Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol. Sebenarnya untuk sebuah panduan tentang bisnis online tidak ada yang mutlak. Terkadang ada juga cara untuk kita dapat berbisnis online satu dengan lainnya memiliki perberbedaan. Tetapi sebagai bagi kita pemula, untuk dapat mengikuti panduan bisnis online dari Risetpasar.id. 
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Simak cara untuk memulai sebuah bisnis online dari nol berikut ini.

1. Cari Tahu Dulu Apa yang Tengah Dibutuhkan Pasar

Yang Pertama, untuk memulai sebuah bisnis online dari nol adalah dengan cara untuk mencari tahu apa yang sekarang diperlukan pasar. Hal ini kita lakukan supaya kita mampu untuk memenangkan pasar. Produk/jasa yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dan terkenal. Sebab pasar merasa terbantu dengan adanya bisnis Anda tersebut.

Maka carilah sebuah masalah yang sedang dihadapi oleh pasar. Setelah itu Anda segera untuk dapat tentukan solusi yang terbaik untuk dapat mengatasi sebuah masalah mereka dengan anda mendirikan sebuah bisnis. Karena dengan konsep berpikir konsumen adalah sebuah masalah mereka yang sudah dapat terselesaikan. Jadi pastikan bisnis yang Anda dirikan adalah sebuah solusi dari permasalahan pasar.

2. Segera Jalankan Riset Pasar

Setelah mencari tahu tentang sesuatu hal yang sangat dibutuhkan pasar, cara untuk dapat memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan cara melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan agar dapat mengetahui jumlah permintaan di pasar atau data secara obyektif. Dengan demikian, dengan adanya informasi tersebut akan mampu menjadikan bahan pertimbangan Anda dalam mengambil sebuah keputusan.

Anda juga bisa memulai sebuah riset pasar dengan cara mencari sebuah produk/jasa yang sedang tren di kalangan masyarakat melalui sebuah media sosial. Dan Selanjutnya, Anda juga bisauntuk dapat mencocokkan informasi tersebut dengan data yang ada di internet.

supaya lebih mudah bagi anada, segera untuk anda gunakan Google Trends untuk melihat statistik data dari sebuah produk/jasa yang tengah tren di kalangan masyarakat. Sebab biasanya data statistik yang ada di Google Trends menunjukkan bahwa seberapa sering pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian.

3. Pilihlah Sebuah Produk yang Akan Dijual Secara Online

Setelah anda melakukan sebuah riset pasar dengan mendalam dan teliti, cara untuk dapat memulai sebuah bisnis online adalah dengan memilih produk apa saja untuk Anda pasarkan melalui kanal-kanal internet. Sebelum anda untuk menentukan sebuah produk untuk jualan, anda sebaiknya dapat menyeimbangkan dulu pilihan tersebut dengan berbagai peluang dan risikonya yang ada.

seperti contoh, Anda sudah memutuskan untuk membuka sebuah jasa titip (jastip). Keuntungan jastip merupakan Anda berkesempatan untuk menjual sebuah produk dengan jumlah saingan lokal lebih sedikit. tetapi, kelemahannya penjual jastip juga perlu memahami mekanisme pembelian internasional, belum lagi risiko dengan penipuan oleh agen luar negeri.

4. Menentukan Target Konsumen


Apabila Anda telah menetapkan sebuah jenis produk yang akan dijual secara online, maka cara untuk anda memulaisebuah bisnis online tak kalah penting dengan anda untuk menentukan target konsumen. Dengan melakukan sebuah Analisa dan perhitungkan jenis pasar seperti apa yang cocok dengan produk Anda tersebut. Segera untuk buat target konsumen secara spesifik dan benar.

Anda bisa juga mempertimbangkan sebuah aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, dan lain lain sebagainya. Semakin detail dan mengerucut target pasar Anda tersebut, maka semakin mudah bagi Anda menyasar mereka.

5. Silahkan Terapkan Riset Kompetitor

Apabila sebuah jenis produk dan target pasar telah anda tentukan, Anda sudah bisa untuk memulai berbisnis tersebut! Tetapi, untuk di tahap ini cara berbisnis online yang tidak dapat Anda lewatkan adalah dengan cara anda terapkan riset kompetitor. Hal ini sangat diperlukan untuk dapat mempelajari sebuah kekuatan atau sebuah kelemahan dari pesaing Anda. Sehingga dengan informasi tersebut dapat diterapkan dan dapat diperbaiki lebih baik dalam bisnis Anda nanti.

Anda juga segera untuk dapat memanfaatkan beberapa cara untuk dapat menganalisa pesaing anda. Mulai dari anda melihat website kompetitor, sosial media, review produk konsumen, hingga dengan melakukan testi produk pesaing secara langsung.

Setelah itu Anda akan memperoleh beberapa hal informasi penting mengenai kompetitor, cara untuk memulai sebuah bisnis online selanjutnya adalah dengan menyimpulkan posisi atau citra dari kompetitor tersebut. Dengan demikian, Anda bisa segera untuk dapat mengatur strategi untuk menjadikan brand bisnis Anda di atas kompetitor.

6. Memilih Model Bisnis

Untuk Memilih model bisnis adalah cara untuk dapat memulai sebuah bisnis online dari nol berikutnya. Contohnya, Anda ingin membuka sebuah bisnis online shop tetapi anda tidak memounyai uang untuk melakukan stok barang yang banyak. Jika begini kondisinya, cara bisnis online shop adalah tanpa modal dengan cara memilih bisnis model dropshipping/reselling.

7. Melakukan Promosi

Setelah melakukan penentuan model bisnis dan media pemasarannya, Anda bisa seger untuk dapat melakukan proses promosi produk anda. Karena Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat anda lakukan dengan \berbayar atau pun gratis. Mulai dari sebuah strategi organik, SEM, SEO, hingga dengan Social Media Ads.

Bila sebuah produk Anda telah dipasarkan melalui website, maka untuk strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga dengan Google Ads dapat anda untuk optimalkan. Tetapi, apabila produk Anda hanya dipromosikan melalui sosial media saja, Anda juga bisa memaksimalkan konten promosi produk anda, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga dengan sebuah strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

8. Selalu Pertahankan Pelanggan Setia

Apabila sebuah promosi Anda telah berhasil untuk memenangkan konsumen, cara untuk memulai sebuah bisnis online patut anda perhatikan adalah dengan mempertahankan pelanggan setia. Disamping anda untuk terus mencari konsumen baru, Anda juga harus selalu untuk merawat pelanggan setia agar bertahan dan tetap puas dengan produk anda.

Banyak sekali cara dapat dilakukan agar dapat meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan setia anda. Beberapa cara untuk berbisnis online dengan mempertahankan relasi dengan konsumen misalnya memberikan diskon, menawarkan harga promo, bertanya kabar, hingga pemberian bonus tak terduga.

9. Melakukan Evaluasi Secara Rutin

Yang Terakhir, cara memulai sebuah bisnis online dari nol dengan cara melakukan sebuah evaluasi secara rutin. Sebuah bisnis pasti akan ada pasang surutnya nanti. Jangan sampai Anda mudah terlena setelah bisni anada berkembang dan untung banyak. Anda tetap harus terus dapat untuk melakukan perbaikan dan juga peningkatan kualitas bisnis agar usaha terus establish.

Untuk Belajar bisnis online juga harus dilakukan secara berkelanjutan bagi pemilik usaha, agar tetap bisa mengembangkan usahanya dengan baik dan tidak ketinggalan tren.

Demikianlah artikel pembahasan tentang”cara memulai bisnis online bagi pemula”. Jika Anda ingin melakukan seluruh cara di atas dengan benar, bisnis online rumahan Anda dijamin akan punya banyak peminat dan menghasilkan laba tinggi. Selamat mencoba!