang tertarik untuk ajukan KUR BCA segera datangi kantor BCA terdekat dan dapatkan KUR BCA hingga Rp 500 juta.

BCA sendiri menawarkan 4 jenis KUR, yakni KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR Khusus. Untuk KUR Super Mikro dan KUR Mikro, baik kredit modal kerja (KMK) maupun kredit investasi (KI) masing-masing diberikan 3 tahun dan 5 tahun.

Keduanya tidak dikenakan biaya appraisal dan pengikatan agunan notariil. Untuk pinjaman KUR Mikro limit pinjaman mulai dari di atas Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Sedangkan untuk KUR Kecil diberikan limit pinjaman mulai dari di atas Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta.

Sementara itu, untuk KUR Kecil dan KUR Khusus, keduanya diberikan KMK 4 tahun dan KI 5 tahun. Untuk biaya appraisal dan pengikatan agunan notariil sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
https://www.risetpasar.id/2022/03/jenis-kur-bca-2022-segera-ajukan-dan.html

JENIS KUR BCA

Berikut jenis KUR BCA selengkapnya;

1. KUR Super Mikro dan KUR Mikro
  • KMK: 3 Tahun dan KI: 5 Tahun
  • Biaya Appraisal dan Pengikatan Agunan Notaril: Tidak Ada
2. KUR Kecil dan KUR Khusus
  • KMK: 4 Tahun dan KI: 5 Tahun
  • Biaya Appraisal dan Pengikatan Agunan Notaril: Sesuai dengan ketentuan yang berlaku
3. Dari jenis-jenis KUR tersebut, maka jenis agunan yang diterima berupa:
  • Tanah kosong/ tanah bangunan
  • Kios
  • Kendaraan bermotor
  • Persediaan barang
  • Mesin
  • Sebagai agunan tambahan
Untuk anda yang ingin mengajukan KUR BCA sampai dengan Rp500 juta, syarat yang harus anda penuhi antara lain seperti berikut:
  1. Pemohon merupakan individu atau bisa juga pemilik badan usaha berbadan hukum yang sah
  2. Pengusaha berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  3. Pengusaha produktif khususnya dalam usaha ritel yang mendapatkan KUR yang sesuai dengan ketentuan dari pemerintah
  4. Usaha minimal sudah berjalan 6 bulan secara kontinyu
  5. Fotocopy KTP/SIM
  6. Fotocopy buku rekening tabungan
  7. Menyertakan dokumen asli aset berharga sebagai agunannya seperti sertifikat rumah, tanah, kebun, atau BPKB
  8. Mengisi formulir pengajuan KUR BCA yang sudah disediakan.
SYARAT KUR BCA 2022

KUR BCA adalah program pemerintah yang rutin setiap tahunnya. Seperti penyebutannya, KUR merupakan pemberian kredit dalam rangka pengembangan usaha.

Namun tentu saja Anda harus memenuhi persyaratan tertentu untuk mendapatkannya. Berikut adalah bahasan mengenai syarat dan tata cara pengajuannya.

Meskipun sama sebagai kredit, namun KUR BCA memiliki beberapa syarat khusus yang membedakannya dengan kredit lain. Syarat tersebut yaitu:
  • Merupakan WNI
  • Untuk Pemohon merupakan pemilik usaha yang aktif dan produktif.
  • Sudah berusia 21 tahun.
  • Usahanya telah berjalan sekurang-kurangnya 6 bulan.
  • Dapt Menyiapkan laporan atas kegiatan dan keuangan usaha.
  • Nominal kredit sekurang-kurangnya Rp 50.000.000, dan sebanyak-banyaknya Rp 500.000.000.
  • Untuk pemohon kredit di atas Rp 50.000.000 harus menyertakan data NPWP.
  • Tidak sedang menjalani kredit di lembaga manapun, dalam bentuk apapun. Larangan ini termasuk kredit dan pinjaman berbasis online.
  • Lulus BI Checking atau pengecekan hutang-piutang oleh Bank Indonesia.
  • Tidak masuk dalam daftar catatan hitam Bank Indonesia.
  • Melampirkan Fotokopi data diri, bisa menggunakan SIM atau KTP.
  • Melampirkan Copy Kartu Keluarga.
  • Melampirkan Fotokopi rekening tabungan BCA.
  • Melampirkan dokumen atas aset berharga yang akan jadi jaminan kredit. Bisa berupa aset lahan, kepemilikan bangunan, ataupun BPKB kendaraan.
  • Melakukan pengisian formulir khusus KUR BCA.
Semua persyaratan ini bertujuan untuk membuktikan keabsahan dari calon pemohon kredit. Oleh sebab itu Anda tidak boleh melewatkan satupun di antaranya.

Ada 3 hal utama yang akan diperiksa dalam penyerahan dokumen. Antara lain keabsahan usaha berjalan, validasi identitas diri, dan kesesuaian jaminan atas nilai pengajuan pinjaman.

CARA PENGAJUAN KREDIT USAHA RAKYAT BCA

Perkiraan waktu 7 hari.

Sama seperti pengajuan pinjaman di bank pada umumnya, Anda harus melewati serangkaian tahapan yang ketat.

Hal ini bertujuan untuk menghindari para pemohon dengan usaha bodong, ataupun data diri yang palsu. Berikut adalah tahapan pengajuan KUR BCA:

Persiapkan Seluruh Persyaratan

Bagi Anda yang belum pernah melakoni permohonan KUR BCA sebelumnya, jangan menyepelekan tahapan administrasi. Banyak pemohon yang ternyata gugur pada proses awal, karena lalai dalam menyiapkan persyaratan dan dokumennya.
Pengajuan KUR melalui bagian Customer Service

Anda harus melengkapi beberapa formulir pengajuan KUR BCA. Perhatikan data yang Anda bubuhkan di sana, jangan sampai berbeda dengan yang tercantum dalam dokumen persyaratan. Sebab hal ini mengindikasikan bahwa permohonan Anda mungkin saja tidak valid.

Proses Survey oleh Petugas

Pihak Bank BCA akan lebih dulu melakukan survey lapangan, untuk memastikan kebenaran data calon debitur KUR. Survey ini akan melakukan verifikasi lokasi domisili Anda, beserta bukti usaha.

Verifikasi dan Persetujuan Final

Selanjutnya pihak Bank BCA akan melakukan pengecekan bertahap. Tujuan untuk menyesuaikan data tertulis, dengan kondisi riil selama di lapangan. Lamanya waktu yang untuk pengecekan ini sebenarnya tidak dapat dipastikan. Anda tinggal menunggu untuk dihubungi.

Mengurus Dokumen Pencairan

Jika permohonan KUR Anda lolos, maka Bank BCA akan menghubungi Anda, untuk mulai mengurus dokumen pencairan dana pinjaman.
Pencairan Dana

Setelah semuanya tuntas, tahapan akhir adalah akad kredit, dan Anda sudah bisa menerima dana kredit dari BCA.

Demikian artikel ini yang membahas tentang” Jenis KUR BCA 2022, Segera Ajukan dan Lengkapi Syaratnya” Semoga bermanfaat.