Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Pelanggan Banyak Di Facebook

Cara Mendapatkan Pelanggan Banyak Di Facebook. Tahun 2022 masih penuh dengan lika- liku sebab suasana pandemi yang belum kunjung berakhir. Banyak pebisnis Facebook gratis yang saat ini kehabisan konsumen setianya akibat pandemi. Apakah Kamu juga tengah berjuang melewati nasib seragam? Lekas untuk bisa siasati dengan aneka metode memperoleh pelanggan banyak di Facebook terkini!

Pandemi mengubah keinginan serta pola belanja warga secara ekstrem. Riset membuktikan sepanjang pandemi, warga cenderung“ tidak setia” berbelanja di satu toko online. Belum lagi lonjakan orang dagang online baru yang bermunculan 2x lipat selaku dampak banyaknya warga yang kehilangan pekerjaan.

Berita bagusnya, masih belum terlambat untuk menyelamatkan bisnis Facebook gratis Kamu dari kehancuran. Ayo simak pembahasan lengkap MARKEY berikut ini seputar saran metode jualan online di Facebook sepanjang masa pandemi. Selamat membaca!
Cara Mendapatkan Pelanggan Banyak Di Facebook

PELUANG DAN CARA JUALAN ONLINE DI FACEBOOK: SOSIAL MEDIA TERBESAR DUNIA


Sedari dulu, trend berbisnis di sosial media tidak bisa disepelekan. Walaupun “cuma” mempromosikan bisnis di sosial media, nyatanya Anda bisa mendapatkan pemasukan yang tak kalah besar dari berjualan di e-commerce.

Semisal ketika berbisnis Facebook gratis, kita bisa mempromosikan usaha ke jutaan pengguna Facebook dan mendapat banyak calon pembeli dari berbagai kalangan. Berbisnis di sosial media juga tergolong aktivitas yang menyenangkan karena Anda bisa bekerja sembari bermain sosmed.

Selama masa krisis pandemi, sosial media Facebook terbukti ampuh menjadi jalan terbaik untuk tetap mempertahankan bisnis di masyarakat. Dengan menerapkan beragam cara jualan online di Facebook yang tepat, Anda bisa selalu terkoneksi dengan konsumen.

Mulai dari mempromosikan brand, memberikan dukungan dan menunjukkan empati, serta menawarkan beragam solusi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di masa sekarang. Meskipun pembelian tatap muka masih dibatasi demi alasan kesehatan, kabar bagusnya, hal tersebut mendorong pertumbuhan bisnis online secara signifikan.

Dengan kata lain, orang-orang mulai lebih banyak berbelanja secara online baik di sosial media atau e-commerce. Inilah kesempatan baru Anda untuk kembali mempraktekkan cara-cara mendapatkan pelanggan banyak di Facebook.

FACEBOOK MERUPAKAN SOSIAL MEDIA TERBESAR DUNIA

Dibandingkan sosial media lainnya, Facebook adalah sosial media pertama yang kepopulerannya berkembang amat pesat. Di Indonesia sendiri, Facebook sudah terkenal dari tahun 2008. Sampai sekarang pun jumlah pengguna setianya masih berada di angka jutaan.

Pihak Facebook pun menyadari potensi platformnya yang amat besar untuk transaksi online. Akhirnya Facebook merilis fitur-fitur khusus seperti Marketplace dan Halaman Bisnis untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan usaha secara online. Sekarang tugas Anda hanyalah mencari cara jualan online di Facebook yang tepat.

KEUNTUNGAN BISNIS FACEBOOK GRATIS UNTUK ANDA

Beberapa keuntungan berbisnis di Facebook adalah:
  • Lebih mudah memantau perkembangan bisnis dengan fitur Admin. Anda bisa mengecek semua komentar, jumlah tampilan, share dan respon masyarakat terhadap iklan-iklan atau konten produk yang diposting ke Facebook.
  • Bebas menjangkau banyak orang tanpa batas. Satu akun Facebook bisa memiliki teman atau pengikut hingga ribuan orang. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis Facebook Anda maka akan semakin besar peluang usaha sukses mendapat banyak konsumen.
  • Bisa muncul di Google. Jika dikelola dengan benar memakai SEO, konten-konten yang Anda iklankan di Facebook bisa muncul di mesin pencari seperti Google. Ini adalah cara mendapatkan pelanggan banyak di Facebook lainnya yang bisa dicoba.
  • Menjadikan bisnis terlihat profesional. Salah satu kendala bisnis di sosial media adalah tampak tidak profesional. Dengan fitur seperti Marketplace atau Halaman Bisnis dari Facebook, usaha Anda akan tampak kredibel dengan mudah.
  • Tersedia fitur ulasan dari pembeli. Konsumen Anda sekarang bisa memberikan ulasan kepuasan terhadap bisnis dengan memberi bintang 1 (sangat buruk) sampai 5 (sangat baik) langsung di halaman Facebook bisnis Anda. Ulasan ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas bisnis online Anda.
CARA MENDAPATKAN PELANGGAN BANYAK DI FACEBOOK SELAMA PANDEMI

Ternyata peluang bisnis di Facebook masih sangat besar dan menjanjikan, bahkan di masa pandemi 2021. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara mendapatkan pelanggan banyak di Facebook agar usaha bisa terus bertahan di era krisis. Berikut ini 5 cara yang bisa Anda coba:

1. Silahkan Perbanyak Tunjukkan Empati Melalui Postingan Facebook

Tips pertama, tunjukkan empati Anda terhadap musibah yang dialami masyarakat melalui postingan-postingan di Facebook. Prioritaskan perasaan dan kepentingan konsumen Anda di atas segalanya.

Dalam situasi seperti sekarang, rasanya tidak etis jika kita selalu mengedepankan postingan promosi dan iklan jualan. Faktanya masyarakat juga tidak menyukai sikap tersebut.

Ketika sedang terjadi bencana, masyarakat lebih menginginkan simpati terhadap perasaan dan kekhawatiran mereka. Akibatnya mereka menilai negatif bisnis yang hanya fokus pada kepentingan usahanya sendiri.

Dengan banyak menunjukkan empati terhadap bencana yang dialami, masyarakat akan merasa bahwa bisnis Anda peduli terhadap kesusahan mereka. Bentuk perwujudan empati dalam bisnis ini bisa bermacam-macam, seperti:
  • Memberikan harga diskon khusus masa pandemi.
  • Menyediakan layanan berbasis protokol kesehatan.
  • Melakukan donasi ke masyarakat yang membutuhkan. Anda juga bisa mengajak konsumen untuk berpartisipasi dalam donasi tersebut.
  • Memberi bonus hadiah kecil-kecilan seperti handsanitizer dan masker gratis, dan lain-lain.
Bisnis yang menunjukkan rasa solidaritas juga akan lebih mudah untuk berkembang di masyarakat. Apalagi jika Anda mampu menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dijamin deh, mereka akan tertarik untuk berbelanja di toko Anda!

2. Memulai Strategi Konten di Facebook


Anda bisa menerapkan strategi ini untuk menarik perhatian konsumen-konsumen baru. Selain untuk berbelanja, banyak orang menggunakan Facebook untuk mencari informasi atau berita terupdate hari ini.

Jadi Anda bisa mulai memposting beragam artikel tips, trik atau update berita harian dengan akun bisnis untuk menarik perhatian masyarakat. Tidak melulu harus artikel, Anda juga bisa mengunggah konten-konten tersebut dalam bentuk yang lebih menarik seperti video pendek, Facebook stories, atau infografis.

Yang terpenting usahakan agar konten-konten Anda selalu relevan dengan topik yang sedang trend dibicarakan saat ini. Tujuannya supaya calon konsumen merasa bahwa konten Anda segar dan menarik untuk disimak. Mereka yang suka dengan konten Anda pasti secara otomatis akan mengikuti akun Facebook bisnis Anda. Nantinya barulah Anda bisa mulai mempromosikan bisnis kepada mereka.

Inti dari tips ini adalah untuk “selang-seling” saat memposting konten di Facebook. Sekarang mungkin Anda memposting artikel bermanfaat, kemudian besok Anda memposting iklan. Bisnis yang terus-terusan menyebarkan iklan juga sering dipandang negatif, membosankan, atau merupakan aksi spam yang mengganggu masyarakat.

3. Jangan Pernah Abaikan Pelayanan Konsumen (Customer Service)


Walaupun saat ini hampir semua orang sudah jago dan mahir menggunakan Facebook, Anda tetap harus menyediakan pelayanan konsumen atau customer service. Sama seperti bisnis pada umumnya, layanan konsumen amat dibutuhkan jika sewaktu-waktu konsumen mempunyai kendala dalam transaksinya.

Di Facebook, Anda bisa memanfaatkan fitur live chat untuk menjawab semua pertanyaan, keluhan dan masukan dari konsumen. Konsumen yang dilayani oleh penjual pasti akan merasa lebih senang dan merasa terbantu. Efeknya, ia akan semakin percaya dengan kualitas usaha Anda, lalu tertarik untuk belanja lagi dan lagi.

Apabila diperlukan, Anda bisa memasang fitur bot untuk membalas otomatis pesan-pesan dari konsumen. Bot akan membantu Anda dalam menjawab pesan secara instan selama 24 jam. Selain itu, bot juga bisa menjawab ratusan chat sekaligus. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sedang tidak bisa melayani konsumen secara manual.

4. Bergabung ke Banyak Komunitas yang Relevan

Facebook punya banyak sekali komunitas yang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Tugas Anda adalah mencari grup-grup yang relevan dengan bidang bisnis Anda. Semisal Anda berbisnis di bidang makanan, maka Anda bisa bergabung ke grup-grup yang berisikan para pecinta kuliner.

Setelah bergabung ke grup-grup tersebut, usahakan untuk berpartisipasi aktif seperti berkomentar, memberikan jawaban atas pertanyaan dari member, atau membagikan artikel tips, trik dan berita yang sedang hangat.

Tetapi Anda tidak boleh menggunakan grup sebagai media untuk berpromosi secara terang-terangan. Usahakan untuk tidak mengirim iklan bisnis sendiri (hard-selling) karena akan membuat penghuni grup lain merasa Anda memanfaatkan kesempatan untuk berpromosi. Bahkan ada beberapa grup yang melarang keras orang-orang untuk berbisnis di tempat mereka.

Seiring berjalannya waktu, begitu Anda memperoleh kepercayaan yang cukup dari member grup, barulah Anda bisa melakukan soft-selling alias penjualan secara halus. Itupun frekuensinya masih tidak disarankan untuk terlalu sering, kira-kira hanya 1:4 atau 1:5 saja—1x untuk berpromosi, 4-5x untuk berpartisipasi seperti biasa.

Terlalu sering memposting konten iklan akan membuat Anda dinilai sebagai pelaku spam oleh member grup Facebook. Akibatnya Anda bisa dikeluarkan dari grup tersebut oleh admin.

5. Menggunakan Iklan Berbayar Facebook (FB Ads)

Begini Cara untuk mendapatkan pelanggan banyak di Facebook yang terakhir adalah dengan menggunakan iklan berbayar Facebook atau FB Ads. Meski “berbayar”, nyatanya Anda tetap bisa menyesuaikan tarif iklan dengan budget. Alhasil Anda tetap tidak perlu khawatir kantong bolong karena ongkos iklan.

Memakai Facebook Ads tergolong efektif karena iklan ini bisa tersebar sangat luas sampai ke orang-orang yang sama sekali belum pernah berinteraksi atau mengenal usaha Anda. Kalau Anda ingin memperoleh lebih banyak calon pembeli baru, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan iklan berbayar Facebook ini.

Demikian artikel ini yang membahas tentang Cara mendapatkan pelanggan banyak di Facebook. Semoga bermanfaat.