Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Influencer Marketing

Contoh influencer marketing. Influencer marketing di Instagram sangat disarankan bagi anda untuk memperkenalkan brand lebih cepat dan meningkatkan penjualan. Seorang influencer bisa siapa saja, pada dasarnya seseorang dengan kemampuan tertentu, yang dianggap sebagai figur publik dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi banyak orang. Biasanya mereka memiliki banyak pengikut/pelanggan di media sosial.

Saat ini, Instagram bukan hanya sekadar media untuk berbagi foto dan video, tetapi telah menjadi segmen bisnis yang menggiurkan. Pengguna media sosial ini mencapai ratusan juta dan dikombinasikan dengan influencer akan menghasilkan promosi yang sukses. Berikut ini kami akan menjelaskan contoh influencer marketing di Instagram.
Contoh influencer marketing. Influencer marketing di Instagram sangat disarankan bagi anda untuk memperkenalkan brand lebih cepat dan meningkatkan penjualan

CONTOH INFLUENCER MARKETING DI INSTAGRAM

1. Kode Diskon

Jika Anda aktif di Instagram, tentu Anda akan melihat influencer mengunggah foto/video produk dengan kode unik di dalamnya. Ya, contoh influencer marketing ini sering disebut dengan kode diskon, yang digunakan ketika seorang pelanggan ingin membeli produk yang sedang dipromosikan. Dengan kode ini, pelanggan bisa mendapatkan diskon tertentu.

Cara ini diyakini efektif meningkatkan penjualan lebih cepat dengan menawarkan potongan harga kepada pelanggan. Dengan cara ini, bisnis juga tahu seberapa baik kinerja influencer yang bekerja dengan mereka. Ini karena setiap influencer memiliki kode diskon yang berbeda, sehingga Anda dapat melacak seberapa kuat mereka dengan target pasar mereka.

2. Kontes dan Giveaway

Contoh strategi marketing influencer di Instagram selanjutnya adalah mengadakan kontes dan giveaway. Metode ini sangat bagus untuk kesadaran merek, terutama jika selebritas memiliki jutaan pengikut di Instagram. Seperti namanya, metode ini mengharuskan pengikutnya untuk bersaing dengan pengikut lainnya untuk mendapatkan produk gratis.

Dengan pendekatan pemasaran ini, para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:
  • Merek semakin dikenal oleh masyarakat luas
  • Pengikut media sosial merek akan tumbuh pesat
  • Peluang penjualan yang kaya
  • Jangkau pelanggan baru yang potensial dan banyak lagi.
Seringkali, influencer mengadakan kontes dan hadiah dalam berbagai bentuk. Followers selalu menyukai promosi ini karena syarat dan ketentuan yang sederhana. Rumusnya, semakin sederhana persyaratannya, semakin banyak follower yang akan mengikuti event tersebut.

Beberapa syarat yang harus dilakukan oleh follower agar bisa mengikuti giveaway adalah sebagai berikut :
  • Mengomentari post
  • Menandai teman dengan jumlah tertentu
  • Follow sponsor/brand
  • Like post
  • Share post
  • Membuat konten orisinil dan lain sebagainya.
3. Feed dengan Foto Produk/Jasa

Biasanya influencer juga mengunggah foto dimana dia sedang menggunakan produk/jasa yang dipromosikan. Cara ini sangat ampuh untuk mempengaruhi banyak orang agar ikut menggunakan produk tersebut, karena ada bukti real bahwa idola mereka juga menggunakannya. Unsur keterikatan ini yang membuat banyak orang tidak ragu lagi melakukan transaksi sehingga penjualan meningkat.

Cara ini akan semakin efektif jika Anda telah menyiapkan hal-hal di bawah ini :
  • Konten foto yang berkualitas
  • Foto brand yang jelas
  • Caption menarik yang mengandung unsur Call to Action
  • Disematkan hashtag untuk menjangkau lebih banyak target pasar
4. Promosi di IG Story

Influencer juga menggunakan IG Stories dengan sangat efektif untuk memasarkan produk dan layanan yang membangun merek yang kuat. IG Stories juga diyakini menjangkau lebih banyak pengguna Instagram daripada feed. Tak heran, banyak influencer menggunakan fitur ini untuk mendukung produk dan layanan sepenuhnya.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan IG Story sebagai media promosi :
  • Konten langsung to the point, sehingga iklan akan tersampaikan dengan lebih baik ke pemirsa
  • Hashtag dan lokasi di IG Story juga akan ditampilkan di Explore sehingga non follower pun bisa menyaksikannya
  • IG Story memiliki pengguna yang lebih banyak dan lebih aktif, mereka cenderung langsung menanggapi sang idola
  • Durasinya yang pendek membuat pengguna Instagram tidak masalah melihat IG Story hingga habis, sehingga mereka bisa melihat keseluruhan kontennya
  • Tidak merusak keharmonisan feed Instagram influencer
  • Terhubung dengan Facebook, dengan pengguna yang lebih banyak dan universal
  • Terdapat fitur polling untuk mengetahui pendapat pemirsa
TIPS MENJALANKAN INFLUENCER MARKETING DI INSTAGRAM
  • Pilih influencer yang sesuai dengan target pasar Anda, misalnya jika Anda ingin menjual produk bayi, maka Anda harus memilih influencer yang juga seorang ibu dan memiliki anak.
  • Diskusikan dengan influencer untuk menjalankan kampanye secara efektif, terutama dalam hal konten promosi
  • Sasaran yang jelas misalnya ingin meningkatkan penjualan sekaligus traffic website bisa menggunakan kode diskon yang hanya bisa dilakukan di website
  • Pilih influencer yang tepat berdasarkan konten, keterlibatan, dan jumlah pengikut
  • Evaluasi hasil kampanye dengan menghitung perolehan pengikut, lalu lintas situs web, konversi, dan lainnya
Pemasaran influencer yang dikombinasikan dengan pemasaran media sosial benar-benar berdampak positif pada bisnis. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai menggunakan jasa influencer marketing dan social media marketing. Mareka akan menjamin peningkatan bisnis hingga 10x lebih baik melalui influencer terbaik di Instagram, Facebook, Twitter hingga Youtube.