Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Pasar Di Facebook

Cara Riset Pasar Di Facebook. Tentu saja, banyak dari kita menggunakan Facebook sebagai platform trading. Dulu kami bisa berjualan di FB dengan memposting di beranda, grup, atau kotak masuk pribadi kami. Namun, langkah ini tidak lagi efektif karena FB telah membatasi aktivitas jual beli di platformnya. Sebagai gantinya, Zuckerberg dan teman-temannya membuat fitur khusus di FB yang disebut pasar tempat kita bisa memposting produk. Termasuk kita juga bisa mencari barang dari sana.

Ciri-ciri jual beli atau jual beli di fb berdasarkan lokasi. Artinya produk yang ditawarkan di sana didasarkan pada kedekatan lokasi dengan kita. Jika lokasinya dekat, itu akan muncul.

Namun selain fitur geo-targeting ini, ternyata fb juga bisa melihat produk dari kata kunci yang dipasang. Jika suatu produk menggunakan kata kunci untuk menargetkan kota tertentu, maka itulah yang mereka rekomendasikan kepada orang-orang di kota itu.

Jadi prinsip dari FBMP sebenarnya mirip dengan marketplace lain kok sob.

Di sini kita akan belajar riset kata kunci marketplace facebook. Karena hal itu termasuk salah satu jurus jitu kita untuk bisa berkompetisi dengan pesaing di marketplace. Kita harus paham bahwa ada banyak pesaing baik di skala lokal maupun regional yang produknya sama dengan kita. Kalau kita tak mampu membuat kata kunci yang bagus dan tepat maka produk kita tak akan muncul di halaman pencarian.

Untuk selengkapnya mari kita simak tips nya di bawah ini.
Cara Riset Pasar Di Facebook. Tentu saja, banyak dari kita menggunakan Facebook sebagai platform trading

CARA MENAIKKAN INSIGHT MARKETPLACE FACEBOOK

Tanda-tanda keberhasilan pemasaran FBMP bisa kita lihat pada insight atau traffic orang yang mengklik postingan Anda. Semakin banyak traffic atau wawasan, semakin besar peluang produk Anda akan terjual. Salah satu cara untuk meningkatkan wawasan pasar Facebook adalah dengan meneliti kata kunci pasar Facebook.

Riset ini bukanlah hal utama, tetapi ini adalah hal pertama yang harus dilakukan jika kesalahan dapat membuat Anda kehilangan promosi.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan riset kata kunci pasar Facebook ini. Dari situ akan muncul indikator apakah produk Anda bisa sampai ke konsumen. Ada banyak manfaat riset pasar Facebook, lihat petunjuk di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Riset Marketplace Facebook

Salah satu manfaat riset kata kunci adalah kita bisa mengalahkan kompetitor kita dengan produk yang sama. Tidak semua orang bisa melakukan riset FBMP. Jika kita bisa melakukannya, maka kita selangkah lebih maju karena kita telah mengalahkan 50% dari pesaing kita yang ada. Maka tugas kita selanjutnya adalah bisa masuk 10% teratas, sehingga produk memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan. 

Nah itulah salah satu manfaat riset kata kunci di Facebook Marketplace, ini merinci kata kunci yang kita miliki sehingga orang lebih mudah menemukannya. Jika kata kunci dirinci, pasar secara otomatis akan menyusut. Tapi itu tidak masalah karena akan selalu ada orang yang mencari produk Anda. Sebelum kita masuk ke teknis penelitian, tentunya kita harus terlebih dahulu memahami pola pikir saat meneliti kata kunci. 

Jadi mentalitas utama yang harus kita miliki adalah mengurangi cakupan pasar dan memperbanyak varian peluncuran.

Ini semacam trik dalam sebuah peperangan, di mana kita memperbanyak varian tugas dari prajurit untuk memperkecil peluang musuh. Gampangnya adalah kita mengepung customer dengan banyak kata kunci yang detail-detail.

Untuk praktiknya nanti kita akan bahas di bawah ini. Sekarang tugas kita adalah memahami dengan betul, mindset di atas. Rumusnya adalah; perdetail lagi target pasar, sekaligus perbanyak varian produk (diferensiasi produk. Kamu tak harus menjual banyak produk kok, cukup dengan membuatnya nampak berbeda saja.

2. Keyword Marketplace Fb

Selain harus mengetahui pola pikir, ternyata Anda juga harus mengetahui cara penulisan kata kunci fb marketplace. Jika kita mencari item secara online, hal-hal seperti membeli kata kunci muncul. Jadi membeli kata kunci ini biasanya di awal kata kunci. Contoh pembelian KW adalah jual beli, toko, distributor, jual, supplier, dll. 

Namun, membeli kata kunci bukanlah pilihan terbaik jika Anda tidak menambahkannya ke nama produk Anda. Tulis nama produk Anda secara singkat dan jelas. Daripada menambahkan terlalu banyak embel-embel, tambahkan varian produk. Misalnya, alih-alih menulis "bathtub", Anda bisa menulis "red tub, dll". 

Tapi jangan hanya menulis kata kunci pembelian + nama produk, Anda juga harus menulis informasi termasuk kota target, target pelanggan, varian atau jenis produk. Bisakah Anda memberikan spesifikasi juga. Contoh informasi tersebut meliputi:

jual pashmina biru di Bantul Yogyakarta, jual ebook khusus untuk unas SMP, dan lain sebagainya.

Untuk semakin melengkapinya, maka kamu bisa menambahkan yang namanya keterangan lain seperti terbaik, termurah, terpercaya, dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya kata-kata ini kamu tambahkan, agar semakin menarik minat dari pembeli. Inilah yang dinamakan sebagai kata-kata hiperbola.

3. Tidak Bisa Jual Barang Di Marketplace Facebook? Pahami dulu Aturan Privasi FB

FB memiliki aturan khusus bagi mereka yang akan meneliti kata kunci pasar facebook. Jadi ada beberapa kata yang akan ditolak FB tanpa kompromi. Pertanyaan yang diajukan Facebook mencakup produk dengan kata kunci, amplifier, pemutih, enhancer, amplifier, dan banyak lagi. 

Jual beli barang terlarang juga akan terpengaruh langsung oleh aturan privasi Facebook. Jadi kalau mau jualan seperti ini di FB pasti tidak bisa di FB MP. Jika produk Anda benar-benar tidak berbahaya tetapi masih diblokir oleh FB, cari kata kunci lain berdasarkan sinonim hingga produk Anda dapat diunggah di sana. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penelitian KW, lihat tutorial lengkap di bawah ini.

4. Cara Riset Kata Kunci Facebook Marketplace

Berikut ini admin blog risetpasar.id akan bahas cara riset kata kunci marketplace facebook secara teknis. Simak langkahnya berikut ini dan praktekkan untuk berjualan.
  • Buka aplikasi fb di hp atau laptop kamu.
  • masuk atau login ke akun jualanmu.
  • klik ikon FBMP, yakni yang bergambar toko.
  • Ketik ikon atau menu “JUal Barang” yang bertanda plus.
  • Masuk ke jenis tawaran, lalu pilih barang dijual.
  • begitu masuk ke dasbor upload produk, maka bukalah halaman marketplace facebook yang tadi. bisa kamu buka di tab baru.
  • di halaman marketplace, klik telusuri barang.
  • lalu ketikkan buying keyword plus nama produkmu, misalnya “jual mukena…..”
  • di situ akan muncul banyak rekomendasi, tulis semua rekomendasi tersebut di tabel excel. Misalnya rekomendasi yang muncul adalah “jual mukena anak”, jual mukena murah, jual mukena terbaru, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu lalu kumpulkan kota target atau keterangan yang kamu butuhkan misalnya nama kota (Bantul, sleman, yogya, kulonprogo dan lain sebagainya).
  • buat kata kunci selengkap mungkin dari tiap rekomendasi + kota target di atas.
  • Jangan lupa juga menambahkan kata-kata hiperbola, seperti termurah, terdekat, halus , dan sebagainya.
  • Pada langkah selanjutnya, pakailah hasil dari riset tersebut untuk kamu copas di bagian judul pada dasbor FB MP yang tadi.
  • Selesai.
Demikianlah artikel yang mengulas tentang Cara Riset Pasar Di Facebook. Semoga bermanfaat. Salam risetpasar.id