Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli. Pemasaran merupakan suatu proses dan manajerial di mana individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan dan apad yang diinginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk dan jasa serta nilai antara satu orang dengan orang lain.

Peranan pemasaran saat ini tak hanya mempromosikan suatu produk atau jasa hingga sampai ke tangan konsumen, tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada pelanggan secara berkelanjutan. Sehingga, keuntungan perusahaan dapat didapatkan dengan terjadi pembelian barang secara berulang oleh konsumen.

Jika sobat risetpasar.id bercita-cita menjadi seorang pebisnis, itu artinya anda perlu tahu lebih banyak mengenai dunia pemasaran. Hal ini tak lain karena suksesnya suatu bisnis sedikit banyak ditentukan oleh strategi pemasaran apa yang anda pakai. Sebagai pebisnis pemula kamu perlu mengetahui dan memahami dengan tepat mengenai pengertian pemasaran hingga tujuannya.
https://www.risetpasar.id/2022/03/definisi-pemasaran-menurut-para-ahli.html

DEFINISI PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Berikut ini admin blog risetpasar.id akan membagikan informasi mengenai pengertian pemasaran menurut para ahli, lengkap dengan strategi dan fungsinya telah kami rangkum dari Liputan6.com dan eprints.polsri.ac.id:

1. Kotler dan Amstrong (2012)

Definisi pemasaran menurut Kotler dan Amstrong (2012) adalah "Marketing as the process by which companies create value for customers and build strong customer relationships in order to capture value from customers in return", yang artinya pemasaran sebagai proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalan.

2. Stanton (2013)

Definisi Pemasaran menurut Stanton (2013) adalah suatu sistem dari suatu kegiatan bisnis yang dirancang dalam rangka untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan.

3. Melydrum (2016)

Definisi Pemasaran menurut Melydrum (2016) adalah proses bisnis yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia, finansial dan fisik organisasi dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan dalam konteks strategi kompetitif.

Berdasarkan beberapat definisi pemasaran menurut pendapat para ahli yang telah kami paparkan diatas, maka dapat admin blog risetpasar.id simpulkan bahwa pemasaran merupakan suatu kegiatan perekonomian yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan.

STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran merupakan suatu pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Ditinjau secara umum kegiatan pemasaran sangat berkaitan erat dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor mikro dan makro. Faktor mikro, yaitu pemasaran perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat. Sedangkan faktor makro, adalah demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERUBAHAN STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran, terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran sebagai berikut:

1. Daur Hidup Produk

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

2. Posisi Persaingan Perusahaan di Pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, yang termasuk didalamnya memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

3. Situasi Ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan sudut pandangan ke depan, apakah kondisi ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

FUNGSI PEMASARAN

Selain mengetahui pengertian pemasaran dan strategi pemasaran, sobat blog risetpasar.id juga perlu mengetahui dan memahami dengan baik apa fungsi dari pemasaran itu sendiri. Dalam hal ini, fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan adalah untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan, untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen, dan untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang selanjutnya tumbuh dan berkembang menjadi keinginan manusia. Fungsi pemasaran dibagi menjadi tiga, sebagai berikut:

1. Fungsi Pertukaran

Fungsi pemasaran yang pertama adalah fungsi pertukaran. Dengan pemasaran pelanggan atau pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan cara menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi pemasaran yang kedua adalah fungsi distribusi fisik yang dalam hal ini dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan beberapa cara baik melalui air, darat, udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak terjadinya kekurangan pada saat dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Fungsi pemasaran yang ketiga adalah fungsi perantara. Untuk menjual suatu produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan cara distribusi fisik.

Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti dengan cara pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi/penggolongan produk.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Berikut Strategi dan Fungsinya. Semoga bermanfaat. Salam risetpasar.id